Pilih Alat KB yang Sesuai dengan Kondisi

  • Whatsapp
BKKBN
Foto: bengkuluekspress.com

Kita sering mendengar bahwa Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) baik pusat maupun provinsi menegaskan untuk memiliki 2 orang anak sudah cukup. Laki-laki maupun perempuan sama saja, sementara menurut pemahaman orang zaman dahulu bahwa semakin banyak memiliki anak, maka akan semakin banyak rezeki yang diperoleh. Namun sebagian orang lainnya mengungkapkan pemahaman mendapat rezeki banyak tersebut adalah mitos semata.

Lantas mengapa BKKBN terus menerapkan bahwa Rakyat Indonesia cukup memiliki dua anak saja? Alasannya adalah semakin banyak penduduk Indonesia maka akan semakin tinggi biaya ekonomi yang diperlukan. Sementara lapangan pekerjaan yang tersedia sedikit, hal itu dikhawatirkan dapat menjadi gangguan dalam kesenjangan sosial bagi rakyat miskin yang memiliki anak. Selain itu hal lain yang menjadi alasan adalah semakin banyak penduduk Indonesia maka akan tinggi tingkat kemacetan yang kita alami.

Read More

Oleh karenanya BKKBN melalui tugas dan kewajibannya menetapkan jumlah anak masing-masing pasangan cukup 2 orang saja. Untuk itu diperlukan melaksanakan Program KB (Keluarga Berencana).

Baik secara fisik maupun mental, ibu yang berusia kurang dari 20 tahun belum siap dan takut akan hal melahirkan, sementara itu bagi ibu yang berusia lebih dari 30 tahun memerlukan perhatian yang lebih khusus, karena kesehatan ibu secara fisik pasti sudah menurun.

Alat KB
Foto: bengkuluekspres.com

Artinya, baik itu ibu hamil sebelum usia 20 dan sesudah usia 30 tahun akan mendapatkan risiko kompilasi kehamilan yang bisa menyebabkan kematian baik si ibu maupun bayinya.

Pencegahan kematian dan kesakitan yang akan diterima si ibu merupakan alasan utama diperlukannya pelayanan kesehatan. Untuk itu KB ada solusi yang paling tepat, sehingga meskipun menikah usia muda bisa aman apabila menjalankan program KB.

Selain itu terdapat beberapa manfaat KB antara lain dapat membebaskan wanita dari rasa khawatir terhadap terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan, terjadinya gangguan fisik atau psikologis akibat abortus yang tidak aman, dan tuntutan perkembangan sosial terhadap seseorang perempuan di masyarakat.

Konkawan Cerita Medan dapat memilih jenis alat/obat yang bisa dipakai untuk menjalankan program KB, yaitu :

1. Pil KB

Kelebihan: Mudah diperoleh, apabila diminum menurut aturan maka dijamin seratus persen akan berhasil, dapat meningkatkan libido.

Kekurangan: Harus meminum secara teratur, berat badan bertambah, rambut rontok, tumbuh jerawat, mual sampai muntah, mempengaruhi fungsi hati dan ginjal, terkadang menyebabkan sakit kepala.

 

2. KB Suntik

Kelebihan: Suntik bisa dilakukan tiap tiga bulan atau sebulan sekali tergantung keinginan pemakai, pengawasan lebih ringan, tingkat efektivitasnya tinggi.

Kekurangan: Berat badan bertambah dan tidak bisa dipakai oleh ibu menyusui.

 

3. IUD

Kelebihan: Pemasangan tidak sulit, kontrol medis ringan, penyulit tidak terlalu berat, angka perlindungan lebih tinggi.

Kekurangan: Dapat terjadi infeksi radang pinggul.

 

4.KB Susuk

Kelebihan: Dipasang selama 5 tahun, kontrol medis ringan, penyulit tidak terlalu tinggi, biaya ringan.

Kekurangan: Berat badan bertambah, menimbulkan jerawat, susuk agak sulit dicabut.

 

5. Spermicide

Kelebihan: Tidak dapat efek samping sistematik atau pada tubuh dan mudah didapat.

Kekurangan: Dapat menimbulkan iritasi dan alergi, dapat menimbulkan lecet atau gatal-gatal, mual dan muntah, dan menimbulkan sakit kepala.

 

6. Diafragma

Kelebihan: Dapat dipakai berkali-kali, melindungi dari penyakit hepatitis dan HIV/ AIDS, tidak berpengaruh terhadap hormon tubuh.

Kekurangan: Sulit dipasang, angka kegagalan tinggi, efektivitas bergantung pada cara pemasangan, membutuhkan ukuran yang berbeda, penyimpanan harus baik.

 

7. Sterilisasi

Kelebihan: Masa rawat inap pendek, tidak perlu banyak memerlukan pengawasan, dapat dilakukan secara masal.

Kekurangan: Memerlukan keterampilan khusus, biaya relatif mahal bila jumlah operasi sedikit, metode penutupan terbatas.

Nah, itu jenis-jenis alat KB dan beserta kelebihan dan kekurangannya. Ayo, pikirkan dari sekarang waktu yang tepat bagi pernikahan dan kehamilanmu.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *