Hari Kartini, Cerdaskan Diri dengan Ciptakan Karya

  • Whatsapp
Hari Kartini, Cerdaskan Diri dengan Ciptakan Karya
Hari Kartini, Cerdaskan Diri dengan Ciptakan Karya

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Raden Ajeng Kartini, sosok peremuan yang telah membuktikan loyalitasnya untuk seluruh wanita di Indonesia, menjadikan wanita tak lagi dipandang sebelah mata, tapi inilah wanita yang sejatinya dapat jauh lebih hebat bahkan dari yang dibayangkan sekalipun, R.A Kartini pun telah jelas membuktikannya.

R.A. Kartini lahir dari Keluarga Bangsawan yang sangat taat pada adat istiadat. Ia memiliki kegemaran membaca, sehingga membuatnya mampu berpikir kritis dan menimbulkan keinginan untuk memajukan wanita di Indonesia yang pada saat itu tertindas oleh keadaan. Wanita didiskriminasi dan sama sekali tidak mempunyai ruang gerak yang bebas, jangankan untuk berkarya, lari dari kebodohan dan terlepas dari diskriminasi yang telah membudayapun menjadi hal yang tidak mungkin.

Keadaan wanita yang seperti itu kemudian membuat R.A Kartini bercita-cita untuk mengangkat wanita, menghilangkan diskriminasi pada wanita di Indonesia. Lewat perjuangannya, yang meskipun tidak turun di medan perang, namun lewat tulisan, karya, perjuangan dalam membela dan memperjuangkan hak wanita, sehingga membuat wanita saat ini tak lagi didiskriminasi, wanita setara dengan laki-laki bahkan dapat lebih hebat dari laki-laki.

Perempuan mungkin belum mengetahui apa manfaat dan makna hari kartini bagi mereka.  Perempuan kini telah memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan. Itu juga yang merupakan inti dari perjuangan Kartini dalam membebaskan kaum perempuan dari kebodohan.

Kini hal tersebut telah tampak nyata dari banyaknya perempuan yang telah melanjut ke pendidikan yang tinggi sehingga memiliki profesi yang sangat baik dibidangnya. Hal ini bahkan menjadi suatu kebanggan bagi Bangsa Indonesia karena memiliki perempuan yang hebat dan mengharumkan nama Indonesia di Kalangan Bangsa

Kesetaraan pendidikan juga berlaku mulai dari Pendidikan Dasar hingga Perguruan Tinggi. Bahkan tak jarang seorang perempuan memiliki kegigihan yang lebih tinggi dibandingkan dengan para pria. Sehingga banyak dari mereka yang memiliki prestasi terbaik di bidang akademik. Oleh karena itu jangan remehkan peran perempuan dalam kemajuan Indonesia.

Dengan adanya makna dari Hari Kartini, itu menjadikan suatu momen indah bagi kaum perempuan yang merasa ditindas dalam keluarga, ataupun di lingkungannya berada. Dengan adanya semangat Kartini, kaum perempuan memiliki hak untuk melawan dari segala tindakan kekerasan seperti yang terjadi di dalam rumah tangga, dan sebagainya.

Perempuan telah memiliki kebebasan, sehingga mereka yang berani menyakiti perempuan dapat dikenai pasal hukum yang berat. Sungguh hal ini sangatlah jauh berbeda dari zaman dahulu dimana wanita lebih banyak ditindas dan diremehkan.

Masihkah wanita Indonesia merasa didiskriminasikan? Masihkah wanita Indonesia enggan melanjutkan cita-cita Kartini untuk mengharumkan dan mengangkat nama wanita di Indonesia untuk menjadi luar biasa.

Banyak sekali karya yang dibuat R.A Kartini salah satu diantaranya karyanya yang paling popular yaitu “Habis Gelap Terbitlah Terang,” ini merupakan satu karya yang di ciptakan R.A Kartini untuk bisa melangkah lebih jauh, berkarya lebih bebas, dan bergerak lebih luas. Sehingga apapun yang akan kita lakukan saat ini akan merubah dunia di masa depan.

Mari cerdaskan diri untuk agar tercipta banyak wanita bangsa yang cerdas. Mulailah bangkit untuk memperjuangkan hidup sekaligus memberikan citra yang baik bagi Bangsa dan Negara.***(CM-M03/Agustina Ruth Irma Samosir)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *