Jenis Sate Yang Terkenal Di Indonesia

  • Whatsapp

 

Jenis Sate Di Indonesia
Jenis Sate Di Indonesia

 

Read More

Mencicipi makanan yang enak tentu akan membuat lidah kita bergetar. Makanan enak terus diburu oleh banyak orang, untuk mendapatkan cita rasa yang nikmat saat di santap. Beragam kuliner yang nikmat tersebut, pastinya mampu menarik perhatian orang-orang untuk mencicipinya.

Nah, berdasarkan survei yang dilakukan oleh CNN Internasional yang diikuti oleh 35.000 orang di Facebook pada tahun 2011, kuliner yang satu ini terdaftar di urutan 14 Dari total 50 daftar makanan terenak di dunia. Sebut saja namanya sate.

Sate merupakan salah satu makanan asli Indonesia yang terbuat dari potongan daging kambing, daging ayam maupun daging sapi yang kemudian ditusukkan pada sebatang lidi bambu. Sate dipopulerkan dari tanah jawa sekitar awal abad ke-19. Hidangan ini merupakan pengaruh Timur Tengah lalu di adaptasi menjadi kebab India dan semakin populer ketika para pendatang dari Arab, muslim Tamil dan Gujarat datang ke Indonesia.

Berikut ini 10 sate yang terkenal se-indonesia:

  1. Sate Kambing Palmerah (Jalan Panjang Pos Pengumben No. 8A, Kebun Jeruk, Jakarta Barat)

sate kambing ini memiliki daging yang empuk dan bau yang khas. Sambal kecapnya juga cukup pedas walaupun hanya diberi beberapa irisan cabai rawit merah. Uniknya, sate kambing ini dimasak dengan menggunakan daging kambing betina berusia setahun. Cara masaknya yaitu daging kambing diberi bumbu terlebih dahulu, lalu dibakar, dan menggunakan sambal kecap yang diberi irisan bawang merah.  Harga satu porsinya adalah Rp 30 ribu.

  1. Sate Domba Afrika H. Ismail Coulibaly (Jalan K.S Tubun No. 6, Tanah Abang, Jakarta Pusat)

Sate yang satu ini tidak menggunakan tusuk tetapi hanya dipotong kecil-kecil dan dibakar. Uniknya lagi ketika proses memasak daging domba tidak bersentuhan langsung dengan api. Karena itu api berkali-kali disiram air agar tidak langsung bersentuhan dengan daging. Setelah 70% matang, potongan daging dimasukkan ke dalam sebuah panci besar kemudian diungkep lagi. Setelah 20 menit, cairan lemak dalam panci dibuang. lalu dipotong-potong lagi ke dalam ukuran yang lebih kecil dan dibakar lagi sampai matang sempurna. bawang bombay dan saus mustard menyempurnakan tampilan Sate lezat ini. Ditambah lagi pisang tanduk mengkal yang sudah dipotong kecil-kecil dan digoreng dengan mentega. Yummy… Harga satu porsinya hanya Rp 30 ribu – 50 ribu an loh.

  1. Sate Blengong Barokah (Jalan K.H Ahmad Dahlan, Brebes)

Namanya aja sudah membuat orang penasaran dan tak sabar untuk mencicipi sate yang satu ini. Sate bengong barokah ini adalah sate yang berbahan dasar bebek. Sate blegong ini terdiri dari beberapa menu, seperti sate paha, sate tulang dan juga sate dada bebek. Sate ini sangat gurih san lezat di lengkapi dengan ketupat pasti makin menambah kelezatannya. Untuk menikmati sate blengong ini anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp. 50.000 saja.

  1. Sate Ayam Kambing RSPP (Jalan Kyai Maja No. 21 Blok M, Jakarta)

Kelezatan sate ini bukan hanya warga Jakarta saja yang dapat menikmatinya tetapi juga yang tidak tinggal disekitar kawasan menyempatkan mampir ke Sate RSPP. racikan bumbu kacang sitimewa dan empuknya daging ayam serta daging kambing, harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi. 10 tusuk sate ayam  dijual Rp.21.000, 5 tusuk sate ayam dan lontong dijual Rp.15.000. Sementara untuk sate kambing berkisar antaraRp.26.000 – Rp.34.000.

  1. Sate Pejompongan (Jalan K.H Abdullah Syafei No. 1, Tebet)

Di tempat ini sangat dikenal sebagai spesialisasi sate kambing hal ini dikarenakan anda bisa menikmati bermacam –mcam sate yang berbahan dasar daging kambing seperti sate kambing, sate goreng kambing, sate goreng sapi, sate goreng ayam tongseng kambing. Tidak hanya itu, warung ini juga Dikenal dengan gulai tongseng yang nikmat dan gurih. Sate Pejompongan menjadi favorit bagi penggemar sate di Jakarta. Harganya tidak terlalu menguras dompet kok, karena Cuma berkisar Rp.28.000 hingga Rp.45.000. (CM-Ist/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *