Printemps Français, Kesempatan Bagi Warga Medan Mengenal Seni Dan Budaya Eropa

  • Whatsapp
The Idealist
The Idealist

 

Dalam rangka memeriahkan Printemps Français 2016, Alliance Français sebagai salah satu perwakilan negara Perancis yang ada di Kota Medan mengadakan sebuah acara yang akan mempertunjukk  an berbagai  kesenian dan budaya dengan perpaduan lokal seperti, musik dan kontemporer, tari, sastra, wayang hingga arsitektur. Hadir di 10 kota besar Indonesia yaitu, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Makasar, Malang, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bali dan Medan.

Read More

Printemps Français sebenarnya merupakan acara rutin yang diadakan setiap tahunnya sebagai salah satu cara memperkenalkan budaya dan kesenian Perancis kepada dunia. Untuk Printemps Français yang akan diadakan di Kota Medan pertama kali akan diisi oleh musisi ternama, yaitu Les Gordon yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Mei mendatang di Sorry Grandma Jalan Abdullah Lubis No. 6, Medan pukul 21.00 WIB. Dilanjutkan oleh band rock asal Perancis, Kokomo dengan konser musik klasik pada tanggal 10 Mei pukul 16.00 WIB di Atrium Hermes Place Jalan W. Mongonsidi No. 45 Polonia Medan dan terakhir adalah peraih peringkat pertama pada Konservatorium Jenewa, Jean- Louis Haguenauer pada 1 Juni pukul 19.00 WIB di Wesley Methodist Jalan Mengkara Medan.

Tak hanya itu saja, pada Printemps Français nanti juga akan ada Europe on Screen yang merupakan festival film Eropa mulai dari tanggal 2 – 8 Mei 2016 di Mapple Theatre – Grand Aston Hotel, Medan. Dikatakan oleh Pongky Kurniawan sebagai President Alliance Français, saat ditemui pada gelaran jumpa pers 28 Mei 2016 mengatakan setiap tahunnya antusias warga Medan terhadap Printemps Français semakin meningkat bahkan terbanyak setelah Jakarta. Dari 78 film yang akan diputar di berbagai kota, dan Medan mendapat jatah 9 film.

Jadwal pemutaran film Eropa :

 

Senin, 2 Mei 2016 : The Idealist ( Denmark )

Pada 21 Januari 1968, sebuah pesawat pengebom Amerika B-52 yang membawa hulu ledak nuklir jatuh pada es kutub di Greenland dimana kala itu dikuasai oleh Denmark. Pihak berwenang Amerika Serikat dan Denmark menyatakan situasi terkendali.  Sejak 18 tahun setelah kejadian tersebut, seorang  wartawan tidak sengaja mendapatkan sebuah kesaksian misterius. Kecurigaan timbul dalam dirinya bahwa ini kasus yang sengaja ditutup-tutupi oleh pihak tertentu, ia melakukan perjalanan untuk mencari kebenaran.

 

Selasa, 3 Mei 2016 : Battle Forn Sevastopol ( Ukraina – Rusia )

Diambil dari kisah nyata yang bercerita  tentang Lyudmila Pavlichenko, ia adalah seorang serdadu muda soviet dengan julikan “Puan Kematian”. Wanita penembak terbaik sepanjang sejarah Perang Dunia II, dia bertempur membela Odessa dan Sevastopol melawan pasukan Jerman. Tahun 1942, Stalin mengirimnya ke Amerika Serikat dalam misi meyakinkan Presiden Roosevelt untuk bergabung dalam perang. Bersama Eleanor Roosevelt dia berkeliling dan berbicara ke hadirin menolong Amerika untuk membantu Rusia mengepung Jerman yang saat itu dikendalikan oleh Nazi.

Battle Of Sovastopol
Battle Of Sovastopol

 

Rabu, 4 Mei 2016 : Far From Men ( Perancis )

Menceritakan sebuah pemberontakan di Aljazair tahun 1959, dua laki-laki yang saling bertentangan satu sama lain terpaksa harus melarikan diri bersama untuk menyeberangi pegunungan Atlas.Dikejar-kejar pasukan berkuda yang hendak main hakim sendiri dan orang-orang yang marah, dua orang itu memutuskanpan untuk menerjang alam liarn demi mendapatkan kebebasan.

Far From Men
Far From Men

Kamis, 5 Mei 2016 : Accuse ( Belanda )

Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata, ialah Suster Lucia yang dituduh melakuakn kasus pembunuhan seorang pasien. Dituntut penjara seumur hiduo, Lucia merasa  ketidakselarasan antara kesakasiaan dan bukti yang diseduakan. Bersama pengacaranya, berulang kali kasus ini pun ditinjau kembali namun selalau tanpa hasil. Media pun terlibat dan akhirnya kekeliruan putusan pengadilan terburuk dalam sejarah Belanda dibatalkan.

 

Jumat, 6 May 2016 : Marshaland ( Spanyol )

Di sebuah dusun yang tak tersentuh oleh perkembangan zaman, ada seorang pembunuh berantai menetap. Dua detektif pembunuhan yang berasal dari Madrid dikirim jauh ke sana untuk menyelidiki hilang dan terbunuhnya dua remaja perempuan pada sebuah perayaan. Mereka harus mengatasi perbedaan paham dan menyeret pembunuh ke pengadilan sebelum lebih banyak korban jiwa.

 

Sabtu, 7 Mei 2016 : The Little Prince ( Perancis )

Sebuah film animasi yang menceritakan seorang gadis kecil tinggal bersama ibunya, yang tengah menyiapkan putrinya menghadapi dunia orang dewasa. Namun tetangganya yang merupakan seorang pilot, memperkenalkan gadis itu kepada dunia dimana tak ada batas didalamnya yang luar biasa.

 

Sabtu, 7 Mei 2016 : In Order Of Dissaperance ( Norwegia )

Film bergenre komedi-aksi yang akan sangat menghibur para penonton. Seorang pemuda bernama Nils adalah seorang pengemudi kendaraan penyapu salju di pegunungan terpencil Norwegia. Untuk itu, dia baru saja diberi gelar Warga Kehormatan Tahun Ini. Konflik dimulai kita anak laki-lakinya terbunuh dia memulai sebuah penyidikan. Hal ini membawanya ke tengah perang narkoba antara mafia Norwegia dan Serbia. Tanpa bebab Nils dengan peralatan beratnya dan keberuntungan pemula dia menghadapi meraka. Nominated for the Golden Bear at the Berlin International Film Festival 2014 Nominated for the Audience Award at the Chicago International Film Festival 2014.

 

Minggu, 8 Mei 2016 : Italo Barocco ( Italia )

Italo adalah seekor anjing manis yang berada  datang ke sebuah dusun di Sisilia. Kedatangannya menimbulkan kegaduhan karena seluruh penduduk sangat menentang anjing liar. Semuanya kecuali Meno anak berumur 10 tahun. Sejak ibunya wafat, ia menutup diri dari semua orang  termasuk ayahnya yang pecandu alkohol. Italo membuat Meno membuka diri, membawanya ke dalam petualangan yang mengajarkan tentang kedewasaan yang sejati.

 

Minggu, 8 Mei 2016 : The Sureprise ( Belanda )

Seorang Multijutawan eksentrik yang merasa jenuh dengan kehidupan dan gaya hidup mewah yang ia miliki. Akhirnya ia pun menyewa perusahaan untuk mengakhiri hidupnya tanpa diketahui kapan atau di mana. Selagi memilih peti mati, Jacob seorang Multijutawan tersebut bertemu dengan Ann, yang melakukan hal sama. Saat Jacob dan Ann saling jatuh cinta, mereka menyadari bahwa sekarang mereka beralasan untuk tetap hidup. Namun ternyata untuk menghentikan kontrak mereka terhadap perusahaan tersebut lebih sulit dari perkiraan.

Dan masih banyak lagi rangkaian acara yang akan dilakukan, festival ini diharapkan mampu memeberikan dampak positif baik dari sisi edukasi serta hiburan pada masyarakat khusunya Kota Medan.***(CM/PR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *