Pawai Kendaraan Hias Meriahkan Pembukaan PRSU 2016

  • Whatsapp
Pawai Kendaraan Hias
Pawai Kendaraan Hias

 

Berkaitan dengan diadakannya pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2016 ke 45, acara diawali dengan Pawai Kendaraan Hias yang merupakan utusan dari kabupaten dan kota di Sumatera Utara seperti Kota Medan, Langkat, Deli Serdang, Toba Samosir, Labuhan Batu Selatan, Asahan, Batu Bara, Padang Lawas dan banyak lagi lainnya.

Read More

Pawai dimulai dengan mengayunkan bendera PRSU oleh salah satu panitia. Kemudian disusul dengan pengawalan beberapa pengaman dari kepolisian dan dilanjutkan dengan mobil PRSU lalu mobil hias dari daerah masing-masing.

 

Mobil Hias
Mobil Hias

Mobil Hias Daerah Kabupaten Asahan

 

Beberapa kendaraan yang tersedia pada pawai tersebut dihias sebaik mungkin dengan mempertunjukkan budaya, adat istiadat dan penghasilan dari daerah masing-masing. Pawai dimulai dengan titik awal pertama di area Tapian Daya Medan kemudian mengitari sejumlah titik jalan di Kota Medan yaitu Jalan Iskandar Muda – Jalan S. Parman – Jalan Kapten Maulana – Lapangan Merdeka – Jalan Perdana – Jalan Imam Bonjol – SPBU Sudirman – Jalan Walikota – Jalan Diponegoro –Jalan Zainul Arifin –Jalan S. Parman – Jalan Gatot Subroto –Simpang Sei Sikambing- hingga akhirnya kembali ke arena PRSU.

Seiring berjalannya kendaraan hias tersebut, pawai tersebut juga diiringi oleh alunan musik dan pukulan gendang, salah satunya diisi oleh Kabupaten Deli Serdang. Dalam pawai tersebut, mobil yang sudah dihias sebaik mungkin terlihat sangat unik seperti halnya mobil hias Labuhan Batu Selatan yang dihias menyerupai sampan menyimbolkan daerahnya, di atasnya juga tersedia buah sawit yang bermakna bahwa daerah Labuhan Batu Selatan kaya akan penghasilan buah sawitnya. Begitu pula dengan mobil hias dari Kabupaten Asahan yang dihias dengan ornamen-ornamen kemelayuan berwarna keemasan.

Putra Putri Daerah Berpakaian Adat di Pawai Kendaraan Hias
Putra Putri Daerah Berpakaian Adat

 

Putra Putri Daerah Binjai di Atas Mobil Hias
Putra Putri Daerah Binjai di Atas Mobil Hias

 

Yang tak kalah menarik adalah pada mobil hias tersebut, di sepanjang pawai juga melibatkan beberapa pasang putra-putri daerah masing-masing yang sengaja disulap secantik mungkin dengan pakaian adat, make up maupun sanggul yang bervarasi. Dari hal tersebut tergambarlah suasana yang seolah menggabungkan keanekaragaman dari beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Utara. Pawai tersebut disambut meriah dan berakhir hingga kembali ke area Tapian Daya PRSU Medan. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *