Inilah Penyebab Vertigo Yang Jarang Diketahui

  • Whatsapp
Penyebab Vertigo Yang Jarang Diketahui
Penyebab Vertigo Yang Jarang Diketahui

 

Vertigo berasal dari bahasa Latin vertō yang berarti gerakan berputar.  Vertigo dikenal sebagai salah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang).

Read More

Penyebab vertigo umumnya diakibatkan hilangnya masukan perifer yang disebabkan oleh kerusakan pada labirin dan saraf vestibular atau juga dapat disebabkan oleh kerusakan unilateral dari sel inti vestibular atau aktivitas vestibulocerebellar.

Vertigo sering kali dengan gejala mual dan muntah serta ketidakmampuan penderita menjaga keseimbangan badan, yang menyebapkan penderita mengalami kesulitan berdiri atau berjalan.

Vertigo disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Tapi selain itu juga ada faktor lain seperti di bawah ini.

  1. Penyakit Meniere

penyakit meniere adalah penyakit yang disebabkan karena Peningkatan volume endolimfe. Hal yang dapat diakibatkan oleh penyakit meniere adalah banyaknya cairan di dalam telinga. Cairan yang banyak di telinga inilah yang mengganggu keseimbangan tubuh dan menyebabkan vertigo.

  1. Mabuk

Mabuk di sini yang dimaksudkan bukan mabuk karena minuman keras, melainkan mabuk kendaraan saat perjalanan jauh seperti mabuk darat, mabuk laut maupun mabuk udara. Mabuk tersebut dapat memancing datangnnya penyakit vertigo.

  1. Infeksi

Infeksi yang menyerang tubuh seperti pilek, flu, atau yang lainnya sehingga dapat mempengaruhi kinerja telinga dan menggangu keseimbangan tubuh. Keseimbangan yang terganggu ini akan menyebabkan timbulnya vertigo.

  1. Penyakit saraf pusat

Vertigo juga dapat disebabkan oleh penyakit yang menyerang pusat kendali kita seperti stroke, tumor, dan multiple sclerosis.

  1. Migrain

Migrain adalah sakit kepala sebelah. Sakit kepala sebelah dalam waktu lama akan meneybabkan keseimbangan terganggu sehingga akan memicu vertigo. Vertigo yang disebabkan karena migrain dikarenakan Vasospasme atau cacat metabolik yang diturunkan.

  1. Gangguan penglihatan

Sama halnya dengan gejala-gejala sebelumnya, gangguan penglihatan dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan dan memicu penyakit vertigo.

  1. Tumor sudut cerebellar-pontine

Vertigo yang disebabkan oleh tumor sudut cerebellar-pontine adalah jenis vertigo yang ringan. Tumor ini tumbuh lambat, memungkinkan sistem vestibular untuk mengakomodasi perubahan yang terjadi. Sehingga manifestasi klinis yang dihasilkan biasanya berupa sensasi samar ketidakseimbangan bukan vertigo akut.

  1. Gerakan tiba-tiba dan posisi tidur

Jika Anda bangun terburu – buru maka Anda akan merasakan sekeliling Anda berputar – putar. Keadaan Anda disebut vertigo. Vertigo seperti ini akan semakin parah apalagi jika posisi tidur Anda salah, bantal terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Kenalilah hal-hal yang dapat memicu vertigo Anda. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan dalam mengurangi atau mencegah gejala-gejala vertigo.

  1. Menghindari gerakan secara tiba-tiba agar tidak terjatuh.
  2. Segera duduk jika vertigo menyerang.
  3. Gunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi.
  4. Gerakkan kepala secara perlahan-lahan. Hindari gerakan kepala mendongak, berjongkok, atau tubuh membungkuk.
  5. Mintalah bantuan orang lain untuk melakukan latihan sederhana dalam upaya mengurangi gejala-gejala vertigo. (HS)

Demikianlah artikel tentang  Penyebab Vertigo Yang Jarang Diketahui, Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Tetap jaga kesehatan ya. ***(CM-Ist/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *