Kiddle, Situs Baru Untuk Netizen Muda

  • Whatsapp
Kiddle Search Engine Untuk Anak
Kiddle Search Engine Untuk Anak.

 

Perkembangan teknologi yang sangat pesat terkadang memiliki efek negatif pada sebagian anak. Kebutuhan internet tidak lagi digandrungi oleh orang-orang dewasa melainkan juga anak-anak. Situs-situs yang kurang senonoh memang kini sudah ditutup oleh beberapa perusahaan tekhonologi internet. Baru-baru ini muncul situs baru khusus pengguna anak-anak yang aman yaitu Kiddle.

Read More

Unsur sara yang sering muncul di beberapa situs internet tidak akan muncul di Kiddle. Hasil pencarian Kiddle sendiri akan menyaring situs-situs yang memiliki konten ekslisit atau menipu. Arus digital sekarang semakin tidak bisa dibendung. Orangtua sudah tidak mungkin bisa melarang anak dalam menggunakan internet, karena sekarang internet adalah salah satu yang wajib di konsumsi setiap hari untuk semua orang dan semua kalangan.

Kiddle hadir di dunia digital informatika untuk menjadi solusi racun internet di dunia. Anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu melalui internet kini tidak perlu dikhawatirkan sejak hadirnya Kiddle ini. Dalam cara kerja dan pencarian Kiddle sendiri mirip dengan Google. Walaupun Kiddle mangadaptasi tampilan seperti google, namun baris pencarian konten dewasa tidak akan ada di Kiddle. Pencarian unsur-unsur sara yang sangat tidak layak dikonsumsi oleh anak-anak tidak akan muncul di Kiddle. Kiddle sendiri mengklaim sebagai mesin telusur aman bagi anak yang ingin mengetahui dunia informatika dan media.

Pencarian-pencarian dengan konten buruk akan langsung diblokir oleh robot Kiddle. Kiddle juga memiliki font besar Arial mempermudah anak untuk membaca.

Kiddle memiliki beberapa manfaat dibandingkan Google, yaitu :

  • Terjaganya privasi

Setiap 24 jam sekali Kiddle akan menghapus log di servernya. Kiddle tidak akan membagiakn data pengaksesnya untuk kepentingan advertiser.

  • Tidak ada nada konten negatif untuk anak-anak

Kebutuhan internet untuk masyarakat saat ini akan selalu dipenuh. Namun tidak semua kebutuhan masyarakat seperti internet juga layak untuk anak-anak. ada beberapa konten yang tidak layak dibaca atau dilihat oleh anak-anak. Kiddle akan mem-block  informasi, gambar, video yang memiliki dampak buruk bagi pemkembangan seorang anak.

  • Mempermudah netizen dalam pencariaan di internet yang terpercaya

Beberapa konten dari situs-situs terpercaya dan ditulis dengan bahasa penulisan yang mudah dipahami oleh anak-anak. Tim editor Kiddle langsung mengawasi setiap pencarian yang dilakukan melalui Kiddle.

  • Memperbolehkan user untuk melaporkan situr yang tidak wajar

Kiddle memiliki 2 tim yaitu adalah tim editor Kiddle, mesin Google Safe Search, serta partisipasi para orangtua dan masyarakat umum. Pengguna Kiddle bisa menggunakan laman Keyword blocking atau Site Blocking untuk mem-blokir keyword dan situs berbau negatif yang belum diblok oleh Kiddle

  • Tampilan yang sesuai untuk anak-anak

Karena Kiddle adalah situs yang di peruntukan untuk anak-anak ataupun netizen muda, tampilan pada laman Kiddle juga sangat menarik dan sesuai dengan usernya yang sebagian besar adalah anak-anak. Kiddle memiliki layar thumbnail dan font yang besar.

Ini pastinya menjadi hal yang sangat positif untuk pengguna internet di kalangan anak yang masih di bawah umur. Orangtua tentunya tidak perlu khawatirkan perkembangan anak terutama anak dalam hal tekhologi dan infomasi.***(CM-03/Dela Aria Dahaka)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *