5 Gejala Stres Akibat pekerjaan

  • Whatsapp
5 Gejala Stres Akibat Pekerjaan
5 Gejala Stres Akibat Pekerjaan

Menjadi karyawan memang tak mudah. Banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipatuhi, hal biasa seperti ini memang terlihat mudah. Namun jika telah mengalami berbagai keluhan akibat kerjaan, maka haruslah cari solusi agar bebanmu terentaskan. Banyak tanda yang bisa diperhatikan jika seseorang telah mengalami kebosanan dalam sebuah pekerjaan. Berikut adalah tanda-tanda seseorang mengalami kebosanan dalam bekerja:

 

Read More

  1. Susah Berkonsentrasi

Konsentrasi dalam bekerja sangat diperlukan. Karena jika seseorang tidak  memiliki konsentrasi dalam bekerja, maka pekerjaan yang seharusnya jadi tanggung jawabnya akan terbengkalai begitu saja. Ada hari yang akan merubah mood menjadi baik. Namun hari selanjutnya akan mengalami rasa malas lagi. Begitu seterusnya, bahkan tidak jarang hal simple saja akan menjadi sulit akibat susahnya berkonsentrasi.

 

  1. Lebih Sering Datang Telat dan Cuti Sakit

Datang telat menjadi hal biasa kala kamu mulai merasa bosan dan jenuh dalam sebuah pekerjaan. Bahkan tak jarang seseorang akan memberikan cuti sakit karena merasa penat yang tak berkesudahan. Dengan seringnya karyawan terlambat atau bahkan cuti sakit, maka produktivitas dalam sebuah pekerjaan akan sangat menurun. Tak jarang pekerjaan yang telah menjadi tanggung jawabnya akan terbengkalai begitu saja.

 

  1. Susah Berkomunikasi

Dalam setiap kegiatan dan rutinitas setiap saat, siapapun dimanapun dan bagaimanapun, yang paling diperlukan adalah komunikasi. Dengan komunikasi, seseorang akan merasa nyaman, jika karyawan sudah enggan berkomunikasi dengan rekan kerja lainnya, maka dipastikan ia telah mengalami stres akibat karyawanan. Ia akan merasa sangat sulit berkomunikasi dengan orang sekitar. Rasa tidak nyaman yang timbul dalam diri seakan menjadi penopang untuknya agar tidak berkomunikasi dengan orang lain. Banyak diantaranya hanya berkomunikasi seadanya, pertanyaan yang dilontarakan rekan kerja lainnya akan dijawab secara mudah dan dingin.

 

  1. Cuek Akan Penampilan dan Kesehatan

Bekerja sebagai karyawan kantoran, sudah dituntut untuk berpenampilan rapi, namun bagi mereka yang telah mengalami stres akibat peerjaan, tak jarang mereka tak peduli akan penampilan mereka. Bahkan yang paling ironisnya lagi, ia tak memperdulikan komentar dan saran dari rekan kerjanya karena penampilannya. Kesehatan dan penampilan menjadi satu hal yang tak terpisahkan, maka dari itu jika penampilan dan kesehatan tidak dipedulikan lagi, tentu perubaan mood setiap saat menjadi penghalang keberhasilan kerja dalam satu hari.

 

  1. Sensitif

Tingkat kesensitifan seseorang memang berbeda-beda. Hingga saatnya tiba, karyawan yang terlalu sensitiv akan lingkungan kerja dan rekan berarti telah mengalami stres dalam bekerja. Banyak hal yang terkendala akibat hal ini. Kondisi parahnya akan merusak hubungan antar rekan kerja dan klien.

 

Stres yang disebabkan oleh pekerjaan pastilah berdampak pada banyak hal dalam diri seorang karyawan, walaupun, tentu saja setiap orang akan mempunyai dampak yang berbeda. Seorang yang terkena penyakit stres akan mengalami salah satu dari hal yang sudah dijelaskan di atas.

Hal yang terpenting selain  mengetahui gejala stres, adalah mengatasinya. Mengendalikan stres karena pekerjaan  termasuk menghindari situasi stres, mengubah cara mengatasi situasi stres yang selama ini kamu terapkan, peduli terhadap diri sendiri dan menyempatkan waktu yang cukup untuk istirahat serta bersantai sepertinya sangat diperlukan.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *