Gejala Penyakit Asam Lambung Yang Harus Diwaspadai

  • Whatsapp

Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung berasa perih dan mual karena terkena luka atau peradangan, akibat pola makan yang tidak teratur.

Read More

Penyakit asam lambung bisa terjadi karena lambung memproduksi asam untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal yang teratur, tak perduli apakah ada makanan ataupun sedang dalam keadaan perut kosong, asam tersebut akan terus mencerna makanan dalam jadwal yang teratur. Bahkan, saat tidur pun lambung tetap saja memproduksi asam.

Itulah alasan mengapa setiap orang harus melakukan pola makan teratur. Sebab penyakit asam lambung bisa terjadi karena adanya penumpukan asam lambung pada dinding lambung yang juga bisa disebabkan karena seseorang melewatkan waktu makan atau makan tidak teratur.

Jika seseorang terbiasa makan siang pukul 12.00 WIB dan kemudian tiba-tiba berhenti melakukannya, maka asam lambung yang sudah terbiasa berproduksi akan bermasalah. Dalam keadaan perut kosong, tubuh akan tetap memproduksi asam yang biasa dipakai untuk mengurai makanan. Sementara itu, produksi asam tanpa makanan di perut dapat membakar lapisan perut, yang juga disebut sebagai maag.

Gejala Penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan yaitu rasa panas di dada, nyeri pada bagian ulu hati, rasa sakit saat menelan. Gejala tambahannya meliputi serangan asam yang frekuen, batuk lama rekfakter dengan pengobatan, suara serak, mual dan muntah, nyeri dada nonkardiak, dan sendawa. kesulitan menelan, asma, dan batuk menahun disebabkan Beredarnya cairan lambung di daerah yang tidak seharusnya.

Penyakit ini sebaiknya jangan dianggap remeh. Sekalipun terlihat sepele, namun penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi yang serius. Dalam jangka panjang, Penyakit asam lambung akan menyebabkan komplikasi di daerah kerongkongan, seperti radang, pendarahan, dan penyempitan serta bisa menimbulkan kanker kerongkongan. Bahkan yang paling parah, komplikasi ini bisa menyebabkan kematian.

Untuk melakukan diagnosis penyakit asam lambung atau GERD, dokter biasanya menanyakan gejala-gejala yang Anda alami. Kemudian dilakukan Penelitian lebih lanjut untuk memastikan diagnosis seperti dilakukan melalui prosedur endoskopi. Endoskopi adalah Sebuah tabung fleksibel panjang dengan lampu dan kamera pada bagian ujungnya. Cara kerja alat ini  adalah Alat akan dimasukkan melalui mulut untuk melihat penyebab naiknya asam lambung dan jika ada luka di dinding esofagus.

Berikut ini adalah beberapa Gejala Penyakit Asam Lambung yaitu :

1. Mual, terasa kembung dan kadang disertai muntah
2. Kehilangan nafsu makan
3. Penderita sering sendawa
4. Pada terasa panas
5. Penurunan berat badan
6. Akan berkeringat tanpa sebab
7. Kesulitan menelan
8. susah tidur
9. Nyeri pada bagian ulu hati

Nah, setelah tahu gejalanya, tentu kita harus waspada agar tidak mudah terkena penyakit asam lambung. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan secara teratur. Demikian informasi tentang Gejala Penyakit Asam Lambung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca! ***(CM-Ist/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *