Cara Tepat Kelola Keuangan di Awal Bulan

  • Whatsapp
Mengelola Keuangan
Cara Tepat Mengelola Keuangan

 

Pemahaman akan pentingnya mengelola keuangan memang harus sudah ditanamkan sejak dini karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap prioritas dalam menggunakan uang. Para remaja khususnya, mengelola uang tidak bisa berlangsung begitu saja sebab pada usia remaja banyak orang yang cenderung mengeluarkan uang begitu saja, membeli apa yang mereka inginkan, yang paling penting adalah bagaimana membuat diri selalu bahagia.

Read More

Sebenarnya, akan lebih menyenangkan jika kamu mampu menggunakan uang sesuai kebutuhanmu tanpa membeli barang-barang yang tidak begitu penting apalagi jika itu dilakukan pada awal bulan, bisa jadi kamu sudah bokek pada minggu berikutnya. Nah, konkawan Cerita Medan harus tahu bagaimana mengelola keuangan di awal bulan, berikut tips-nya :

1. Skala Prioritas
Penting tidak pentingnya sebuah barang tergantung bagaimana kamu mempersepsikan barang tersebut. Ayo mulai dari sekarang urutkan prioritas barang-barang yang ingin kamu beli, tentunya dari yang paling penting ya. Nah, untuk menguji penting tidak pentingnya sebuah barang, kamu dapat memikirkannya kembali dengan cara membayangkan apakah barang tersebut sangat bermanfaat untukmu atau tidak.

Apakah yang akan terjadi jika kamu tidak membelinya dan apakah barang tersebut bisa kamu pakai dalam jangka panjang. Jika tidak, bagaimana kalau kamu menyewa saja? Begitu seterusnya. Jadi, dengan cara tersebut kamu tidak akan sembarangan lagi membeli barang-barang tertentu.

2. List Barang yang Akan Dibeli
Setelah menyelesaikan poin skala prioritas, sebaiknya pikirkan mengenai penting atau tidak barang yang akan dibeli. Kamu dapat membuat daftarnya terlebih dahulu, sediakan poin-poin barang yang menjadi kebutuhanmu. Lalu coret hal-hal yang tidak begitu penting untuk meminimalisir pengeluaran yang terlalu banyak.
3. Bayar Tagihan Terlebih Dahulu
Agar tidak repot dengan tunggakan yang terus meningkat serta denda administratif yang harus kamu bayar sebaiknya dahulukan membayar tagihan, seperti misalnya tagihan air, listik, uang kos maupun internet. Mengapa harus didahulukan? Karena kamu harus membayarnya sebelum uangmu habis untuk membeli keperluan lainnya.

4. Mulailah Menabung
Bagi kamu yang tak pernah membudayakan kegiatan menabung, yuk dari sekarang mulailah menabung. Jika satu hari saja kamu dapat menyisihkan uangmu Rp 20.000 makan dalam satu bulan kamu sudah mendapatkan Rp 600.000,. Kemungkinan uang tersebut tentu bisa menutupi tagihanmu di awal bulan berikutnya bukan? Sebagai solusi pemilihan tempat menabung, kamu bisa menggunakan celengan. Pemilihan celengan tersebut sebaiknya menggunakan celengan yang terbuat dari tanah liat/batu sehingga apabila ingin memecahkannya kamu dapat berpikir-pikir lagi. Atau bank juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menabung.

5. Sediakan Dua Rekening Tabungan
Menabung di bank memang bisa menjadi solusi menyimpan uang, hanya saja ketersediaan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) modern ini membuat penggunanya dapat dengan mudah mengambil uang kapan pun diinginkan. Sehingga seberapa pun uang yang kamu tabung justru akan terkuras habis jika kamu masih dengan sesuka hati memakai ATM.

Nah, sebaiknya kamu menyediakan rekening yang berbeda dimana uang yang di dalamnya tidak bisa kamu gunakan sesuka hati. Untuk memudahkan sebaiknya hindari penggunaan ATM untuk rekening yang satu lagi.

Nah, mulai dari sekarang, yuk kelola uang dengan baik mulai dari awal bulan, sebelum uangmu kehabisan, maka gunakan seperlunya saja. Dan jangan lupa budayakan menabung sejak dini. Siapa tahu kamu dapat membeli barang impianmu kelak jika tabungan tersebut sudah penuh. Jangan lupa ajak temanmu juga ya.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *