Perkenalkan Etnis Tamil Lewat Bedah Buku

  • Whatsapp
Bedah Buku Tokoh Etnis Tamil
Bedah Buku Tokoh Etnis Tamil

 

Pusat Studi Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Negeri  Medan (PUSSIS Unimed) bekerjasama dengan  Unimed Press dan Jurusan Pendidikan Sejarah Unimed mengadakan bedah buku biografi Amartya Dharma D. Khumarasamy (D.K) di Ruang Sidang Lantai III Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Senin(4/4).

Read More

Membahas ketokohan salah satu etnis tamil, mendalami bagaimana peranan salah satu dari berbagai etnis di Sumatera Utara merupakan sesuatu yang sangat penting. Salah satunya etnis tamil di Medan yang juga berperan dalam intekletual, pebisnis, dan tokoh religius. Namun masih banyak yang belum mengenal tokoh tersebut, dengan adanya diskusi ini kita akan mengenal lebih jauh tokoh etnis tamil yang sudah lebih dari 1 abad di Medan. Hal ini disampaikan Dr. Phil Ichwan Azhari, ketua PUSSIS sekaligus ketua panitia dalam acara tersebut.

Acara yang menghadirkan Dr. E. E. McKinnon (ISEAS), Shohibul Anshor Siregar (Koordinator Utama n’BASIS) dan Mohan Leo (putra dari Amartya Dharma D. Khumarasamy) sebagai narasumber ini diadakan dalam rangka memperingati  110 tahun tokoh etnik Tamil, Amartya Dharma D. Khumarasamy di Medan.

Acara ini sangat diapresiasi karena sangat membantu pemahaman mahasiswa tentang sejarah Sumatera Utara khususnya di Kota Medan. Dengan kegiatan-kegiatan ilmiah, seperti seminar, pelatihan maupun bedah buku seperti ini akan memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi mahasiswa, menambah poin akreditasi jurusan dan pengembangan nilai-nilai sejarah.

Harapannya agar kegiatan-kegiatan ilmiah seperti ini dilakukan secara kontiniu, sehingga terbangun kerjasama yang baik kepada stakeholder-stakeholder yang ada, sehingga berlanjut kepada penelitian lebih lanjut, meningkatkan kwalitas mahasiswa dalam bidang sejarawan. Hal ini disampaikan oleh Dekan FIS pada saat menyampaikan kata sambutannya pada acara tersebut. Turut hadir Dekan FIS Perwakilan dari etnis Tamil, Perwakilan dari etnis tionghoa, para dosen FIS, dan puluhan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah.

Peserta Dari Bedah Buku Tokoh Etnis Tamil
Peserta Dari Bedah Buku Tokoh Etnis Tamil

 

Putra dari Amartya Dharma D. Khumarasamy,  Mohan Leo menjelaskan bagaimana peran dari seorang ayah yang selalu mengajarkan kesederhanaan di keluarga, walaupun diberikan fasilitas mobil dari perusahaannya, beliau tetap menggunakan sepeda dikesehariannya. Sebagian uang pendapatannya digunakan untuk sosial dan pendidikan. Beliau merasa kagum dan bangga, bagaimana ayahnya menaikkan derajat etnis tamil pada saat itu agar tidak dipandang rendah dengan membantu masyarakat etnis tamil dengan mengajarkan moral keagamaan, pendidikan, olahraga dan sosial. Dan dengan bedah buku ini, kami merasa sangat senang dapat mengenalkan tokoh masyarakat etnis Tamil yang juga berperan penting di Medan. Acara bedah buku ini sebelumnya dilakukan di USU dan UIN.

 

Dalam bedah buku tersebut, Shohibul Anshor Siregar menyampaikan buku yang dibahas sangat kaya informasi sejarah, selain informasi penting tentang seorang tokoh kharismatik dari kalangan tamil. Beliau juga menambahkan bahwa D.K mengarungi hidup di tiga zaman (kolonial Belanda, orde lma, dan orde baru), D.K jga memerankan dirinya sebagai pemimpin yang kreatif dan menjadi panggomgomi bagi kelompoknya. Selain itu ia sebagai seorang profesional, organisatoris, sangat paham politik dan pemimpin keagamaan.

Buku yang dibahas tersebut akan dijadikan buku wajib bagi mahasiswa jurusan pendidikan sejarah. Didalam buku ini banyak sisi sosial dan pendidikan yang dapat diambil manfaat dan segi positifnya, yang mengajarkan kesederhanaan dan kepedulian sosial.***(CM-PR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *