IBX5A49C9BC313D6 Pesona Jembatan Kelok Sembilan - Cerita Medan

Pesona Jembatan Kelok Sembilan

Jembatan Kelok Sembilan Nan Elok
Jembatan Kelok Sembilan Nan Elok

 

Jalan-jalan berwisata di Sumatera Barat salah satunya adalah kelok Sembilan. Berbicara soal kelok Sembilan, mungkin sebagian orang sudah mengetahui jembatan kelok Sembilan. Tapi walaupun begitu, ada juga sebagian orang yang masih bertanya-tanya apa itu kelok Sembilan. Bagi teman-teman yang tinggal didaerah Sumatera Barat dan Riau, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama kelok Sembilan.

Ya, kelok Sembilan merupakan ruas jalan lintas tengah Sumatera yang menembus perbukitan yang sangat terjal yang membatasi antara Riau dan Sumatera Barat. Kelok Sembilan yang tepatnya berada di Kabupaten Limapuluh Kota merupakan salah satu jalur alternatif yang banyak diminati karena jikalau orang ingin ke Sumatera barat, kebanyakan orang memilih dari jalur kelok Sembilan. Sehingga membuat tempat ini sangat padat pengunjung.

Untuk mengurangi kemacetan, diatas ruas jalan Kelok Sembilan ini dibangun jembatan layang yang dikenal dengan sebutan jembatan Kelok Sembilan. Penduduk disana menamakan jalan tersebut dengan Kelok Sembilan dikarenakan jalanan di daerah itu memiliki sembilan kelokan.

Walaupun jalanannya menanjak dan berkelok-kelok, jalan ini menjadi favorit bagi para pelintas. Sebab, jalan ini merupakan jalan yang paling dekat menghubungkan Kota Padang dan Pekanbaru yang jaraknya sekitar 350 km, dan memakan waktu hanya sekitar 10 jam perjalanan.

Pemandangan di Kelok Sembilan sangatlah elok dipandang mata. Apalagi saat ini, sudah ada jembatan layang yang semakin menambah keelokan tempat ini. Tempat yang paling pas untuk menikmati panorama kelok Sembilan yaitu di sekitaran jembatan, tepatnya di bahu jalan paling atas. Terdapat area yang cukup luas untuk parkir, serta banyak orang yang berjualan disana membuat daya tarik para pelintas untuk bersinggah. Jembatan kelok Sembilan dibangun sejak tahun 2003 dan diresmikan oleh Presiden RI ke 6 (SBY) sekitar tahun 2013.

Sebelum jembatan kelok Sembilan dibangun, para pengendara masih melintasi di kaki gunung Kelok Sembilan. Namun sejak diresmikan Jembartan Kelok Sembilan pada tahun 2013, sekarang jembatan kelok Sembilan sudah bisa beroperasi dengan baik. Walaupun sekarang jembatan sudah bisa digunakan, tapi jalan kelok Sembilan yang berada disekitar bawah jembatan tetap bisa digunakan bagi siapa saja, sebab jalan tersebut memiliki nilai sejarah yang sulit untuk dilupakan.

Jembatan Kelok Sembilan
Jembatan Kelok Sembilan

 

Ada beberapa hal yang unik dari Kelok Sembilan, salah satunya yaitu sebagai salah satu ikon Sumatera Barat. Sebagian provinsi membanggakan jembatan daerah masing-masing. Contohnya saja Jawa Timur yang memiliki jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya – Madura dan Sumatera Selatan memiliki jembatan ampera yang jembatannya berada diatas sungai Musi. Namun Sumatera Barat juga tidak mau kalah. Jembatan kelok Sembilan menjadi kebanggaan provinsi ini. Jembatan yang berada di perbukitan dan juga dikelilingi banyak hutan. Dengan adanya jembatan ini, Sumatera barat semakin dikenal dan akan menjadi tujuan para pelancong jika ingin ke Sumatera barat.

Sepertinya Jembatan kelok Sembilan bisa menjadi pertimbangan untuk jadi alternatif tujuan wisata jika ingin ke Sumatera Barat. Semoga tempat ini tetap terjaga kelestariannya, serta membuat para pengunjung akan sadar untuk terus menjaga lingkungan di sekitaran jembatan kelok Sembilan.

Demikianlah ulasan seputar Jembatan Kelok Sembilan. Semoga menambah wawasan kita untuk terus menggali informasi seputar wisata. Semoga bermanfaat ya.***(CM-M-01/Arya Wibisono)

KOMENTAR

BACA JUGA