Pilih Jurusan Kuliah Lewat 5 Cara Ini

  • Whatsapp
Tips Memilih Jurusan
Tips Memilih Jurusan

 

Banyak cara yang dilakukan siswa SMA jika ingin menghadapi Ujian Nasional (UN). Ada yang sedang mengikuti bimbingan intensif, ujian try out masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), bahkan yang dulunya malas beribadah, sekarang sangat rajin beribadah.

Read More

Tahun ini adalah tahun dimana siswa SMA mengubah status siswa mereka menjadi status mahasiswa. Bagaimana persiapan kamu untuk menyandang status mahasiswa? Apakah kamu sudah mempunyai target PTN dan jurusan apa yang akan diambil? Pasti pertanyaan ini tidak terdengar asing di telingamu.

Bagi kamu yang persiapannya sudah matang, pertanyaan ini tidak akan sulit untuk dijawab. Tapi sebagian dari kamu, masih ada yang bingung untuk memilih PTN dan jurusan yang akan diambil.

Sebenarnya untuk memilih Perguruan Tinggi Negeri dan jurusan itu tidak terlalu sulit jika kamu tahu tips yang tepat. Untuk memilih PTN, mungkin sebagian dari kita sering berpikir pesimis untuk masuk ke Universitas favorit dunia seperti Harvard University, Cambridge University, MIT, atau University of Tokyo dan bahkan untuk masuk NUS Singapore atau University Malaysia saja pasti sudah putus asa.

Kita hanya sering berusaha untuk masuk ke PTN favorit di Indonesia seperti UI (Universitas Indonesia), ITB (Institut Teknologi Bandung), UGM (Universitas Gajah Mada), USU (Universitas Sumatera Utara) dan PTN lainnya.

Bukan berarti pendidikan di Indoenesia terbilang rendah jika dibandingkan dengan pendidikan yang ada di luar Negeri. Bagi kamu yang ingin masuk kuliah, hati-hati dalam memillih jurusan.  Ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum memilih jurusan, yaitu:

  1. Ketahui minat dan bakatmu, bidang apa yang paling dikuasai dan bidang yang paling membuatmu excited.
  2. Temukan pekerjaan atau profesi impianmu, yang sesuai dengan bakat dan minat yang disenangi.
  3. Memilih sesuai kemampuan akademik, khususnya disaat SMA, hal ini dapat memudahkan kamu pada saat kuliah nanti.
  4. Lihat kemampuan finansial dan cari tahu anggaran yang harus disiapkan untuk jurusan yang dipilih.
  5. Tentukan juga jurusan alternatif, supaya aman bila kamu belum berhasil masuk jurusan yang diimpikan.

Demikian tips untuk pemilihan jurusan, agar nantinya tidak ada penyesalan di akhir. Dalam pemilihan jurusan, harus dpikirkan dengan pikiran yang santai serta penuh dengan referensi, agar kesalahan tak terjadi. Namun, apapun nanti jurusan yang diambil, semoga menjadi yang terbai buat konkawan ya. ***(CM-M05/Maslina Nasution)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *