Asah Daya Ingat Dengan 6 Cara Ini

  • Whatsapp

Daya Ingat

Menjadi pelupa adalah hal yang biasa bagi setiap orang yang mulai berumur. Fase remaja akhir hingga menuju fase dewasa awal adalah masa dimana seseorang akan semakin banyak menjumpai hal baru dan tak jarang bisa melupakan hal yang lama.

Contoh yang paling sederhana adalah melupakan letak barang-barang yang urgent, seperti lupa meletakkan dimana kunci sepeda motor, atau kacamata yang biasanya dipakai. Tak jarang setiap orang membutuhkan teman yang bisa mengingatkan dan membantu mencari barang yang lupa tempatnya.

Tak hanya barang, mereka juga terbiasa melupakan janji dan waktu. Menjadi pelupa sebenarnya adalah hal yang memalukan, karena sebenarnya lupa adalah penyakit yang butuh dicegah, atau sekadar mengurangi batas lupa tersebut.

Sebagian orang akan merasa risih jika disapa dengan panggilan ‘pikun’. Tentu tak ada seorangpun yang menginginkan dirinya memiliki sifat pelupa. Selain penyakit, lupa juga menjadi bahan cemoohan orang banyak yang memalukan. Berusaha untuk merubah sifat ini sejak dini. Sebenarnya hal mudah ini bisa dilakukan siapapun dan dari bebagai macam umur. Tapi untuk pencegahan yang dilakukan sejak dini, akan lebih mudah dan cepat mengurangi penyakit lupa.

Berikut ini adalah enam strategi untuk mempertajam daya ingat dan dipastikan cemoohan pelupa terhadap anda akan hilang, yaitu:

1. Olahraga secara teratur
Para dokter dan pakar kesehatan mengatakan bahwa olahraga dapat melancarkan dan memperbaiki sirkulasi darah ke otak. Hal ini akan memberi pengaruh positif pada otak. Otak dapat bekerja lebih segar sehingga akan memudahkan Anda untuk mengingat segala sesuatu yang akan dan sudah Anda lakukan.

2. Jangan terjebak oleh rutinitas
Carilah dan lakukan hal-hal baru. Tinggalkan rutinitas yang menjemukan dan membuat otak anda jenuh. Sedangkan pengalaman dan hal-hal baru akan menyegarkan pikiran anda. Ini juga dapat menghindarkan anda dari penyakit lupa. Bahkan ahli medis mengklaim bahwa pengalaman baru dapat mencegah penyakit alzheimer.

3. Jangan panik
Saat Anda dilanda stres akibat pekerjaan yang menumpuk atau deadline yang mendesak,  maupun dalam keadaan yang membingungkan, cobalah untuk jangan panik. Atasi kepanikan Anda dengan bersikap tenang, hirup nafas dalam-dalam dan katakan pada diri sendiri ‘Don’t worry be happy’. Sikap yang tenang mempengaruhi daya kerja otak Anda.

4. Hiduplah secara teratur dan terencana
Kondisi ini akan membuat Anda mengingat sesuatu dengan mudah. Misalnya Anda terbiasa berangkat ke kantor jam 7 pagi, Anda selalu meletakkan kunci mobil di tempat yang sama setiap hari agar memudahkan anda mencari kunci dan hidup menjadi rapi dan terencana..
5. Lakukan visualisasi
Lakukan visualisasi yang berhubungan dengan sesuatu yang anda ingat. Misalnya ketika anda mengingat seminar yang akan diselenggarakan besok, bayangkanlah suasana seminar dengan jumlah peserta sekian dan siapa saja pembicara yang hadir dalam seminar itu.
6. Biasakan mencatat
Biasakan mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan janji. Tempelkan catatan tersebut di meja kerja anda atau di cermin rumah anda. Ini merupakan cara yang paling efektif agar anda tidak lupa dengan semua janji yang telah dibuat.

Nah, konkawan Cerita Medan, ada satu hal lagi yang cukup penting agar daya ingat senantiasa fresh adalah selalu berpikir positif. Jangan bebani pikiran anda dengan hal-hal negatif tentang kondisi hidup atau lingkungan serta orang lain. So anda akan terhindar dari penyakit lupa sejak dini.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *