Gerakan Berani Donor Darah Nasional 2016

  • Whatsapp
National Blood Donation
National Blood Donation

Tanggal 17 April 2016 mendatang merupakan tanggal yang spesial bagi masyarakat kota Medan, pasalnya ada beberapa event atau kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal tersebut. Yang sudah santer terdengar gaungnya adalah acara CFD atau Community Fun Day yakni acara berkumpulnya semua komunitas-komunitas yang ada di Medan. Rencananya acara yang pernah diikuti oleh 200 orang peserta ini akan kembali dilaksanakan di Sayum Sabah, Namorambe.

Selain acara CFD di atas, di tanggal yang sama, Yayasan Nurul Hayat Medan juga mengadakan acara yang dapat menjadi tempat berkumpulnya komunitas, donatur serta masyarakat umum sekota Medan untuk bersama-sama beramal dalam Gerakan BRANI Donor Nasional  2016.

Acara ini digelar dalam rangka peringatan Milad Nurul Hayat yang ke 15. Jika pada peringatan hari jadi Yayasan Nurul Hayat tahun-tahun sebelumnya hanya menggelar program donor darah di Kota Surabaya saja, pada tahun ini program donor darah akan digelar secara nasional serentak pada tanggal 17 april 2016 di 10 kota besar di Indonesia.

Sepuluh kota besar yang turut mengadakan program Donor Darah Nasional secara serentak tersebut adalah Surabaya, Jogjakarta, Bandung, Semarang, Surakarta, Malang, Kediri, Madiun, Balikpapan dan Medan. Di Medan sendiri, program donor darah ini akan berlokasi Lapangan Merdeka Medan.

“Maraknya wabah demam berdarah, membuat permintaan akan kantung darah semakin besar. Sehingga pada Milad ke 15 ini, yayasan Nurul Hayat menggelar program Donor Darah secara Nasional bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia dan Pundi Amal SCTV,” ucap Rendi  S. Sanjaya selaku Branch Manager Nurul Hayat Medan.

Sebagaimana kita ketahui, sambung Rendi, selain bernilai sedekah, mendonorkan darah baik bagi kesehatan si pendonor, jadi tidak ada salahnya ikut serta meramaikan program ini. Dan oleh karena itu kami mengundang seluruh masyarakat kota Medan dan sekitarnya untuk berpartisipasi dalam acara amal ini.

Acara ini didukung sepenuhnya oleh Palang Merah Indonesia di seluruh Indonesia. Khusus untuk Kota Medan, PMI akan menyiapkan mobil transfusi darah demi melayani para relawan sedekah darah yang akan berpartisipasi dalam acara tersebut. Dari acara ini ditargetkan akan terkumpul 1500 kantong darah secara nasional. Sedang Nurul Hayat Medan menargetkan setidaknya akan mengumpulkan 150 kantong darah.

Selain untuk beramal, acara ini juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi sesama donatur Nurul Hayat dan masyarakat umum sebagai bagian dari perwujudan visi dan misi Nurul Hayat sebagai Lembaga sosial yang kredibel dan transparan.

Selain berdonor, peserta juga bisa menikmati hiburan nasyid,  grup vokal asal Medan serta berbagai stan yang disediakan oleh sponsor dan panitia. Untuk teknis acaranya sendiri, peserta yang datang langsung menuju meja registrasi. Selanjutnya akan ada pemeriksaan kesehatan peserta donor oleh petugas PMI Medan. Jika dinyatakan memenuhi syarat, maka peserta dapat menuju mobil donor untuk transfusi darah. Setiap pendonor yang telah berhasil diambil darahnya akan mendapat bingkisan menarik dari PMI dan goody bag dari Nurul Hayat.

 

Donor Darah

Khusus di wilayah Medan, acara ini juga merupakan bagian dari pengenalan Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat dan Aqiqah Nurul Hayat kepada masyarakat Kota Medan. Sebab LAZIS dan Aqiqah Nurul Hayat masih terbilang baru sehingga banyak masyarakat Kota Medan yang masih asing dengan lembaga sosial dan dakwah yang satu ini.

Bagi pembaca yang ingin berpartisipasi dalam acara ini, silakan datang langsung ke lapangan Merdeka Medan pada 17 April mendatang. Acara akan dimulai pukul 8 pagi hingga selesai. Selain beramal, peserta juga dapat bertemu dengan dengan sesama donatur dan komunitas di Kota Medan.***(CM/PR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *