Bunkasai USU Hadirkan Sensasi Berada Di Jepang

  • Whatsapp
Lomba J-Style Bunkasai USU
Lomba J-Style Bunkasai USU

 

Festival kebudayaan Jepang atau biasa disebut Bunkasai telah menjadi kegiatan wajib bagi Departemen Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU) sejak tahun 2008. Acara ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali, bekerjasama antara USU dengan beberapa perusahaan di Kota Medan seperti Konsulat Jendral Jepang, Medan Japan Club maupun persatuan keturunan warga Jepang di Indonesia dan banyak lagi lainnya.

Read More

Pada tahun ini Bunkasai 2016 dilaksanakan di sekitar FIB dan dimulai dari tanggal 17 – 19 Maret mendatang. Mengusung tema HARU (Heiwa, Aijo, Ganbaru) yang berarti kedamaian, cinta dan semangat, acara ini ditujukan untuk menyatukan semangat memekarkan budaya dalam mewujudkan budaya.Selama tiga hari ke depan, serangkaian acara Bunkasai dimulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

 

Suasana Kemeriahan Bunkasai 2016
Suasana Kemeriahan Bunkasai 2016

 

Setelah sukses menyelenggarakan acara yang serupa pada tahun lalu dengan jumlah pengunjung 25.000 orang, kali ini Bunkasai kembali berinovasi dengan acara-acara yang lebih seru lainnya seperti Japan Culture Performance (Parade Omikoshi dan Bon Odori, Bunkasai Café, Seminar Ke-Jepangan, Budosai, Obake Yashiki, Foto Yukata, Fun Games, Pemutaran Film, Mochitsuki, Yosakoi, Taiko), Japan Culture Workshop (Workshop Origami, Workshop Ikebana, Demo Sushi, Workshop Tamiya, Workshop Gundam,Workshop Cosplay) Japan Culture Competition (Lomba Shodo, Kuis Taikai, Lomba Manga, Lomba Karaoke, Lomba Cosplay, Lomba J-Style, Lomba Seiyuu, Lomba Fotografi), Stage Performance dan puluhan bazar yang tak kalah menarik.

 

Bazar Ice Tanoshi di Bunkasai
Bazar Ice Tanoshi di Bunkasai

 

Pengunjung Bunkasai 2016
Pengunjung Bunkasai 2016

 

Tanpa membayar tiket untuk memasuki arena acara Bunkasai, banyak pengunjung yang berlomba-lomba untuk berhadir pada acara tersebut. Panitia Bunkasai 2016 menargetkan 30.000 orang pengunjung pada tahun ini dimana harapannya bisa mendatangkan pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, karyawan, pegawai, komunitas, organisasi, lembaga maupun instansi.

Semarak acara yang membuat lebih menarik adalah banyaknya cosplay dengan karakter tertentu yang bertebaran di arena acara dan seluruh peserta boleh berfoto bersama tanpa membayar sepeser pun. Ada pula peserta yang dengan sengaja memakai pakaian ala Jepang dengan rambut yang terurai panjang serta berwarna-warni, baju yang full colour dan kembang dan make up khas Jepang untuk mengikuti perlombaan J-Style. Pesertanya sendiri terdiri dari pelajar dan mahasiswa di Kota Medan.

 

Bunkasai USU

 

“Jadi J-Style itu penampilan dengan gaya ala Jepang, pesertanya boleh dari umum dan kebanyakan pelajar dan mahasiswa sih,” ungkap Ivan yang merupakan sekretaris pada acara tersebut.

Seluruh pengunjung yang datang, seketika dapat merasakan sensasi seolah-olah sedang berada di Jepang dengan waktu hingga tiga hari mendatang. Beragam acara yang menarik lainnya pun cukup menguji adrenalin seperti halnya Obake Yashiki (Rumah Hantu) yang tersedia di arena belakang acara. Bagi yang memiliki keberanian lebih, sepertinya boleh mencoba.

Dan tak kalah menarik, bagi pengunjung yang ingin mengetahui mengenai pendidikan di Jepang juga ada konsultasi karena berbagai instansi dengan program beasiswa dan pendidikan lainnya pun berhadir pada acara tersebut. Sehingga bagi pengunjung yang ingin melanjutkan studi ke Negeri Sakura, hal ini menjadi kesempatan baik untuk berdiskusi.

Jangan lewatkan pula, bagi seluruh peserta yang mengikuti perlombaan pengumuman lomba akan diadakan pada puncak acara di hari Sabtu. Keseluruhan acara tentang budaya di Jepang akan pengunjung dapatkan disini. Ayo ajak teman dan kerabatmu untuk menikmati sensasi festival kebudayaan Jepang terbesar di Sumatera Utara. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *