Penyebab Konstipasi  pada Seseorang

  • Whatsapp
Penyebab Konstipasi  pada Seseorang
Penyebab Konstipasi Pada Seseorang

 

Konstipasi  adalah kelainan pada sistem pencernaan dimana seseorang  mengalami kesulitan dan terkadang merasa sakit saat buang air besar, karena terjadinya pengerasan tinja.  Saat seseorang mengalami konstipasi, akan munculnya rasa mulas dan nyeri pada perut, belum lagi anus yang terasa sakit saat duduk. Keadaan ini tentu membuat penderita tidak nyaman dalam beraktivitas, terutama para pekerja.  Frekuensi normal buang air besar adalah maksimal 3 kali sehari dan minimal 3 kali dalam seminggu.

Read More

Nah, bagi kamu yang tidak ingin mengalami konstipasi, berikut beberapa penyebab terjadinya konstipasi yang harus segera kamu hindari.

  1. Kurang asupan serat

Banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya konstipasi. Namun hal yang paling sering memicu kejadiannya adalah kurangnya asupan serat. Serat adalah laksatif alami. Serat dapat meningkatkan kandungan air di dalam tinja dan memadatkannya. Sehingga tinja lebih mudah dikeluarkan dan dapat melewati usus besar Anda dengan mudah. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi paling tidak 20 hingga 35 gram serat makanan setiap hari. Makanan yang tinggi serat itu antara lain: sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sebagainya.

  1. Kurang minum air putih

Penyebab konstipasi yang kedua adalah kurang minum air putih.  Kurang minum dapat menyebabkan Tinja menjadi kering dan keras, jadi semakin banyak air yang kamu minum, akan semakin mudah kamu mengeluarkannya zat sisa tersebut. Anjuran minum air putih bagi setiap orang adalah 2 liter atau kira-kira 8 gelas setiap hari.

  1. Kurang olahraga

Berolahraga dapat membantu pergerakan usus yang sehat. Berolahragalah minimal 30 menit dari olahraga ringan atau berat.

  1. Menahan buang air besar

Konstipasi dapat disebabkan atau diperparah karena menahan buang air besar. Jika kamu sering menunda buang air besar, hal ini dapat menyebabkan tubuh berhenti mengirimkan sinyal untuk buang air besar. Menunda buang air besar juga dapat menyebabkan tinja lebih sulit dikeluarkan nantinya karena tinja akan semakin memadat dan mengeras.

  1. Konsumsi lemak dan gula yang berlebihan

Makanan dengan kandungan lemak dan gula tinggi dapat menyebabkan konstipasi. Tubuh kamu akan mencoba mendapatkan kalori dari lemak terlebih dahulu, yang lambat dicerna. Lamanya proses penyerapan lemak memakan waktu 6 jam.

  1. Terlalu sering mengonsumsi makanan olahan (makanan cepat saji)

Makanan olahan atau makanan cepat saji sesungguhnya tidak baik untuk kesehatan karena mengandung sedikit sekali serat. Jika kamu mengonsumsi makanan olahan seperti makanan beku, pizza, burger, dan sejenisnya secara terus-menerus dalam jangka panjang maka akan memicu terganggunya saluran pencernaan.

Nah, selain 6 hal di atas, beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan konstipasi adalah sering menggunakan atau penyalahgunaan obat pencahar, penyakit tertentu, seperti stroke, diabetes, thyroid dan Parkinson, masalah pada usus besar dan dubur, seperti penyumbatan usus atau diverticulosis, obat-obatan tertentu, gangguan hormon, seperti tidak aktifnya kelenjar tiroid, kerusakan pada kulit dubur dan ambeien, dan cedera pada syaraf tulang belakang, yang dapat berefek pada usus. (CM/Ist/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *