Cara Merawat Hijab Sesuai Bahannya

  • Whatsapp
Cara Merawat Hijab
Cara Merawat Hijab

 

Seiring dengan perkembangan fashion, jilbab atau hijab juga mulai menunjukkan eksistensinya di dunia fashion bahkan sudah menjadi trend di kalangan muslimah. Hijab bagi seorang muslimah merupakan penutup aurat yang diperintahkan oleh agama sebagai bentuk penjagaan terhadap kehormatan dan identitas kaum muslimah.

Read More

Hijab sekarang ini tidak lagi dipandang sebelah mata, berbagai model, motif, warna, dan mulai dari bahan yang bisa digunakan setiap hari hingga bahan yang sebaiknya digunakan saat acara tertentu telah hadir untuk mempercantik dan membuat anggun Muslimah.

Seiring makin ramainya produksi hijab, jenis bahan yang digunakan untuk membuatnya pun beragam. Kini tak hanya kain katun yang dipakai untuk membuat penutup aurat tersebut, melainkan ada beberapa jenis kain lain yang juga cantik dan tidak kaku. Karena banyaknya jenis bahan hijab tersebut maka kita juga dituntut harus pintar untuk merawat dan menjaga kebersihannya agar hijab yang kita kenakan tetap awet dan terawat.

Tetapi cara merawat hijab tersebut tidaklah sama. Berikut ini adalah cara merawat hijab sesuai bahannya.

Paris

Hijab paris merupakan hijab yang paling banyak digunakan hijabers karena mudah digunakan dan harganya terjangkau. Hijab paris ini berbahan tipis dan nyaman. Untuk mencucinya cukup menggunakan air sabun ketimbang menggunakan detergen agar serat jilbab tidak mudah rusak. Jangan mengucek terlalu keras bila ada noda yang tertinggal. Hindari menggunakan mesin cuci saat mencuci hijab paris. Jemur hijab di tempat yang tak terkena sinar matahri langsung. Saat menyetrika juga gunakan temperatur yang paling rendah.

 

Viscose

Hijab ini memiliki bahan yang lembut dan dingin. Maka dari itu untuk merawat hijab ini jangan merendam terlalu lama, untuk mengeringkan ini cukup di angin-anginkan saja, saat menyetrikapun harus dengan suhu rendah. Karena hijab ini mudah berlubang dan berbekas makanya harus ekstra hati-hati saat mengenakan jarum pentul atau accessories lainnya.

 

Satin

Hijab Satin biasanya digunakan hijabers untuk menghadiri acara-acara tertentu. Karena bahannya yang mengkilap sangat cocok dipadukan dengan pakaian formal atau dress pesta. Hindari mesin cuci dan gunakanlan detergen cair atau pelembut yang halus untuk melindungi permukaan hijab satin.

Jangan merendam jilbab satin lebih dari 5 menit karena dapat menyebabkan serat kain rusak dan warna pun pudar. Saat menyetrika gunakanlah panas sedang, namun ada juga bahan satin yang tidak perlu di setrika karena hanya dengan mengeringkannya di suhu ruangan hijab satin tersebut akan rapi kembali dan tidak kusut.

 

Hijab Kaos Rayon atau Spandek

Hijab berbahan kaos ini juga jadi serbuan hijabers, bahannya yang dingin membuat pemakainya lebih nyaman walau saat udara panas. Untuk mencuci hijab kaos ini sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci dan usahakan tidak merendamnya lebih dari 1 jam karena bisa membuat kaos melar, berbulu dan warnanya pudar. Hijab berbahan kaos ini dapat di jemur di bawah sinar matahari tapi sebaiknya balik dulu hijab kaos anda agar warnanya tetap cerah. Begitu juga ketika akan disetrika, sebaiknya balik dulu hijab kaos anda agar yang terkena panas adalah bagian dalam hijab.

 

Sifon

Hijab yang satu ini juga menjadi favorit hijabers, warna dan motifnya yang beragam membuat para hijabers tidak bosan memilihnya. Hijab ini memerlukan perawatan yang khusus karena kebanyakan berbahan tipis. Hindari menggunakan mesin cuci, cukup dengan menggunakan sabun cair lalu kucek-kucek secara perlahan. Saat menyetrika lapisi dengan kain agar hijab ini tidak berinteraksi langsung dengan suhu panasnya setrikaan.

 

Hijab dengan Payet

Gunakan larutan air dan shampo untuk membersihkan hijab dengan banyak ornament ini. Jangan merendamnya terlalu lama dan jangan memeras bagian yang berpayet karena bisa jadi merusak tatanannya.

 

Itulah 5 bahan hijab yang paling sering digunakan oleh para hijabers. Perhatikan setail-detail kecil saat akan mencuci hijab, agar selalu terjaga dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Semoga tips ini bermanfaat untuk sahabat Muslimah.***(CM-M05/Maslina Nst)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *