CartaRina Manfaatkan Seni Scrapbook jadi Usaha

  • Whatsapp
CartaRina Karya Seni Membuat Handmade Scrapbook.
CartaRina Karya Seni Membuat Handmade Scrapbook.

 

Dalam buku “Manuscript Gleanings and Literary Scrap Book” karya John Poole yang terbit tahun 1826 berisi koleksi ukiran dan puisi menyebutkan cara-cara mencari, mengumpulkan dan mengatur scrap (potongan kertas cetakan dengan disain hiasan).

Seni scrapbook terus hidup dan menarik minat banyak orang karena difokuskan pada kenangan yang indah dalam hidup seseorang atau orang yang dicintainya. Peristiwa yang indah seperti pernikahan, kelahiran bayi, atau wisuda anak adalah momen yang layak untuk diabadikan dalam scrapbook.

Seni scrapbook adalah seni mendekorasi foto, bahan cetakan dan memorabilia dalam sebuah album dekorasi yang disebut scrapbook. Scrapbooker adalah sebutan yang biasa ditujukan kepada orang yang hobinya membuat scrapbook.

Media yang paling penting dalam seni scrapbook adalah albumnya sendiri. Sekarang sudah banyak dijual album scrapbook dengan berbagai ukuran. Ada album yang sudah dijilid secara permanen, ada pula album yang halamannya dapat dipasang dan dilepaskan.

Scrapbook Karya CartaRina
Scrapbook Karya CartaRina

 

Banyak album scrapbook yang dijual sekarang sudah diberi plastik transparan sebagai pelindung. Bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk membuat scrapbook terdiri dari kertas background, perekat foto, gunting, pemotong kertas, pena kaligrafi, dan lem.

Untuk desain yang lebih kompleks mungkin memerlukan alat-alat khusus seperti template, stempel karet, gunting craft, pelubang kertas, embossing tool, stencil, tinta warna, dan mesin potong kertas. Berbagai aksesorisjuga digunakan untuk mendekorasi halaman scrapbook seperti stiker, stempel, elemen bentuk, elemen huruf, pita, renda, kawat dan lain sebagainya sesuai kebutuhan dan kesukaan scrapbooker.

Hal penting yang selalu diperhatikan oleh para scrapbooker mania adalah bahan-bahan tersebut haruslah mempunyai kualitas yang tinggi supaya scrapbook yang dihasilkan tahan lama.

Hal ini dimanfaatkan oleh CartaRina untuk membuat handmade scrapbook. Usaha yang dimulai pada pertengahan tahun 2013 ini ternyata mendapatkan apresiasi, terlihat dari banyaknya permintaan custom untuk pembuatan scrapbook ini. Pemiliknya bernama Carina Agustin Meliala.

Dalam pembuatannya, Rina menggunakan kertas yang diimpor dari Eropa dan Amerika, kertas khusus yang memiliki ketabalan dan teksturnya berbeda dari kertas umumnya, ini dimaksudkan agar hasilnya tidak akan mudah memudar hingga 10 tahun mendatang. Indonesia sendiri belum memiliki produsen kertas yang seperti itu.

Scrapbook yang hanya Rina seorang yang mengerjakannya ternyata sudah mendapatkan banyak konsumen tetap yang berujung kepada ingin membuat seperti yang dilakukan Rina juga. Awalnya Rina membuka usaha ini diakrenakan hobinyan yang suka membuat kertas menajdi hal yang unik dan menghasilkan serta memiliki kreatif yang luarbiasa. Dengan berpedoman pada hobi, ia mencoba membuat sebuah album dari scrapbook, ia menunjukkannya kepada kerabat hingga akhirnya ia mendapat dukungan penuh untuk membuka sebuah outlet scrapbook.

Sejauh ini, ia hanya memiliki 1 karyawan di outletnya, dan karyawan tersebut tidak membuat scrapbook. Karena yang membuatnya hanyalah Rina sendiri, outlet yang berada di Jalan Jamin Ginting No. 399 Padang Bulan, Medan ini ternyata sering mengadakan workshop dan pelatihan membuat scrapbook.

Usaha yang beromset jutaan rupiah tiap bulannya ini juga ternyata tengah membuka stand di Hall A PRSU yang dibuka pada pukul 15.00-21.00 WIB setiap hari senin hingga sabtu dan pukul 10.00-22.00 WIB pada hari minggu, stand yang di PRSU hanya dibuka hingga hari minggu depan saja. Untuk outletnya sendiri, ia buka mulai pukul 10.00-18.00 WIB pada senin hingga sabtu, dan 11.00-18.00 WIB pada hari minggu.

Karya seni yang dibuat Rina tak hanya berbentuk scrapbook yang dilebur menajdi bingkai, layout maupun album foto buku, melainkan ia juga membuat karya seni decoupage. Decoupage adalah seni dekoratif memotong dan menempelkan kertas, lalu mempermanis bagian permukaan suatu benda tersebut dengan melukisnya.  merupakan istilah Prancis. Kata dasarnya decouper, yang berarti memotong.

Hasil Karya Dari CartaRina
Hasil Karya Dari CartaRina

Seni ini lebih sering dilakukan oleh Ibunya Rina, karena sejatinya hal ini lebih disenangi para ibu. “hal ini lebih kepada menjadikan barang lama tampak baru lagi” ujar Rina sambil menunjukkan hasilnya kepada Cerita Medan.

Tak hanya membuat pelatihan scrapbook di outlet, ia juga mengadakan pelatihan untuk decoupage setiap harinya yang dipimpin oleh Ibunya Rina, agar para ibu bisa mengkreasikan barang-barang lama yang ada dirumah menjadi lebih menarik lagi dan tampak seperti baru.

Untuk harga dari seni-seni handmade ini Rina memang membandrolnya tidak murah, karena sesuai dengan kertasnya, ukuran dan custom dari konsumen. Untuk album foto yang dibukukan dibandrol dengan harga Rp.200.000-340.000,- tak ada harga dari setiap seni kurang dari ratusan ribu rupiah.

“Untuk membuat ini semua bisa menghabisakan waktu paling lama 4 jam, jika tak ada ide yang dipikiran.” Ide sangat dbutuhkan dalam membuat hal ini karena tanpa ide tidak akan ada hasil dari pembuatanya.

Bagi konkawan yang ingin memesannya bisa dilihat di Fanpage : CartaRina Art & Craft, Facebook: CartaRina Scrap, Instagram: @cartarinascrap dan Line : CartaRina.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *