Pemenang APFI 2016 Adakan Diskusi Fotografi

  • Whatsapp
Foto Bersama Dengan Pemenang Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI)
Foto Bersama Dengan Pemenang Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI)

 

Pemenang Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) adakan bincang bareng di kedai kopi Ulee Kareng Jl.Sei Serayu, Medan, (24/4). Acara yang digagas oleh Mozaik ini merupakan rangkaian kegiatan diskusi fotografi yang kedua diadakan setelah sebelumnya pertemuan ini dilakukan pada bulan lalu dengan membahas tema Gerhana Matahari.

Read More

 

Anugerah Pewarta Foto Indonesia yang telah dilaksanakan keenam kalinya sejak tahun 2009 ini merupakan salah satu penganugerahan tertinggi di bidang fotografi jurnalistik di Indonesia, dan cukup menyita perhatian para pewarta foto maupun Citizen Journalist di Indonesia.

 

Pewarta asal Medan kembali meraih penghargaan dalam gelaran Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2016 yang dilaksanakan pada tahun ini, diantaranya Dedi Sinuhaji (Tribun Medan) pemenang 1 kategori foto essay, Binsar Bakkara (Associated Press) pemenang 2 kategori foto essay, Roni Bintang (Reuters) pemenang 3 kategori General News & Spot News, & Hotli Simanjuntak (European Pressphoto Agency) pemenang 2 kategori Environment & Nature.

Diskusi Tentang Fotografi Oleh Pemenang APFI
Diskusi Tentang Fotografi Oleh Pemenang APFI

Dedi Sinuhaji mencoba berbagi pengalaman tentang fotonya yang mendapat penghargaan di APFI 2016. Ia mengungkapkan, foto essay yang berjudul “Hercules Tua Jatuh di Jamin Ginting” ini merupakan story kategori Spot News, Dedi tidak membuat foto dari awal peristiwa sampai ke proses penguburan dan pemberangkatan jenazah korban, melainkan hanya menggabungkan delapan foto spot news Jatuhnya Hercules menjadi sebuah foto essay.

 

Begitu pula halnya dengan Binsar Bakkara, ia hanya menggambarkan desa-desa yang terkena dampak bencana erupsi Gunung Sinabung, Binsar tidak banyak bercerita tentang dahsyatnya Erupsi Gunung Sinabung, melainkan lebih memotret sisi lain dari desa-desa yang ditinggalkan di kaki Gunung Sinabung.

 

Hal tersebut berbeda dengan Hotli Simanjuntak. Hotli mengungkapkan dirinya baru kali ini mengikuti Anugerah Pewarta Foto Indonesia dan ternyata fotonya terpilih sebagai pemenang 2 Kategori Nature & Environment.

 

Diskusi yang di Moderatori oleh Ferdy Siregar tersebut berlangsung aktif dan komunikatif, terbukti dengan banyaknya peserta yang bertanya kepada narasumber baik dibalik cerita foto yang mendapatkan juara maupun tentang fotografi.

Hasil Karya Pemenang APFI 2016
Hasil Karya Pemenang APFI 2016

 

“Kegiatan diskusi ini rutin kita laksanakan, kita juga membuka diri kepada komunitas atau pecinta fotografi yang ingin mengadakan kegiatan diskusi foto,” ujar Ferdy sebagai pengurus Mozaik.

 

Diakhir acara Binsar Bakkara berpesan kepada seluruh peserta diskusi agar tetap menerapkan fungsi jurnalistik itu sendiri yaitu menyuarakan orang-orang yang tak bersuara. Hal ini juga diharapkan nantinya kita mampu merekam apa yang ada disekeliling kita dan mampu menyuarakannya dalam imaji fotografi.***(CM-Ist/Ahmad Ridwan)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *