Galakkan Indonesia Bersih Bersama Medan Diet Kantong Plastik

  • Whatsapp

Diet Kantong Plastik 2016

 

Read More

Lapangan Merdeka dimeriahkan oleh segerombolan mahasiswa dan beberapa  komunitas Medan (19/3). Acara Medan Diet Kantong Plastik 2016 yang diselenggarakan oleh sekelompok mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip USU 2013, dan didukung oleh komunitas Turun Tangan Medan dan Hillo Green Community, dan lainnya.

Acara ini dilaksanakan pukul 06.30 sampai 09.15 WIB ini menarik minat masyarakat umum sekitar. Peserta dan panitia membagikan goodie bag kepada masyarakat umum khususnya yang sedang berolahraga di sekitar Lapangan Merdeka.

Tidak hanya itu, panitia dan peserta Medan Diet Kantong Plastik 2016  juga berorasi tentang dampak buruk penggunaan kantong plastik dengan berkeliling Lapangan Merdeka sambil membawa spanduk secara bersamaan.

 

Diet Kantong Plastik 2016 05

 

Panita Medan Diet Kantong Plastik 2016 juga menyediakan slogan-slogan menarik yang dituliskan di atas kertas karton tebal dan digantung pada leher relawan Medan Diet Kantong Plastik 2016 yang juga merupakan salah satu dari bentuk kampanye.

Di dalam kampanyenya, para peserta Medan Diet Kantong Plastik 2016 berorasi tentang bahayanya kantong plastik. Misalnya bahaya asap kantong plastik yang dikeluarkan sangat berbahaya dan beracun. Mahasiswa peduli lingkungan ini juga mengatakan bahwa rata-rata pemakaian kantong plastik per-orang di Indonesia mencapai hampir 700 kantong /tahun.

Sembari mereka membagikan goodie bag kepada masyarakat umum, mereka juga memberikan edukasi langsung kepada masyarakat bahwa sampah plastik yang terus-menerus menumpuk akan terurai selama 1000 tahun lagi dan membunuh 100 ribu mamalia di laut.

Antusiasme masyarakat juga sangat luar biasa terhadap gerakan anak muda yang peduli lingkungan seperti ini. Salah satu pengunjung bernama Anto Back mengatakan “saya sangat mendukung program-program seperti ini apalagi yang menggalakkan adalah seorang anak muda generasi penerus. Dengan membuat acara seperti ini dan sadar akan lingkungan menurut saya adalah salah satu kecintaan generasi penerus akan Negara Kesatuan Republik Indonesia”

Tidak hanya itu, peserta yang kompak memakai baju berwarna putih ini juga mengadakan Flash Mob yang dipandu oleh beberapa panitia. Keseruan ini juga menjadi salah satu dari acara Medan Diet Kantong  Plastik 2016 dan juga menarik kembali semangat pagi untuk para peserta dan relawan yang ikut dalam kampanye Medan Diet Kantong Plastik 2016.

Masyarakat yang tidak lagi muda juga mendapatkan imbas dari kampanye Medan Diet Kantong  Plastik 2016 ini. Kesadaran mereka untuk peduli lingkungan diketuk kembali melalui kampanye. Tidak sedikit masyarat yang juga ikut dalam berorasi dan ikut memberikan edukasi secara estapet sesama pengunjung Lapangan Merdeka.

Pada kampanye ini, panitia Medan Diet Kantong Plastik 2016 menyedian 150 goodie bag yang dibagikan oleh masyarat, khususnya yang masih terlihat menggunakan kantong plastik. Acara ditutup dengan berfoto bersama dengan semua relawan, peserta dan juga panitia Medan Diet Kantong  Plastik 2016.

Melalui Medan Diet Kantong Plastik 2016, kita menyadari bahwa dampak yang sangat buruk akan terjadi jika masih menggunakan kantong plastik. Mungkin tidak sekarang, namun ada saatnya hal tersebut akan terjadi dan terasa pada generasi-generasi yang belum lahir yang harusnya menjadi generasi penerus bangsa.

Mulai sekarang ayo kita kurangi penggunaan kantong plastik dan menggatinya dengan tas yang mudah terurai. Selamatkan bumi selamatkan diri kita.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *