Yudi Syahputra, Olah Kripik Pisang Jadi Bisnis Menggiurkan

  • Whatsapp
Delish Banana Chips
Delish Banana Chips

Pengusaha kuliner memang semakin meningkat akhir-akhir ini. Begitupun dengan Yudi Syahputra, alumni LP3I Medan ini mulai tertarik terjun di dunia bisnis sejak sebelumnya sudah berpindah-pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

“Sebenarnya karena anak kos wajib bisa masak biar hemat, jadi akhirnya saya suka masak. Kalau dipikir-pikir nggak ada salahnya karena masak bisa dijadikan bisnis juga,” cerita Yudi.

Read More

Memulai karir pada tahun lalu, Yudi awalnya berkeinginan menjalankan usaha bolen, namun setelah gagal kurang lebih 10 kali ia pun memilih untuk mundur, dan bangkit kembali setelah berinisiatif memanfaatkan pisang sebagai bahan utamanya.

Yudi tak berputus asa, ia mencoba segala keripik sebagai referensi hingga rela memesan jauh-jauh dari luar kota, kemudian pelan-pelan mendatangkan hasil meski harus gagal beberapa kali. Begitulah ia pelan-pelan bangkit dari lebih banyaknya ia terjatuh.

Akhirnya, jatuhlah keputusan besar itu untuk memulai bisnis keripik dengan harapan tidak akan dihadapkan dengan kegagagalan yang berulang. Diberi nama Delish Banana Chips, sebuah cemilan yang sengaja dibrandingnya berasal dari Medan dengan varian 7 rasa yang tersedia seperti Creamy Chocolate, Vanilla Milk, Green Milk Tea, Durian Delish, Spicy Balado, Smoked Beef dan Roasted Corn.

Varian Delish Banana Chips
Varian Delish Banana Chips

Menurut cerita Yudi saat berkunjung ke Cerita Medan beberapa waktu lalu, penamaan Delish sendiri berasal dari nama Kerajaan Deli di Medan, kemudian agar lebih terdengar enak diberikan penambahan huruf dan kata di belakangnya. Delish Banana Chips adalah cemilan keripik yang mengunggulkan kerenyahan dan krispi. Begitupun dengan rasanya yang bervariatif memberikan sensasi manis renyah di lidah mulai dari gigitan pertama.

Memulai jejak usaha pertama di Medan, kini Yudi memilih untuk mengolah di kota kelahirannya yaitu Kisaran, sebelum akhirnya akan kembali ke Medan lagi beberapa waktu yang akan datang. Meski pada awalnya tak mendapat restu dari sang ibu, tapi Yudi tetap kekeh dan ingin membuktikan yang terbaik pada sang ibu, tak heran jika bisnis yang sudah resmi pada September 2015 lalu kini sudah memiliki 4 orang pekerja tetap untuk membantu bisnisnya setiap hari.

Yudi Syahputra Owner Delish Banana Chips
Yudi Syahputra Owner Delish Banana Chips

Jatuh dan bangun, begitulah Yudi menggaungi perjalanan bisnisnya yang masih terbilang muda, sempat meriah omset rendah namun tak menyurutkan semangatnya. Sementara itu, ingin menjadi yang terbaik, keripik Delish Banana Chips olahan Yudi di-mix secara sempurna setelah digoreng menggunakan bumbu yang sengaja dipesan dari Surabaya.

“Disini juga ada sih bumbunya, tapi karena saya maunya bumbu terbaik tanpa MSG untuk Keripik Delish ini makanya ambilnya di Surabaya, ya walaupun harganya lebih mahal sedikit dari disini,” tambahnya.

Selang berjalan beberapa bulan, Yudi nyatanya mampu meraup omset hingga 6-7 juta perbulannya dengan rata-rata olahan hingga 700 bungkus dalam sebulan. Sementara itu reseller-nya sudah ada 7 orang yang tersebar di beberapa kota di Sumatera Utara.

Berdasarkan pemaparan Yudi, Delish Banana Chips olahannya mampu bertahan hingga 4 bulan lamanya “Sebelum 4 bulan pasti masih tetap rapuh dan enak, cobain aja kalau nggak percaya,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk pemasaran sendiri Yudi melakukannya dengan cara online melalui sosial media seperti Instagram, Twitter dan Facebook. “By the way melalu MLM juga lo, Mulut ke Mulut,” tambahnya dengan tawa sumringah.

Nah, bagi konkawan yang ingin merasakan keripik Delish Banana Chips secara nyata, silahkan order via Instagram ataupun bisa mendapatkannya di supermarket yang tersebar di Kota Kisaran ya.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *