IBX5A49C9BC313D6 Lubuk Ampolu, Sungai Indah Yang Tersembunyi - Cerita Medan

Lubuk Ampolu, Sungai Indah yang Tersembunyi

Lubuk Ampolu, Sungai Indah Yang Tersembunyi
Lubuk Ampolu, Sungai Indah Yang Tersembunyi

 

Destinasi wisata di Sumatera Utara tidak hanya di Medan saja, namun Sibolga juga bisa dijadikan untuk tempat destinasi wisata. Tepatnya di Tapanuli Tengah. Tapanuli Tengah (Tapteng) merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pantai barat provinsi Sumatera Utara. Topografinya yang berada tepat di pesisir Samudera Hindia dan pegunungannya yang masuk dalam rangkaian gugusan Bukit Barisan, membuat Tapanuli Tengah memiliki gunung, laut, pantai, sungai yang mengandung beragam potensi keindahan alam.

Julukan sebagai negeri wisata sejuta pesona tidaklah salah diberikan pada Kabupaten ini. Semua panorama dan detil daerah memiliki daya tarik bagi wisatawan. Tapteng memiliki 30 pulau, 24 air terjun nan eksotik, 24 pantai nan elok berpasir putih yang berjajar sepanjang 200 kilometer, peninggalan sejarah bernuansa religi, puluhan aliran sungai, dan jenis kuliner khas yang nikmat dan ragam budayanya yang mungkin sebagian orang belum mengenalnya.

Lubuk Ampolu merupakan salah satu wisata yang dimiliki oleh kabupaten ini. Lubuk dalam istilahnya sering disebut sungai yang aliran airnya terbilang tenang. Lubuk Ampolu atau Sungai Ampolu tepatnya terletak di salah satu desa yang berada di Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Lubuk Ampolu sering dijadikan sebagai tempat pemandian bagi para wisatawan yang bosan dengan pantai. Tempat ini ramai dikunjungi pada saat hari libur apalagi jika satu hari menjelang Ramadhan atau penduduk sekitar menyebutnya dengan balimo-limo tempat ini. Airnya yang begitu jernih dan masih bersih menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Menikmati Lubuk Ampolu
Menikmati Lubuk Ampolu

 

Untuk menuju sungai jernih ini jika dari kota Sibolga sekitar 45 menit menuju Desa Aek Horsik. Setelah Desa Aek Horsik kemudian menuju Desa Kebun Pisang. Dari Desa Kebun Pisang sekitar 15 menit menuju Lubuk Ampolu. Untuk menuju lokasi ini bisa menggunakan mobil dan sepeda motor.

Setelah sampai ke tempat peristirahatan atau tepatnya di tempat parkiran kendaraan wisatawan, keindahan Lubuk Ampolu sudah bisa dilihat dari tempat peristirahatan atau dari atas Lubuk Ampolu. Mata kita sudah dimanjakan dengan keindahan sungainya.

Untuk menuju sungai ini, kita hanya butuh 5 menit dengan berjalan kaki kebawah. Setelah sampai ke bawah kita disuguhi dengan air sungai yang jernih dan segar. Di Lubuk Ampolu ini juga di bangun bendungan yang menambah keindahannya. Kita bisa menikmati pemandangan bendungan di batu-batu besar yang ada di pinggiran sungai ini.

Jika konkawan tidak puas hanya menikmati pemandangannya saja, dan ingin merasakan air yang jernih dan segar, konkawan bisa bebas mandi sungai atau hanya sekedar bermain air karena tidak ada larangan atau pungutan biaya apapun. Sungai ini terbuka sepanjang waktu bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan selain pantai-pantai yang ada di Tapanuli Tengah.***(CM-M5/Maslina Nasution)

KOMENTAR

BACA JUGA