Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

 

Manfaat Daun Sirsak – Sirsak adalah salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan untuk obat-obatan tradisional. Bagian yang sering dijadikan obat dari tumbuhan ini adalah daunnya. Daun sirsak dipercayai dapat mengobati berbagai penyakit sehingga sering di manfaatkan untuk obat-obatan tradisional.

Read More

Tumbuhan ini banyak di jumpai di Indonesia. Sirsak merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh di sembarang tempat, namun akan lebih baik bila di budidaya di tempat yang berair. Pohon Sirsak dapat tumbuh mencapai tinggi 10 meter dan ukuran buah yang bisa 20-30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg.

Daun sirsak mengandung kandungan gizi yang sangat banyak seperti Annohexocina, Annomuricina A, B, C, dan E, Annomutacina, Annopentocinas A, B dan C, Muricoreacina, Gigantetronemina, Murihexocina A dan C, Javoricina, Anonaine, Anoniine, Atherospermine, Corexmine, Asam Gentisic, Asam Lignoceric, CLA dan Asam Stearat.

Daun sirsak sudah sejak lama dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Orang-orang dulu memanfaatkan daun sirsak untuk keperluan obat-obatan tradisional. Nah, bagi kalian yang masih penasaran apa saja manfaat daun sirsak untuk kesehatan, simak penjelasan berikut ini.

 

Mengobati Diabetes

Daun sirsak ternyata dapat mengobati penyakit diabetes. Ini karena nutrisi yang terkandung dalam daun sirsak dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal.

Cara Penggunaan :

– Ambil 3-5 helai daun sirsak segar

– Bersihkan terlebih dahulu daun sirsak dengan air bersih

– Kemudian rebus daun sirsak dengan 3 gelas air hangat

– Biarkan hingga air rebusan hanya tinggal 1 gelas

– Minum air rebusan daun sirsak secara rutin pagi dan malam hari.

– Lakukan selama 4-5 hari, lalu cek kadar gula darah anda.

 

Mengobati Asam Urat

Selain dapat mengobati diabetes, daun sirsak juga dapat di manfaatkan untuk mengobati asam urat. Bahkan obat-obatan alternatif untuk mengobati asam urat menggunakan daun sirsak sudah banyak beredar.

Cara Penggunaan

– Ambil 6-10 helai daun sirsak yang sudah tua namun masih hijau

– Bersihkan daun sirsak dengan menggunakan air bersih

– Kemudian rebus daun sirsak dengan 2 gelas air

-Biarkan hingga air rebusan hanya tinggal 1 gelas

– Minum air rebusan ini dua kali sehari yaitu pagi dan sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Mengobati Rematik

Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Penyakit ini pada umumnya dialami oleh orang tua. Untuk mengobati rematik anda dapat menggunakan daun sirsak.

Cara Penggunaan
Untuk menyembuhkan rematik menggunakan daun sirsak anda bisa melakukannya dengan cara haluskan daun sirsak lalu oleskan pada daerah tubuh yang terkena nyeri. Lakukan cara ini secara teratur dua kali sehari.

 

Mengobati Sakit Punggung

Mengobati sakit punggung dengan menggunakan obat-obatan kimia untuk sakit punggung dapat menimbulkan efek samping. Alangkah baiknya untuk menggunakan obat herbal seperti daun sirsak karena tidak ada efek sampingnya.

Cara Penggunaan
– Ambil 18-20 helai daun sirsak
– Bersihkan daun sirsak dengan air bersih
– Kemudian rebus daun sirsak dengan 5 gelas air
– Biarkan hingga air rebusan tinggal 3 gelas
– Minum 3/4 cangkir ramuan sekali dalam sehari

 

Mengobati Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit dengan penderita terbanyak di dunia dan penyebab utama kematian di negara-negara berkembang. Menurut sebuah penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10,000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Inilah sebabnya mengapa daun sirsak sangat fenomenal di Dunia termasuk Indonesia.

Cara Penggunaan
– Ambil 10 helai daun sirsak
– Bersihkan daun sirsak dengan air bersih
– Rebus daun sirsak dengan 3 gelas air
– Biarkan hingga air rebusan tinggal 1 gelas
– Minum air rebusan secara rutin setiap harinya selama 3-4 minggu

Demikian Artikel tentang Manfaat Daun Sirsak semoga bisa jadi manfaat buat kita semua ya. Dan semoga kita semua terjauhkan dari berbagai penyakit. ***(S-01/Muhammad Yafei)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *