Nomophobia, Penyakit yang Gerogoti Anak Muda

  • Whatsapp
Gangguan Nomophobia
Gangguan Nomophobia

 

Bahasa kekinian mulai digandrungi banyak kaum muda, khususnya anak sekolah menengah hingga mahasiswa bahkan dewasa awal. Kekinian ini telah menjamur dan menjadi gaya hidup baru bagi mereka.

Read More

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir memiliki dampak yang cukup signifikan. Teknologi secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan terjadinya perubahan pola perilaku serta pola pikir masyarakat secara umum.

Dapat kita lihat bahwa masyarakat zaman sekarang banyak yang sibuk dan terpaku pada gadget mereka masing-masing, seolah-olah tidak ada kehidupan bersosial secara langsung dengan orang yang tepat berada di sebelahnya. Pemandangan ini bukanlah pemandangan langka. Kita akan dengan mudah menjumpainya di stasiun kereta, di dalam commuterline, busway, angkot, bahkan ketika sekelompok individu sedang berkumpul bersama. Fenomena ini menyebabkan timbulnya sebuah istilah ‘generasi menunduk’.

Menurut hasil survey yang dilakukan oleh Secure Envoy, sebuah lembaga yang bergerak di dunia digital bahwa dari 1000 orang yang disurvei di Inggris ditemukan bahwa 66% diantaranya adalah nomophobia.

Hasil survei tersebut menemukan bahwa perempuan memiliki ketakutan yang lebih besar dari laki-laki, yaitu persentase perempuan sebesar 70% sementara laki-laki sebesar 61%. Penyebabnya adalah karena kaum pria biasanya memiliki lebih dari satu ponsel (banyak ponsel), sehingga tingkat ketakutannya pun menjadi berkurang.

Survey ini juga pernah dilakukan empat tahun silam. Dari hasil studi tersebut ditemukan hasil sekitar 53% orang mengalami nomophobia, dengan prosentase kaum laki-laki yang mengalami nomophobia lebih tinggi daripada kaum perempuan, yaitu dengan perbandingan 58% dan 48%. Fakta lainnya adalah orang nomophobia tidak pernah mematikan(switch off) ponselnya karena ketergantungan yang berlebihan.

Nomophobia yang merupakan singkatan dari no mobile phone phobia ini sudah sangat marak dibahas di dunia maya. Biasanya yang kita tahu ada istilah phobia atau orang sering menyebutnya trauma atau ketakutan pada suatu hal dan itu bisa berlangsung dalam jangka yang panjang dalam diri seseorang.

Anak Muda Yang Tak Bisa Jauh Dari Gadget
Anak Muda Yang Tak Bisa Jauh Dari Gadget

 

Orang yang  memiliki phobia atau rasa takut berlebihan, biasanya cenderung mengalami gejala sebagai berikut yakni pusing, lemas, atau histeris seketika. Gejala ini sungguh bertolak belakang dengan penyakit modern nomophobia, dimana pengguna telepon selular sangat takut kehilangan telepon selular mereka.

Ironisnya banyak yang tidak sadar bahwa seseorang telah terserang penyakit nomophobia. Perkembangan ponsel pintar yang semakin pesat ternyata tidak hanya menimbulkan efek positif bagi masyarakat.

Faktor utama penyebab ketergantungan ponsel ini dalah game addicted(kecanduan game) dan  sindrom FoMO(Fear of Missing Out) atau lebih dikenal sebagai ketergantungan seseorang terhadap jejaring sosial.

Kedua gejala psikis mulai menarik perhatian pengamat psikologi di tahun 2008, ketika Iphone dan Android Phone mulai dikenal oleh masyarakat luas. Tahun tersebut adalah tahun dimulainya era baru dalam berinternet, yaitu tahun ketika sebuah internet bisa diakses dalam genggaman tangan kita, dimana pun dan kapan pun kita mau.

Nomophobia ini tak hanya dialami oleh anak muda, namun juga orang dewasa. Hal bahaya bisa saja terjadi para orang yang mengalami nomophobia. Mereka bisa saja mengalami tingkat setress yang berlebihan, insomnia karena terlalu sering bermain hp tiap hari, kurang fokus terhadap sesuatu yang dikerjakan seperti mengendarai mobil atau apapun, dan juga disebut anti sosial karena lebih sering melakukan aktivitas di sosial media dibanding aktivitas di dunia nyata.

Ketika kalian terlalu sering menggunakan gadget dan menjadikannya hal paling penting, maka harusnya anda berhati-hati jika nomophobia menyerang anda.***(CM-E02/Amal Hayati)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *