Menjaga Lingkungan Investasi Masa Depan

  • Whatsapp
Menjaga Lingkungan Investasi Masa Depan
Menjaga Lingkungan Investasi Masa Depan

 

Lingkungan hidup sudah menjadi satu kesatuan dengan kehidupan manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan dengan lingkungan hidup, sayangnya sekarang ini kerusakan lingkungan hidup di Indonesia juga sangat tinggi dan memprihatinkan. Di perlukan penanganan khusus oleh Pemerintah dan tentu saja masyarakat itu sendiri.

Read More

 

Lingkungan hidup yang baik tentu akan mempengaruhi kesehatan manusia yang ada disekitarnya. Mengapa demikian ? Hal itu di sebabkan karena faktor – faktor seperti polusi, perubahan iklim, penipisan lapisan ozon, degredasi lahan dan hilangnya keanekaragaman hayati. Kemudian ada peningkatan kesadaran mengenai hal keterkaitannya lingkungan hidup dengan kesehatan. Pada tahun 2006 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  memperkirakan penyakit yang terjadi di dunia sebanyak 24 % di karenakan faktor lingkungan yang buruk.

 

Kualitas udara yang buruk, kurangnya sanitasi, penggunaan bahan kimia yang berbahaya, serta kualitas air yang buruk. Hal tersebut adalah yang sebenarnya menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat.  Selain itu pembangunan yang terus terjadi tentu mempengaruhi lingkungan yang ada di sekitar. Penggunan sumber daya untuk menyokong pembangunan akan menimbulkan permasalahan – permasalahan dalam lingkungan.

 

Dalam penggunaan sumber daya alam ini, hendaknya keseimbangan ekosistem tetap di jaga sehingga kesimbangannya tidak terganggu. Kerugian – kerugian dan perubahan terhadap lingkungan perlu di perhitungkan oleh banyak pihak, apakah sesuai dengan  keuntungan yang telah diperkirakan oleh proyek pembangunan. Karena pada umumnya proses pembangunan mempunyai akibat yang lebih luas terhadap lingkungan hidup manusia. Baik akibat langsung maupun tidak langsung seperti pengurangan sumber kekayaan alam secara kuantitatif dan kualitatif, pencemaran biologis, pencemaran kimiawi, gangguan fisik dan gangguan sosial budaya.

 

Salah satu bukti kongkritnya adalah pencemaran dari  limbah, dimana bahan kimia buatan manusia yang di buang begitu saja tanpa memikirkan dampak selanjutnya.Sehingga akan mencemarkan lingkungan sekitar seperti tanah atau  yang lainnya.

 

Jika suatu zat berbahaya telah mencemari permukaan tanah, maka zat tersebut dapat menguap, tersapu air hujan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian mengendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun tersebut dapat berdampak langsung kepada kita jika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya.

 

Untuk itu agar mengatasi kerusakan alam yang telah terjadi maka dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Reboisasi atau penghijauan di lahan yang telah rusak.
  2. Mencegah penebangan liar dan menerapkan sistem tebang pilih.
  3. Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, dan menggantinya dengan bahan bakar yang ramah lingkungan.
  4. Membuat sengkedan di daerah lereng pengunungan yang di gunakan sebagai lahan pertanian.
  5. Mengolah limbah terlebih dahulu sebelum di buang ke lingkungan.
  6. Menggunakan bahan – bahan yang mudah diuraikan mikroorganisme di tanah.
  7. Melakukan upaya remidiasi, yaitu membersihkan permukaan tanah dari berbagai macam polutan.

 

Konkawan juga bisa menerapkan prinsip 4R yaitu :

  1. Reduce, yang artinya mengurangi pemakaian.
  2. Reuse, yang artinya memakai ulang kembali.
  3. Recycle, yang artinya mendaur ulang.
  4. Replant, yang artinya menanam atau menimbun sampah organik.

 

Demikianlah artikel menjaga lingkungan investasi masa depan ini, Semoga kedepannya terwujud Indonesia yang hijau dan dapat di nikmati oleh anak cucu kita ya.***(CM-M04/Fathia Putri)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *