8 Jenis Kamera Dari Masa Ke Masa

  • Whatsapp
8 Jenis Kamera Dari Masa Ke Masa
8 Jenis Kamera Dari Masa Ke Masa

 

Kamera sudah menjadi barang yang digandrungi masyarakat hingga kini. Kecenderungan orang mengabadikan momen berharga. Baik itu sedih, senang ataupun peristiwa dalam gambar membuat peran alat ini sangat penting. Pada perkembangannya, kamera memiliki tahapan sebelum menjadi barang yang digandrungi banyak orang. Ini adalah macam kamera dari berbagai masa:

Read More

  1. Kamera Obscura

Pertama kali ditemukan oleh Al-Haitham (Alhazen) seorang muslim asal Arab pada abad 10 M. Hal ini menjadi terobosan dunia fotografi. Namun, tidak banyak yang tahu. Hal tersebut disebabkan oleh teknologi yang hampir seluruhnya dikuasai oleh bangsa barat. Namun, ciptaan Al-Haitam belum seutuhnya sempurna lalu di kembangkan lagi oleh  Joseph Kepler (1571 – 1630 M).

Ia meningkatkan fungsi kamera dengan menggunakan lensa negatif di belakang lensa positif, sehingga dapat memperbesar proyeksi gambar. Kemudian, Robert Boyle (1627-1691 M), membuat kamera yang berbentuk lebih kecil, dan  tanpa kabel, tapi hasilnya masih belum memuaskan karena masih nelum mempertahakan hasil gambar dengan waktu yang lama.

Joseph Nicephore Niepce seorang warga Prancis pada 1827 menyempurnakannya dengan menggunakan pelat-pelat optik sehingga hasil foto bisa menjadi permanen.

  1. Daguerreotypes dan Calotypes

Joseph Nicéphore Niépce bersama rekannya Louis Daguerre menemukan metode fotografi praktis untuk pertama kalinya yang diberi nama Daguerreotype, pada 1836. Jenis ini dilapisi dengan pelat tembaga juga perak, lalu ditambah dengan uap yodium untuk membuatnya lebih sensitif terhadap cahaya.

Empat tahun kemudian Henry Fox Talbot menyempurnakan lagi disebut Calotype, pada 1840. sedikit berbeda dari model sebelumnya kali ini dengan menggunakan kaca peka dan selembar kertas ditempatkan di depan monitor berfungsi untuk menangkap gambar.

  1. Dry Plates

Pada 1871 baru muncul pembaharuan baru yang menggunakan pelat kering gelatin oleh Richard Leach Maddox. Pembuat kecepatan dan kualitas dalam mengikat sebuah gambar menjadi lebih baik lagi. Pertama kalinya kamera diciptakan cukup kecil hingga dapat dipegang tangan bahkan tersembunyi. Pelat kering sendiri sudah ada sejak 1855, merupakan karya dari Désiré van Monckhove.

  1. Kodak

George Eastman adalah pelopor film fotografi pada kamera, menggunakan kertas film manufaktur pada 1885 sebelum beralih ke seluloid pada 1889. Kamera ciptaannya disebut Kodak dipasarkan pada 1888. Harganya terbilang cukup rendah untuk sebuah kamera lengkap dengan kotak kamera sederhana dan lensa fixed-focus dan kecepatan rana tunggal.

  1. Compact Camera dan Canon

Oskar Barnack adalah orang yang melakukan pembaruan kamera atas penelitiannya di Leitz pada 1913 dengan menggunakan lensa 35 mm, ia melakukan percobaan membuat kamera kompak yang berkemampuan membesarkan sebuah objek foto berkualitas tinggi. Pada 1923 prduknya lebih dikenal dengan sebutan  Compact Camera.

Oskar mendapat respon bagus dari konsumen, dan membuat pesaing bermunculan salah satunya dari asia timur yaitu Canon. Merk ini cepat berkembang dan populer di Barat.

  1. TLRs, SLRs dan Nikon

Ini kamera pertama dengan kemampuan refleks praktis yang diciptakan Franke & Heidecke Rolleiflex media, kamera ini diberi nama TLR pada 1928. secara single twin-lens reflex kamera ini beredar berpuluh-puluh tahun dan cukup populer.

Pada 1933 munculkamera SLR dengan Hagee Exakta, SLR kompak yang menggunakan 127 roll film didalamnya. Tiga tahun kemudian, Kine Exakta, penemu dari Barat membuat SLR menggunakan film 35 mm.

Pada 1952 Asahi Optical, perusahaan Jepang yang kemudian menjadi terkenal dengan kamera Pentaxnyapll menciptakan SLR asal Jepang menggunakan film 35 mm, yang disebut Asahiflex. Beberapa pembuat kamera Jepang seperti Nikon dan Canon pada 1950-an.

Kemudia  Nikon kembali masuk pasaran dengan varian Nikon F, dengan kualitas hasil potret yang sangat baik dan populer. Seri F bersama dengan seri sebelumnya yaitu S dari kamera pengintai tersebut membuat reputasi Nikon sebagai produsen kamera semakin diakui.

  1. Kamera Analog

Kamera analog mulai muncul pada awal 80-an diluncurkan oleh pabrikan Sony Mavica (Magnetic Video Camera). Ini adalah kamera analog yang mencatat sinyal pixel sebagai alat perekam video modern.

Pada 1986 Canon juga mengeluarkan kamera analog tipe RC-701. Canon pertama kali menjadi kamera untuk memotret Olimpiade, mencetak foto Yomiuri Shinbun, dalam surat kabar Jepang. Di Amerika Serikat sendiri publikasi pertama yang menggunakan kamera ini untuk reportase nyata dalam USA Today, untuk pertandingan Bisbol World Series. Namun jenis kamera ini tidak begitu laris dipasaran karena harganya yang cukup mahal.

Kamera elektronik analog untuk pertama kalinya dipasarkan adalah Canon RC-250 Xapshot pada 1988. Kamera analog yang diproduksi pada tahun yang sama adalah Nikon QV-1000C, dirancang sebagai kamera pers dan hanya dijual beberapa ratus unit.

  1. DSLR

Digital Single Lens Reflex atau DSLR merupakan generasi kamera terbaru di zaman sekaranng dan paling diminati. Ini adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder. Memiliki banyak pilihan menu termasuk ISO, diafragma dan shutter speed didalamnya yang akan membantu proses pengambilan gambar.

Kamera ini menjadi kamera tercanggih dan terpopuler, terutama untuk merk Nikon dan Canon. Kamera ini juga sering digunakan untuk studio foto karena kualitas gambarnya yang sangat baik dengan resolusi tinggi.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *