Bahaya Tidur Pagi Bagi Wanita Hamil

  • Whatsapp
Wanita Hamil
Wanita Hamil

 

Tidur memang merupakan aktivitas yang menyehatkan bagi tubuh manusia. Seperti halnya makan, tidur pun menjadi kebutuhan vital bagi manusia. Tidur dibutuhkan tubuh manusia untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga kesehatan. Sebab saat seseorang tidur, tubuh akan melakukan proses penggantian sel-sel yang tubuh rusak dengan yang baru dan memulihkan kondisi tubuh, serta menetralisir racun yang masuk ke tubuh manusia selama manusia beraktivitas sebelum tidur.

Read More

Tidur yang cukup adalah 7 sampai 8 jam sehari. Namun sebenarnya, berapa lama seseorang harus tidur itu sangat bervariasi, tergantung usia, kadar kesibukan, kondisi kesehatan, dan gaya hidup. Namun secara umum, dikatakan bahwa tidur yang cukup adalah 7 sampai 8 jam sehari. Bila jam tidur seseorang lebih atau kurang dari 7 atau 8 jam tidur, maka hal tersebut dapat merusak kesehatan orang tersebut.

Selain kelebihan tidur, tidur pagi pun dikatakan dapat merusak kesehatan seseorang, terutama bagi ibu hamil. Nah, berikut adalah Bahaya Tidur Pagi Bagi Wanita Hamil:

1. Membuat tubuh menjadi lemah dan mudah sakit
Tidur pagi berpengaruh terhadap kondisi badan yang menjadi tidak segar dan tidak fit saat terbangun. Tidur di waktu pagi bisa mengakibatkan kondisi fisik ibu hamil makin melemah dan mudah sakit.

2. Membuat sakit kepala
Bagi ibu hamil yang rentan terkena sakit kepala, tidur pagi hari bisa menyebabkan sakit kepala yang berkelanjutan. Hal ini menurut peneliti disebabkan oleh efek terlalu banyak tidur pada serotonin. Orang yang tidur terlalu lama di siang hari, sehingga tidak bisa tidur di malam hari juga bisa menderita sakit kepala di pagi harinya. Jika berlangsung dalam waktu lama atau sering tidur pagi, dapat menyebabkan sakit kepala parah.

3. Membuat ibu hamil kehilangan waktu produktifnya
Para ahli menganggap pagi hari adalah waktu paling produktif karena pikiran manusia masih segar. Jika ibu hamil tidur di pagi hari, maka akhirnya akan kehilangan banyak waktu produktif dalam sehari.

4. Membuat sulit berkonsentrasi
Tidur pagi hari membuat ibu hamil sulit berkonsentrasi dalam waktu lama. Hal ini mungkin dipengaruhi karena tubuh yang tidak fit, sehingga pikiran pun menjadi tidak fokus.

5. Menyebabkan obesitas
Tidur pagi dapat menyebabkan penimbunan lemak, hingga bisa membuat berat badan bertambah secara tidak sehat. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur sebanyak sembilan sampai 10 jam setiap malam memiliki risiko obesitas 21 persen lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam. Selain itu, ibu hamil akan cepat merasa lapar, menjadi tidak berenergi, dan cepat mengantuk di siang hari.

6. Menyebabkan Diabetes
Tidur di pagi hari akan menyebabkan metabolisme tubuh menurun, sehingga akan berpengaruh pada proses kinerja tubuh seseorang, salah satunya adalah masalah kadar gula dalam darah.

7. Menyebabkan penyakit Jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Nurses Health Study pada 72.000 wanita menunjukkan bahwa wanita yang tidur terlalu lama, yaitu sembilan sampai 11 jam setiap malam hingga pagi, memiliki risiko terkena penyakit jantung 38 persen lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidur selama delapan jam.***(CM-Ist/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *