Perkembangan Teknologi Harus Diiringi Dengan Infrastruktur Yang Baik

  • Whatsapp

Teknologi
Teknologi

Perkembangan teknologi modern ini semakin meningkat. Dari hal terkecil sampai dengan hal terbesar. Bahkan kita sudah merasakan perkembangan tersebut. Berawal dari mesin tik hingga menjadi komputer, laptop hingga netbook sekalipun. Bahkan kita dapat melihat perkembangan teknologi tersebut sudah sampai ke pelosok dunia.

Read More

Jika kilas balik ke belakang, zaman dahulu banyak orang yang mempunyai ide brilian dengan konsep yang sangat baik. Tetapi tidak bisa menciptakannya menjadi lebih nyata karena keterbatasan teknologi tersebut. Hingga pemilik konsep tersebut meninggal, konsep tidak dapat terwujud secara nyata. Nyatanya sekarang, akibat perkembangan teknologi tersebut konsep-konsep yang belum terwujud dapat diwujudkan secara lebih baik.

Dahulunya teknologi sengaja diciptakan atas dasar dorongan agar hidup lebih baik dimana hal tersebut dapat membantu pekerjaan maupun aktifitas sehari-hari. Teknologi yang berkembang sekarang dari berbagai aspek kehidupan, baik yang sederhana hingga mutakhir sekalipun.

Nah, perkembangan teknologi tersebut tentunya tidak terlepas dari peran orang-orang yang turut berkecimpung di dalamnya. Meski demikian akhirnya di Indonesia sendiri orang-orang tersebut belum mampu mengembangkan teknologi sepesat teknologi di negara lain.

Seperti pendapat Arif Ridho Lubis MSc, I.T selaku salah satu dosen tetap di Politeknik Negeri Medan, ia menyatakan bahwa perkembangan teknologi di Indonesia masih dibawah rata-rata dikarenakan infrastrukturnya yang tidak mendukung.

Ia mencontohkan mengenai perkembangan teknologi informasi seperti booming-nya jaringan 4G, tetapi disayangkan perkembangan teknologi jenis ini hanya sebatas berita. Sementara apabila ke wilayah terpencil jaringan 4G justru kembali lagi ke 3G lagi. Padahal jelas menurut Arif semua bidang yang kita hadapi sekarang membutuhkan teknologi yang lebih baik lagi.

Bahkan yang kini tak mengherankan adalah banyak anak muda rela putus dengan pacar dari pada nggak pegang handphone. Itu adalah salah satu contoh perkembangan teknologi informasi yang semakin melekat pada diri anak muda modern ini.

Menurut Arif, jika melirik pada harga, memang benar bahwa teknologi dapat dikatakan mahal. Tetapi andai saja pemerintah tahu bahwa teknologi yang mahal itu dapat memberikan efek yang banyak bagi rakyatnya. Jika berbicara positif maupun negatif, tentu hal itu tidak dapat kita hindari tetapi justru dapat ditangani dengan cara masing-masing.

Masih menurut Arif, dukungan  negara dalam perkembangan teknologi sangatlah dibutuhkan. Karena kenyataannya banyak peraturan yang dibuat Negara, justru membatasi langkah pembuat inovasi baru untuk mengembangkan teknologi yang semakin pesat. Sehingga batasan-batasan tersebut merugikan mereka yang ingin mengembangkan Indonesia menjadi lebih baik.

Sementara itu, Halim Maulana, S.T. selaku salah satu dosen di Yayasan Pendidikan Harapan-Medan mengungkapkan opininya mengenai teknologi yang semaki hari semakin mudah didapatkan, hanya saja terkendala pada infrastrukturnya.

Memang benar, menurut Halim perkembangan teknologi di Indonesia sangat dibutuhkan, hanya saja banyak diantara kita yang tak mampu menyikapinya dengan baik. Contoh kecilnya adalah bahwa teknologi dapat menjauhkan yang dekat serta mendekatkan yang jauh, hal itu bahkan tidak terjadi di Indonesia saja, tetapi juga di negara-negara maju lainnya.

Dalam hal ini kedewasaan harus berperan, menyikapi hal tersebut agar tak membuat keadaan menjadi lebih buruk, batasan-batasan dalam menggunakan teknologi juga dibutuhkan agar manusia tidak terlena dengan ketersedian yang terus berkembang.

Halim berharap kedepannya teknologi dapat berkembang lebih baik dengan diiringi dengan infrastruktur yang baik pula. Anak Indonesia sudah banyak yang kreatif, hanya saja hal tersebut tak dapat dikembangkan dengan baik dikarenakan keterbatasan infrasturuktur. “Semoga lebih baik lagi perkembangan teknologi kedepannya begitu juga pemakaian internet semoga tidak dibatasi,” tutup Halim.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *