Damkar, Bergerak Dalam Dua Menit

  • Whatsapp

Pemadam Kebakaran
Mobil Pemadam Kebakaran

Setiap pekerjaan memang memiliki resiko. Salah satunya adalah pemadam kebakaran. Pemadam kebakaran, Branwir, PMK, atau damkar adalah petugas yang dilatih dan bertugas untuk menanggulangi kebakaran. Petugas pemadam kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran, juga dilatih untuk menyelamatkan korban kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, dan lain sebagainya. Di Medan terdapat 4 UPT (Unit Pelayanan Terpadu) pemadam kebakaran. Sementara kantor pusatnya terletak di Jalan Candi Borubudur No. 2 Medan.

Read More

Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran memiliki beberapa pemadam yang cepat dan Fire Fighter juga memiliki driver untuk mobil damkar sendiri. Tidak sedikit Fire Fighter mengalami resiko buruk dalam aksinya memadamkan kebakaran, seperti cedera dan lain sebagainya.

Pemadam Kebakaran
Kantor Dinas Pemadam Kebakaran

Sementara Fire Fighter beraksi, driver selalu menunggu di mobil. Tidak jarang driver yang menunggu di mobil selalu menjadi sasaran amukan masa. Kepanikan warga yang tidak dapat di kontrol terkadang menyebabkan driver terluka.

Sebenarnya bukan mereka yang memperlambat perjalanan menuju lokasi namun banyak kendala yang mungkin keluarga korban mengamuk. Seperti diperlambatnya jalan oleh beberapa pengendara yang tidak mau memberikan jalan kepada mobil pemadam menjadi salah satu alasannya.

Melalui Putra Ramadhan Kepala Bidang Pengendali Operasi Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran mengatakan bahwa ia memastikan 2 menit setelah menerima panggilan, mobil pemadam pasti keluar dari kantor. Jika mengalami keterlambatan tiba di lokasi kejadian lebih baik saling mengintropeksi diri. Bagaimana memperlakukan mobil damkar dijalan ataupun kecepatan menelpon damkar.

Dapat diperkirakan kebakaran terjadi di Medan dalam 2 Hari sekali. Bahkan memungkinkan, dalam satu hari ada 1-3 kali kejadian kebakaran. Biasanya kejadian 80% disebabkan oleh arus pendek. Dalam kejadian 1 rumah yang kebakar, Damkar mengarahkan 3-5 mobil pemadam. Dan dalam satu kejadian kebakaran dibutuhkan waktu  minimal 10 menit dalam memadamkan api.

Ada 4 UPT yang menyebar di beberapa lokasi di Medan yaitu 2 UPT Amplas, 1 UPT KIM dan 1 UPT Belawan. Kantor Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran, dulunya terletak di Jalan Listrik pada 1976 dan berpindah lokasi di kantor yang sekarang berdiri di Tahun 1983. Kepala Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran yang sekarang menjabat adalah Dr. Marihot Tampubolan telah mendapat pernghargaan di Semarang pada acara Anniversary 97 tahun di Kota yang sama.

Pemadam Kebakaran
Deretan Mobil Pemadam Kebakaran

Pemadam kebakaran juga memiliki motto ‘Pantang pulang sebelum padam’ Fire Fighter ataupun driver menegaskan dalam dirinya bahwa “Saya tidak memiliki ambisi didunia ini, kecuali satu menjadi pemadam kebakaran. Sebuah tugas yang mungkin dimata semua orang tidaklah penting. Tetapi bagi kami yang mengetahui pekerjaan pemadam kebakaran, haruslah meyakini bahwa menjadi pemadam kebakaran adalah salah satu tugas mulia. Saat yang membanggakan bagi kami adalah ketika dapat menyelamatkan jiwa manusia,” jelas Putra.

Melalui slogan tersebut dan cerita dari para Fire Fighter dan driver, ada rasa lega ketika mereka sampai tepat waktu dan membantu korban. Membantu korban yang masih bernyawa ataupun sudah tidak bernyawa lagi adalah kewajiban bagi mereka.

Namun, mereka juga memiliki harapan besar kepada masyarakat untuk memberikan kepeduliannya kepada mobil pemadam yang sedang laju dengan sirinenya. Sama seperti korban yang mengalami kebakaran, bagi mereka 1 menit di jalan terasa seperti 1 jam serta mereda kepanikan saat kejadian dan tidak melampiaskan kepanikan kepada pemadam kebakaran dengan kontak fisik.

Warta Saragih sebagai Fire Fighter termuda dan Fariz Hasibuan sebagai driver mengatakan. Bahwa jangan pernah berlari kedalam kamar mandi ketika terjadi kebakaran. Mengapa? Kamar mandi merupakan tempat yang sempit, jika berlari kekamar mandi maka asap yang menggumpal akan membuat sesak. Jangankan air di kamar mandi, dinding saja nyaris tidak dapat disentuh karena panas. Mereka juga mengatakan jika berlari menghindari api, pastikan basahi tubuh dengan air yang belum mendidih ataupun selimut agar tubuh tidak langsung di jilat oleh api.

Mereka juga mengatakan jika berada didalam lokasi kebakaran pastikan keluar ruangan dengan tiarap ataupun jongkok. Mengapa? Karena oksigen berada di bawah sementara asap akan selalu berada di atas pinggang. Selain membuat sesak nafas jika berdiri, jarak pandang juga akan terganggu oleh asap.
Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu menyimpan nomor damkar. Terkadang kejadian yang tidak terduga-duga akan terjadi dengan siapapun dan kapanpun.

Pemadam Kebakaran
Nomor Telepon Pemadam Kebakaran

Walaupun bukan kita yang mengalaminya, setidaknya jika kita meilihat ada kejadian kebakaran, pastikan langsung menghubungi damkar. Simpan nomor Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran di ponsel mulai dari sekarang. Jangan salahkan Dinas Pencegahan Pemadam Kebakaran jika kalian telat menelepon. Untuk nomor kontak di Indonesia hubungi 113, dan untuk Medan hubungi (061)4515356. ***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *