5 Cara Menghadapi Introvert

  • Whatsapp

 

5 Cara Menghadapi Introvert
5 Cara Menghadapi Introvert

 

Read More

Didalam kepribadian ada dua jenis yang dimiliki oleh manusia, yaitu introvert dan ekstrovert. Yang membedakan keduanya hanyalah cara mereka mendapatkan energi. Para ekstrovert menyerap energi ketika sedang berkumpul dengan banyak orang, sedangkan kaum introvert mendapatkan energi dengan menyendiri. Perbedaan inilah yang terkadang membuat keduanya sulit bersatu, meskipun hal ini bukan tidak mungkin.

Bagaimana jika seorang yang memiliki kepribadian ekstrovert memiliki perasaan yang lebih kepada kepribadian introvert? Bagaimana jika seseorang yang memiliki kepribadian introverrt sedang marah? Berikut adalah caranya meluluhkan hati seorang introvert:

  1. Membicarakannya dari Hati ke Hati

Dalam menghadapi seseorang yang memiliki kepribadian introvert tentunya kita harus memahaminya terlebih dahulu. Introvert adalah orang yang memiliki pemikiran yang sangat dalam namun kelemahannya adalah sangat sulit mengungkapkan apa yang dirasakan. Untuk itu, introvert membutuhkan seseorang yang dapat memahaminya serta memberikan rasa nyaman untuk saling terbuka. Dengan berbicara empat mata dan dari hati ke hati, mungkin dapat melempangkan perasaan sang introvert dan meredam amarahnya.

 

  1. Biarkan introvert menyendiri

Siapa yang sangka jika seorang introvert dapat mengontrol diri dan emosinya jika mereka diberikan waktu untuk menyendiri. Untuk itu kenapa orang-orang disekitar introvert wajib memahami jika seorang introvert tidak ingin diganggu. Dengan cara memberikan waktu sendiri, adalah salah satu cara untuk kembali memulihkan.

 

  1. Hindari terlalu banyak mengkritik

Ketika merasa tidak puas atau ada hal yang tidak disenangi dari pasangannya, seringkali seorang wanita melontarkan begitu banyak komentar atau kritikan kepada pasangannya. Jika dilakukan sesekali dan hal tersebut hanya pada masalah yang penting, mungkin pasangan akan menerimanya. Tapi jika hal tersebut dilakukan terus menerus, bahkan untuk hal yang sepele, bisa jadi pasangan akan menjadi sebal dan tidak mau lagi bercerita.

 

  1. Berbicara lewat pesan

Banyak pria yang introvert namun sering mengungkapkan keinginan melalui jejaring sosial. Tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan hal tersebut. Anda bisa membahas sesuatu dengannya atau mengirimkan hal-hal yang romantis lewat pesan atau email. Bisa saja dia membalasnya dengan hal yang sama dan menjadi lebih terbuka.

 

  1. ‘Iya’kan semua perkataannya

Introvert adalah salah satu kepribadian yang sangat nyaman dengan seorang pendengar yang baik. Baginya, seorang yang mendengarkan keluh kesahnya adalah orang orang mengerti keadaannya. Untuk itu, selalu dukung setiap curhatannya namun jangan lepas dengan siraman nasihat yang akan membuatnya lebih mengintropeksi diri.

 

Mereka merasa kurang nyaman untuk menceritakan mengenai diri mereka. Biasanya seorang introvert lebih memilih untuk mengenal seseorang lebih jauh dan mendengarkan cerita mereka terlebih dahulu sebelum akhirnya membuka diri tentang mereka. Mereka hanya akan terbuka pelan-pelan pada orang-orang yang membuat mereka nyaman. Karena itulah, penting untuk membuat mereka percaya terhadap Anda terlebih dahulu sebelum bertanya banyak hal tentang hidup mereka.

Introvert lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas dalam hal pertemanan. Dalam memilih teman, para introvert biasanya lebih memilih untuk memiliki sedikit teman, namun ikatan hubungan tersebut kuat dibandingkan dengan memiliki banyak teman namun sebenarnya tidak terlalu dekat.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *