Niesya Ridhania Harahap, Cintai Budaya Luhur Sejak Kecil

  • Whatsapp
Niesya Ridhania Harahap
Niesya Ridhania Harahap

 

Sejalan dengan berkembangnya zaman yang semakin pesat membuat gaya hidup dan juga selera masyarakat mengalami globalisasi yang kian kencang pula. Masyarakat dunia juga mengalami yang namanya westernisasi. Westernisasi sendiri merupakan proses dimana masyarakat mengadopsi ataupun terpengaruh budaya barat dalam berbagai bidang seperti industri, teknologi, hukum, politik, ekonomi, lifestlye, nilai-nilai, dan sebagainya.

Read More

 

Hal ini menjadi ancaman tersendiri bagi kebudayaan asli kita yang lama-lama sudah punah dan digantikan dengan kebudayaan luar. Bisa dilihat sendiri dari segi kehidupan sebagian masyarakat menerapkan lifestlye-nya sekarang yang sangat mengelu-elukan gaya barat yang dianggap keren. Membuat kebudayaan leluhur kita kian memudar.

 

Tapi beda halnya dengan Niesya Ridhania Harahap. Niesya merupakan salah satu dari sekian banyak warga negara yang sangat mencintai budaya leluhur. Ia juga sangat fasih dengan budaya-budaya Nusantara yang ada. Dara kelahiran medan 19 Januari 1996 ini memiliki kecintaan terhadap budaya tradisional yang bisa menghantarkannya kepada kesuksesan ia mengenalkan budaya bangsa hingga ke luar negeri.

 

Niesya adalah mahasiswi aktif  jurusan Psikologi USU stambuk 2013. Niesya merupakan anak tunggal dari pasangan bapak Drs. Irwansyah Harahap, M.A dan ibu Dra. Rithaony  Hutajulu, M.A yang juga merupakan dosen dari jurusan Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya USU. Menjadi anak tunggal membuat Niesya sangat mandiri dan berusaha keras untuk membanggakan orangtuanya. Dengan dukungan yang sangat besar dari orangtuanya yang mengenalkan Niesya kepada budaya-budaya Nusantara membuatnya paham seberapa penting budaya Nusantara itu.

 

Budaya tradisional menurutnya ialah identitas bangsa. Niesya menguasai beberapa bidang kesenian seperti seni tari, tarik suara, serta memainkan alat musik tradisional dengan baik. Ia telah menguasai hal-hal tersebut dari umur 13 tahun, dan masih menjadikannya sebagai aktivitas wajib hingga sekarang. Dan dengan kecintaannya tersebut Niesya sudah tampil dibeberapa acara Nasional dan Internasional.

Niesya Ridhania Harahap Cintai Leluhur Sejak Kecil
Niesya Ridhania Harahap Cintai Leluhur Sejak Kecil

 

Ada banyak prestasi-prestasi yang telah Niesya capai dalam hidupnya. Ia membawakan beberapa budaya hingga ke luar negeri. Seperti menari Tortor Mataniari khas Batak di Jerman, memainkan alat musik tradisional Gamelan Jawa di New Zealand, menjadi performer di acara Schrift Sprache di Berlin, menjadi performer di Choral Drama Svara Sacra di 3 kota (Medan, Bandung, dan Jakarta) serta masih masih banyak lagi prestasi prestasi yang ia dapat.

 

Niesya juga handal dalam memainkan Gondang Batak, dengan gemulai dan penuh konsentrasi ia mampu menciptakan ritme Gondang yang sangat memukau. Hal ini dipelajarinya dengan cara otodidak dengan melihat orangtuanya memainkan alat musik tradisional tersebut. Dengan arahan yang diberikan oleh Ibunda Rithaony, Niesya percaya diri dengan kemampuannya dalam mengaplikasikan Gondang Batak.

 

Dengan kepercayaan dirinya tersebut Niesya bertekad untuk mengenalkan Gondang Batak ke mata dunia. Iya berjanji untuk terus berlatih agar lebih mahir dan profesional memainkan gondang. “Saya akan belajar terus sampai mahir, dan mengenalkan Gondang Batak dan yang lain-lain kepada dunia. Bukti kecintaan saya pada budaya Batak dan budaya-budaya Nusantara lain”seru gadis cantik ini.

 

Sebagai orang Batak ia bangga akan keragaman serta keindahan budaya Batak tersebut. “Banyak budaya-budaya yang ingin saya kenalkan ke duia. Saya bangga akan kekayaan Indonesia dengan keragaman budayanya khusunya budaya Batak. Sebagai orang Batak yang sangat mencintai budaya kita, saya berusaha sekeras mungkin agar seluruh dunia tahu kita itu indah” lanjutnya.

 

Sebagai salah satu inspirasi kita agar terus mencintai bangsa dan tanak air semoga Niesya dapat mencapai cita-cita sesuai yang ia inginkan. Jadi tidak sabar menunggunya untuk perform lagi membawakan budaya kita keluar. Semangat untuk Niesya dalam mengejar cita-citanya.***(CM-PR/PO5E Publisher)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *