Puskemas Teladan Layani Pengobatan Gratis Anak Jalanan

  • Whatsapp
Puskemas Teladan Layani Pengobatan Gratis Anak Jalanan
Puskemas Teladan Layani Pengobatan Gratis Anak Jalanan

 

Pelayanan Publik tentang Pendidikan, Identitas dan Kesehatan merupakan permasalahan yang tidak lepas dari anak jalanan Medan sejak lama, permasalahan ini memang klasik namun terus terjadi, dan belum ada kebijakan kongkrit yang melindungi serta memudahkan anak jalanan untuk mengakses pelayanan publik seperti anak lainnya.

Read More

Anak jalanan yang beraktifitas 4-24 jam di jalanan tentu bukanlah anak yang tahan banting tidak pernah sakit, atau mengalami kecelakaan karena sebenarnya mereka juga mudah tertulari penyakit atau kecelakaan di jalan raya saat mereka mengamen. Namun ketidakadaan kartu identitas dan kartu jaminan kesehatan membuat anak jalanan sulit mengakses layanan publik khususnya kesehatan dalam hal ini.

Oleh karena itu Yayasan Kelompok Kerja Sosial (KKSP) dalam program peduli Inklusi Sosial Anak Jalanan memfasilitasi anak-anak jalanan di beberapa titik simpang untuk mendapatkan hak anak jalanan seperti hak pendidikan, hak kesehatan dan hak mendapatkan identitas melalui kerjasama dengan berbagai komunitas dan juga instansi Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) Medan.

Salah satu bentuk kerjasama itu adalah dengan pihak Puskesmas Sentosa Baru Medan Perjuangan, Puskesmas Kampung Baru Medan Maimun dan Puskesmas Teladan Medan Kota. Ini merupakan langkah awal yang baik karena sudah ada 3 puskesmas yang menerima anak jalanan dalam penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan. Masing-masing Puskesmas melakukan penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan kepada anak jalanan di beberapa titik simpang anak jalanan seperti simpang aksara, simpang juanda dan simpang tritura.

Penyuluhan pertama dilakukan di Rumah Belajar KKSP Jalan Brigjen Katamso, Gang perwira mengenai HIV/AIDS. Namun karena melihat kondisi anak-anak jalanan, pihak puskemas berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan terhadap anak jalanan dengan bekerjasama dengan pihak Puksemas Teladan.

Implementasi dari kerjasama dengan Pihak Puskemas Teladan yang berlamat di Jalan Sisingamangaraja Medan tepatnya di Simpang Pelangi Medan,  Puskesmas teladan Medan Kota melakukan pemeriksaan HIV AIDS kepada anak jalanan di Puskesmas. Hasil dari pemeriksaan tersebut, ada 2 anak yang teridentifikasi penyakit kelamin yang masih bisa disembuhkan.

Dengan adanya kerjasama yang baik ini, kini anak-anak jalanan setiap seminggu sekali ke Puskesmas Teladan untuk melakukan pengobatan, tanpa harus mengkhawatirkan biaya maupun persoalan administrasi.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi anak-anak jalanan yang sangat rentan dengan kondisi kesehatannya dan saya akan berkoordinasi dengan camat Medan Maimun agar bisa mengeluarkan kartu BPJS utuk anak jalanan,” kata dokter Erwina yang merupakan Kepala Puskesmas Kampung Baru.

Puskemas Teladan Layani Pengobatan Gratis Anak Jalanan di PRSU
Puskemas Teladan Layani Pengobatan Gratis Anak Jalanan di PRSU

 

Ini merupakan langkah yang baik dan kesedaran yang luar biasa dari pihak puskesmas untuk serius memperhatikan anak jalanan, karena sudah seharusnya anak jalanan mendapatkan hak yang sama dengan anak yang lainnya, walaupun kendala dengan administrasi namun kepentingan terbaik mengenai kesehatan anak jalanan merupakan hal utama yang harus diutamakan.

“KKSP berharap bahwa program-program positif mengenai kesehatan bukan hanya program sementara namun permanen atau masuk dalam  Rencana Kegiatan Anggaran Puskesmas karena sudah seharusnya anak-anak jalanan mendapatkan hak kesehatannya,” ujar Syamsul selaku Manager Operasional Yayasan KKSP yang beralamat di Jalan Stella III No 88 Kompleks Kejaksaan Simpang Selayang.***(CM/PR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *