IBX5A49C9BC313D6 Nikmati Sensasi Hijaunya Kebun Bah Butong - Cerita Medan

Nikmati Sensasi Hijaunya Kebun Bah Butong

Kebun Bah Butong
Kebun Bah Butong

 

Bah butong atau biasa disebut kebun teh sidamanik oleh orang banyak berada jauh dari Medan. Tempat ini kurang lebih memakan waktu 5 jam menggunakan mobil atau mini bus. Terletak di Sebuah kecamatan yang berjarak 15 km dari jantung Pematang Siantar, melalui sebuah simpang Sidamanik yang ditandai dengan SPBU disamping kanan jalan. Ini adalah satu-satunya akses jalan menuju sidamanik. Dengan kebun teh seluas 8373 ha di ketinggian 900 mdpl, menjadikan sidamanik sebagai tempat kedua penghasil teh hitam terbesar di Indonesia.

Akses jalan yang buruk dapat menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan dan menjadi rasa unik sendiri saat menuju kebun sidamanik ini. Kesulitan menemukan lokasi yang terhambat jalan memang selalu dialami banyak orang saat pertama kali menuju daerah ini.

Kebun-kebun ini telah ada sejak zaman kolonial Belanda sebelum proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Sidamanik merupakan daerah kerajaan Siantar. Pematangsiantar yang berkedudukan di Pulau Holing dan raja terakhir dari dinasti keturunan marga Damanik yaitu Tuan Sangnawaluh Damanik, yang memegang kekuasan sebagai raja tahun 1906.

Kebun Bah Butong
Risa Badril Moenir

Kebun teh sidamanik ini biasa digunakan untuk refreshing dan mengabadikan momen dengan berfoto bersama siapa saja yang pergi ke sidamanik.

“Sukak naik gunung, traveling, dan apalagi untuk jalan-jalan mengabadikan moment foto, seruuuuuuu,” ungkap Risa Badril Moenir, pengunjung dari Medan.

“Wah, kebun sidamanik ini sangat asri, apalagi saat daun-daun tehnya sedang banyak, kalau sudah dipotong sedikit kurang bagus sih kalau mau foto. Makanya kalau mau kesini, jangan pas waktu mau dipotong biar tampilannya bagus,” ujar Mawaddah Rahmi, juga salah satu pengunjung yang berasal dari Medan.

Kalau di Lembang, Bandung ada kebun teh juga, maka di Pematang Siantar juga memiliki kebun teh yang sama cantik dan hijaunya. Anda tak perlu menguras kocek mahal untuk ke Bandung, hanya perlu sediakan pundi-pundi untuk merental mobil atau menggunakan mini bus saja.

Kalau mau merasakan teh yang dihasilkan oleh kebun teh ini, kalian bisa singgah ke pabrik teh yang berada di sekitar lokasi atau anda bisa berkunjung ke pusat perbelanjaan Pematang Siantar. Anda dapat membeli teh yang sudah dikemas dengan kemasan yang berbeda-beda dengan varian harga. Bisa juga membeli teh hitam yang berasal dari sidamanik itu.

Selain sensasi kebun sidamanik sepanjang jalan, akses jalan bias digunakan untuk pergi ke lokasi wisata lainnya, yaitu air terjun bah biak.

Air terjun bah butong yang hanya dapat diakses sampai pada plakat “Air terjun bah butong” ini sangat indah, setelah selesai mengabadikan momen di hijaunya sidamanik, maka berlanjutlah untuk bermain air dan mengabadikan momen kembali di air terjung bah butong. Anda bisa memarkirkan kendaraan, selanjutnya dilanjutkan dengan berjalan menuruni anak tangga untuk sampai ke air terjunnya. Di sekitar air terjun terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai makanan dan minuman. So, jangan khawatir jika anda tak membawa bekal.

Nah, konkawan Cerita Medan bisa langsung siapkan diri dan budget untuk meluncur ke kebun sidamanik ini bersama keluarga dan sahabat. Tak hanya ke sidamanik, konkawan juga bisa mampir ke air terjun bah butong yang lokasinya berada setelah kebun sidamanik. Happy enjoy guys.***(CM-E02/Amal Hayati)

KOMENTAR

BACA JUGA