Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI) Akan Adakan Pengukuhan

  • Whatsapp
Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI) Akan Adakan Pengukuhan
Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI) Akan Adakan Pengukuhan

 

Pengurus Besar Aliansi Media Cyber Indonesia (PB AMCI) akan melaksanakan pengukuhan pada Jumat (27/5/2016). Acara tersebut diadakan di Hotel Karabia, Jalan Timor, Medan dan dihadiri oleh Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si selaku Gubernur Sumatera Utara, yang akan menjadi tamu kehormatan untuk mengukuhkan Pengurus Besar AMCI.

Read More

Selain Tengku Erry, acara tersebut juga akan dihadiri Irjen Pol. Raden Budi Winarso (Kapolda Sumut), Mayjen TNi Lodewyk Pusung (Pangdam I/BB), Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto (Lantamal I Kapolresta Medan), Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Kapolsek jajaran Polresta Medan, Pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Medan, PWI Sumut, Komunitas Blogger dan lainnya.

Pernyataan ini terungkap disela kunjungan Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si selaku Gubernur Sumut, bersama Pengurus Besar AMCI untuk melihat korban semburan awan panas Gunung Sinabung yang dirawat di RSUP Adam Malik Medan, Minggu (22/05).

Ketua PB AMCI, Devy Marlin mengatakan bahwa asosiasi ini terbentuk sebagai wadah komunikasi berbagai masalah. Dan menyangkut dengan perkembangan informasi Serta teknologi, khususnya media online. “Dengan wadah ini, tentu akan menjadi hal baik bagi rumpun media online yang ada, terutama membangun persepsi yang sama antar media online,” ungkapnya.

Tak hanya sebagai tempat berkumpul, wadah ini juga dibentuk agar masyarakat Sumatera Utara mengerti dengan Informasi dan Teknologi. Kini Indonesia dihadapkan dengan persaingan bebas yang mau tak mau harus menuntut masyarakat akan melek digital.

“Hal terpenting bagaimana media online turut mempunyai andil dalam membangun masyarakat Indonesia dengan kualitas dari pemberitaan. Ini sesuai dengan UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers serta Kode Etika Jurnalis,” ucapnya.

Devi mengatakan bahwa sudah selayaknya media online di Indonesia memiliki wadah untuk bersatu, karena mengingat jumlah media online yang mencapai ratusan, bahkan lebih dari pada itu.

“Dengan adanya wadah ini, maka pengurus bersama-sama dengan anggota dapat merumuskan program yang membangun kebersamaan. Dan juga dapat memperjuangkan kepentingan bersama demi memajukan pengetahuan masyarakat terkait teknologi informasi,” Ungkapnya

Devi juga mengaku bahwa selama ini media online masih dipandang sebelah mata. Padahal di lapangan, hanya media online yang mampu memberikan informasi yang tercepat bagi masyarakat. AMCI juga berharap agar Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/ Kota di Indonesia dapat bersinergi apalagi dengan adanya wadah ini. Khususnya di Provinsi Sumatera Utara.

T.Erry telah menyatakan bahwa beliau akan mengukuhkan pengurus PB AMCI. “Insha Allah saya akan hadir untuk mengukuhkannya,” ungkapnya disela kunjungan. Erry mengatakan bahwa peran aktif wartawan yang memiliki fungsi sebagai kontrol sosial di tengah masyarakat, tentu sangat dibutuhkan Pemerintah Sumatera Utara. Karena ini berfungsi dalam rangka menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan. Karena itu, peningkatan kapasitas para awak media yang tergabung dalam AMCI harus terus ditingkatkan, demi terciptanya produk pers yang sehat dan profesional.

“Untuk menjalankan pembangunan yang berkualitas dibutuhkan kontrol dan pengawasan yang ketat dan akurat. Saya berharap wartawan yang tergabung dalam wadah PB AMCI dapat lebih cerdas dalam menilai setiap proses dan hasil pembangunan. Sehingga pemerintah sebagai implementor dapat melakukan autokritik agar proses pembangunan berjalan lebih efektif, terarah dan tepat sasaran,” tutup Erry.***(CM-PR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *