Optimis Raih Akreditasi A, Unimed Sosialisasi AIPT

  • Whatsapp
Rapat Akreditasi
Rapat Akreditasi

 

Civitas Unimed merasa bersyukur yang tak terhingga, karena menjadi kampus yang terpilih kedalam 30-an PTN/PTS oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan menjadi kampus yang mendapat tawaran dan dorongan untuk reakreditasi AIPT dari B menjadi A. Pada akhir maret 2016 lalu Kemenristekdikti melakukan seleksi bagi 3000-an kampus di Indonesia yang memperoleh akreditasi B untuk didorong melakukan reakreditasi AIPT agar menjadi kampus terbaik meraih akreditasi A.

Read More

Rektor Unimed beserta seluruh pimpinan menggelar kegiatan sosialisasi persiapan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) tahun 2016 kepada seluruh civitas di lingkungan Unimed. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh fungsionaris Unimed dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Wakil Dekan, Wakil Direktur, Kepala Biro, Ketua Lembaga/Unit, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi S1, S2, S3, Ketua Laboratorium, Studio, dan Sanggar, serta 15 orang asesor BAN-PT dosen Unimed.

Hadir juga seluruh tim AIPT yang sedang mempersiapkan borang dan eveluasi diri beserta dokumen pendukungnya. Kegiatan yang digelar pada selasa, (12/04) di ruang sidang A Biro Rektor ini memiliki bertujuan sebagai langkah awal menginformasikan kepada segenap civitas Unimed, bahwa akan dilakukan reakreditasi institusi dalam waktu dekat ini. Diharapkan tidak ada lagi civitas Unimed yang tidak mengetahui bahwa kampus Unimed akan diakreditasi.

Rapat Akreditasi
Rapat Akreditasi

 

Tidaklah mudah menjadi kampus yang memiliki akreditasi A, karena dari ribuan kampus di Indonesia untuk kampus di luar Pulau Jawa, hanya 3 PTN yang sekarang meraih akreditasi A. Diantaranya Unsyiah di Aceh, Unand di Padang dan Unhas di Makasar. Selainnya seluruh kampus terbaik di Pulau Jawa.

Bagi kampus yang meraih nilai akreditasi A merupakan suatu kebanggaan dan prestasi. Tidak hanya itu saja, bagi kampus yang berada pada akreditasi AIPT A akan mendapatkan prioritas memperoleh berbagai dana hibah dari Kemenristekdikti. Realita tersebut menjelaskan bahwa banyak tantangan bagi kampus yang akan memperoleh akreditasi A. Nilai akreditasi dari semua kampus dikeluarkan oleh lembaga independen yakni Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Jumlah Perguruan Tinggi di Provinsi Sumatera Utara yang berjumlah ± 278 yang tersebar di seluruh daerah kabupaten/kota, belum ada satupun kampus yang memperoleh akreditasi A.

Dalam pertemuan yang penuh dengan kesejukan dan keakraban tersebut, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, menyampaikan agar kita harus mengetahui sekaligus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam rangka reakreditasi kampus kita ini dari nilai B menjadi A.

Harus bersyukur dan bangga karena telah terpilih menjadi kampus yang memperoleh penawaran dari Kemenristekdikti untuk dilakukan reakreditasi dalam waktu dekat ini. Ada ±30an kampus di Indonesia yang memperoleh tawaran ini, kesemua kampus tersebut nilai akreditasi institusinya B, sedikit lagi meraih A, termasuk kampus tercinta kita Unimed. Hasil akreditasi institusi Unimed tahun 2014, nilai akreditasi Unimed berada pada nilai B dengan skor 352, untuk meraih nilai akreditasi A hanya butuh skor 13 lagi.

“Unimed memiliki peluang untuk menjadi kampus yang pertama di Sumut yang meraih akreditasi A tahun 2016 ini. Walau demikian kita harus persiapkan secara maksimal dan dibangun kekuatan bersama, kekompakan, kebersamaan, dan tanggungjawab seluruh civitas dalam mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dalam rangka reakreditasi tersebut”. Ucap Rektor Unimed

Beliau menambahkan bahwa Tim AIPT Unimed telah bekerja dan sedang menyusun serta mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan. Melalui pertemuan ini diharapkan kepada seluruh fungsionaris dilingkungan Unimed untuk aktif membantu segala hal yang dibutuhkan oleh tim AIPT tersebut.

Hal ini juga telah disosialisasikan kepada stakeholders di berbagai kabupaten/kota tentang persiapan reakreditasi institusi ini. Pada saat kita jalin MoU kepada bupati dan walikota. Harapannya semua akan tercapai untuk meraih akreditasi A tersebut. Jika bersatu dalam kebersamaan untuk meraih akreditasi A.***(CM/PR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *