Nikmati Malam Bersama Anak Motor

  • Whatsapp
Nikmati Malam, Berkumpul dengan Anak Motor
Nikmati Malam, Berkumpul dengan Anak Motor

 

Sepeda motor adalah jenis kendaraan roda dua yang memiliki banyak peminat dan menjadi pilihan sebagai alat transportasi mayoritas masyarakat di Indonesia, tak terkecuali warga Medan. Sepeda motor dianggap lebih praktis untuk meliuk-liuk di jalanan dan lebih mampu melintas di jalan-jalan sempit seperti gang kecil saat menghadapi kemacetan.

Read More

Jenis-jenis sepeda motor pun banyak ragamnya, antara lain bebek, matik, sport, road bike sport, trail dan tipe cruiser atau lebih sering disebut moge alias motor gede. Kesemua jenis tersebut dibedakan oleh bentuk, ukuran, tenaga serta kelebihan khusus dari motor sendiri. Tidak ada persyaratan khusus dalam memiliki jenis sepeda motor tertentu, setiap orang boleh memilih sesuai dengan selera mereka, asal mampu untuk menjaga dan merawatnya.

Hobi berkendara maupun sama-sama menyukai salah satu jenis sepeda motor bisa jadi merupakan faktor yang mendorong terbentuknya sebuah komunitas. Memang saat ini banyak bermunculan kelompok-kelompok berbasis motor dengan visi dan misi berbeda-beda.

Kebanyakan setiap komunitas hanya diisi dengan satu jenis motor, hal tersebut membuat keseragaman dan kebersamaan antar anggotanya, namun tak jarang ada juga yang terdiri dari berbagai macam tipe dan lebih mengedepankan kekompakan sesama pengguna jalan, tanpa melihat merek dan apa motornya. Terlepas dari hal-hal negatif dari pribadinya masing-masing, sebenarnya bagi para pengendara yang tergabung di komunitas atau klub motor bisa memberikan dampak positif.

Contohnya jika menjadi anggotanya, sudah pasti relasi dan pergaulan semakin lebih luas karena sesuai dengan fungsinya sebagai tempat berkumpul. Setelah itu kita juga bisa saling berbagi tentang hal-hal baru termasuk informasi, serta penyelesaian kendala-kendala yang mungkin dapat terjadi pada motor kita.

Di Medan sendiri jumlahnya mencapai puluhan komunitas dan secara keseluruhan anggota yang tergabung di dalamnya diperkirakan mencapai ribuan member. Walaupun sama-sama menggunakan sepeda motor, perlu diingat bahwa secara umum anak motor yang tergabung dalam sebuah komunitas, tidaklah melakukan aksi kriminal di jalanan.

Jumat malam adalah merupakan hari yang sudah ditunggu-tunggu oleh anak motor, karena pada malam itu seluruh komunitas motor hampir dari seluruh penjuru kota berkumpul di beberapa titik yang penuh keramaian.

Hal tersebut mereka lakukan secara rutin, mulai pukul 8 malam sebelum akhirnya berkonvoi secara tertib di jalanan sambil diterangi lampu jalan, ini seakan menjadi ritual wajib setiap pekannya, untuk menunjukan eksistensi mereka kepada khalayak tapi tetap dengan cara yang tidak menggangu orang lain. Jadi, jangan heran jika pada malam hari itu kalian melihat keramaian di jalanan tersebut.

Wilayah-wilayah yang sering dijadikan tempat untuk nangkringnya para anak motor adalah Jl. Sisingamangaraja tepatnya di sekitaran Masjid Raya, lalu di sekeliling Lapangan Merdeka, selain karena tepat di pusat kota, ruas jalan yang terbilang luas dijadikan lapak berkumpulnya mereka.

Walaupun berbagi tempat dan berbeda-beda komunitas, juga jenis motornya namun terlihat jelas saling respect diantara mereka satu sama lain. Tidak jarang aktivitas ini menarik perhatian banyak masyarakat yang melintas, apalagi ada beberapa dari tunggangan mereka sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terlihat cukup unik dibandingkan lainnya.

Klub-klub motor di Medan juga memiliki beberapa agenda khusus. Tidak hanya berkumpul dan riding dalam kota saja, mereka juga sesekali touring ke beberapa tempat di daerah lain. Lebih dari itu sama dengan komunitas-komunitas lainnya mereka berlomba-berlomba untuk menciptakan dan menjaga nama baik kepada masyarakat. Seperti menjadi pelopor berkendara yang baik ataupun melakukan aksi-aksi sosial terhadap siapa saja yang membutuhkan.

Jika kamu ingin  tergabung pada sebuah komunitas maka tidak perlu malu ataupun selama itu positif, karna pada dasarnya mereka juga mencari dan menerima dengan tangan terbuka kepada setiap orang yang ingin bergabung.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *