Rendy Prayogi, Mengubah Limbah Menjadi Barang Layak Jual

  • Whatsapp
Randy Handycraft
Rendy Handycraft

Belajar dari tujuh seniman muda yang lahir dari Kemitraan Kota Medan dengan karya Lukisan Terbesar yang sempat meraih rekor muri pada 2013 bermula. Rendy Prayogi, remaja umur 21 tahun yang mulai menyalurkan hobi menjadi usaha yang kreatif. Lelaki tamatan SMAN 3 Medan 2012 ini memulai karir dengan berbisnis pada 2013. Setelah di ulas, ternyata Rendy Prayogi sudah mengasah tangan dinginnya untuk menciptakan karya seni kerajinan tangan salah satunya yaitu ‘Rendy Handycarft.’

Rendy Handycraft berfokus pada beberapa kerajinan seperti asbak rokok, tempat pensil, vas bunga dan celengan. Sekilas hasil kerajinan tangan ala Rendy tidak begitu istimewa hanya sebuah karya seni standar yang tidak bermain dengan warna.

Read More

Jika dilihat dengan jelas kerajinan Rendy memiliki keistimewaan yang luar biasa. Jika ditelaah lebih detail, bahan baku yang di pakai oleh Rendy berbahan dasar teh. Tidak hanya dari teh, bahan yang dipakai juga berbahan dasar serbuk kayu, pasir bali, batu alam dan juga gulungan kain.

Mulai 2013 Rendy Handycraft berfokus pada kerajinan tangan celengan. Rendy berfikir bahwa celengan lebih mudah menembus pasar home industry. Gulungan kain dan tisu tersebut dimanfaatkannya menjadi wadah yang memiliki ruang untuk menampung benda-benda.

Sedangkan pada teksturnya, Rendy fokus dibubuk teh, pasir bali dan juga batu alam. Untuk menjaga kealamiannya, Rendy tidak mencampur bahan pewarna untuk memenuhi tekstur pada permukaan wadah. Limbah gulungan kain dan tisu serta bubuk teh didapatnya dari beberapa orang. Rendy sama sekali tidak membuat bahan terbuang sia-sia. Dia selalu memanfaatkan setiap limbah menjadi satu karya yang menghasilkan.

Rendy Handycraft berhasil memasarkan hasil kerajinan tangannya ke beberapa kota diluar Provinsi Sumatera Utara dengan harga Rp 15.000 sampai Rp 45.000. Sebagai anggota UKM Medan, kerajinan tangan hasil karya anak bangsa ini berhasil dipamerkan di Ambon melalui dukungan Pemerintah Medan.

Randy Handycraft
Rendy Handycraft Tahan Air

Desember 2015 lalu, hasil karya Rendy Handycraft berhasil diterbangkan ke Negara Perancis yang digunakan sebagai plakat salah satu kerja sama antara Indonesia dan Perancis. Tak hanya itu, Jepang juga menjadi salah satu Negara yang menjadi konsumen Rendy Handycraft.

Biasanya, Rendy Prayogi juga melakukan beberapa kali workshop dengan anak sekolah dan anak perkuliahan yang berminat dibisnis UKM. Home Industry yang berlokasi di Jalan Tinta No.25 Ayahanda Medan ini menjadi tempat workshop ternyaman.

Selain dapat terjun langsung membuat celengan disana juga terdapat banyak contoh hasil kerajinan tangan yang sudah jadi dengan berbagai tekstur. Rendy Handycraft mulai berani menerima tawaran dengan beberapa desain yang diinginkan. Misalnya karakter kartun ataupun tulisan. Barang yang dipesan dengan gambar pilihan dapat diselesaikan dalam jangka waktu 3 hari oleh Rendy Handycraft.

Rendy Handycraft tidak memiliki anggota khusus. Rendy melakukannya sendiri mulai dari  memilih bahan, membentuk tekstur dan pemasaran. Dalam sistem pemasarannya, Rendy Handycraft memasarkan di sosial media seperti Facebook, Twitter dan Juga BBM. Dengan sosial media bernama ‘Rendy Handycraft’ usaha home industry Rendy Handycraft dapat menembus angka omset minimal Rp900.000 dalam seminggu.

Randy Handicraft
Contoh Karya dari Rendy Handycraft

Bahan dasar teh menjadi bahan utama karena teh mudah didapat. Setiap orang pasti dan selalu mengkonsumsi teh setiap harinya. Dari tehnya sendiri, ada 3 jenis yang dapat digunakan untuk menghasilkan tekstur yang sempurna yaitu debu teh, daun teh, dan juga batang teh.

Perbedaannya dapat diperhatikan dari ukuran dan warna teksturnya. Selain itu, Rendy Handycraft menjadi contoh masyarakat menengah serta ingin mensejahterakan rakyat pedesaan untuk dapat memanfaatkan bahan-bahan yang tidak layak menjadi kerajinan bernilai jual.

Tentunya celengan ala Rendy Handycraft tidak menjadi limbah nantinya. Selain tidak mudah pecah jika dibanting dan tidak mempengaruhi perekat teh pada tekstur jika disiram air. Celengan Rendy Handycraft hanya dapat disayat pada bawah celengan jika ingin mengambil tabungan lalu jika ingin dipergunakan kembali dapat direkatkan kembali dengan lem ataupun perekat lainnya. Rendy Handycraft merubah limbah menjadi barang yang dapat dimanfaatkan seumur hidup.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *