IBX5A49C9BC313D6 Nikmati Ombak Di Pantai Lagundri Nias Selatan - Cerita Medan

Nikmati Ombak di Pantai Lagundri Nias Selatan

Pantai Lagundri
Pantai Lagundri / Foto : pemudamaritim.com

 

Banyaknya lokasi wisata Sumatera Utara menjadi hal yang sungguh memikat. Konkawan Cerita Medan mungkin hanya segelintir yang mengetahui Pantai Lagundri yang terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Ternyata daerah ini menyimpan pemandangan yang luar biasa indah dan merupakan hadiah dari sang Pencipta.

Selain airnya yang  jernih, pasirnya yang putih serta sunsetnya yang indah. Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang membuat para perselancar menjadi tertantang untuk menaklukkan ombak Pantai  Lagundri ini. Tinggi ombak di Pantai ini bisa mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan dan daya dorong ombaknya bisa mencapai 200  meter.

Bukan hanya peselancar domestik saja yang datang kemari bahkan peselancar  mancanegara ikut mencicipi kerasnya ombak disana. Bahkan sekarang ini Pantai Lagundri disebut sebagai tempat kedua terbaik berselancar setelah Hawaii. Tidak heran Pantai Lagundri ini sudah masuk ke dalam 10 lokasi Surfing terbaik. Pantai Lagundri sudah beberapa kali menjadi tempat Perlombaan Berselancar baik nasional maupun internasional.

‘Nias Open adalah salah satu kegiatan yang rutin diselenggarakan di Pantai Lagundri ini. Peselancar biasa didominasi dari Australia. Biasanya lomba digelar antara bulan Juni atau Juli setiap tahunnya, karena pada bulan tersebut ombak sedang besar-besarnya.

Jika kamu yang ingin berselancar bisa langsung mencoba, karena penduduk disekitar sana bisa menjadi pelatih konkawan. Mereka akan menjelaskan bagaimana berselancar dengan baik dan aman serta memahami jenis ombak di Pantai itu.

Waktu terbaik berselancar untuk yang masih pemula adalah pagi hari. Karena pada pagi hari ombaknya belum terlalu tinggi sehingga anda tak perlu menggayuh terlalu kuat untuk mendorong badan ke tengah laut.

Jika ingin bermalam di kawasan Pantai Lagundri, konkawan bisa memilih homestay yang berada di sekitar Pantai tersebut. Tarif sewa kamarnya mulai dari Rp.75.000 per malam dengan berbagai fasilitas seperti; kasur, bantal, kamar mandi di dalam, air bersih, listrik, kipas angin, serta kelambu.

Untuk dapat kesana kita bisa melalui jalur penerbangan yang menuju ke Bandara Binaka, Gunung Sitoli. Kemudian dari Bandara bisa melanjutkan langsung ke Pantai Lagundri yang berada di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Dalam menggunakan kendaraan umum, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Jalur dari Gunung Sitoli ke Pantai Lagundri ada dua yaitu yang pertama melewati Lahewa yang terusannya dapat membelah Pulau Nias hingga ke Teluk Dalam. Jalur kedua menyusuri Pantai melewati kota-kota Kecamatan seperti Gido Bawolato, Idanogawo, dan Lahusa.

(Baca Juga : Romance Bay – Pantai Romantis di Sergai Sumatera Utara)

Nah, sangat disayangkan keindahan alam yang seperti ini konkawan lewatkan. Apalagi Pantai Lagundri ini juga sudah diakui oleh mancanegara. Masyarakat Indonesia khususnya Sumatera Utara jangan mau dikalahkan oleh wisatawan mancanegara yang takjub akan keindahan alam disini.***(CM-M04/Fathia Putri).

KOMENTAR

BACA JUGA