Android Developer Medan, Kembangkan Developer Lokal Melalui Pelatihan Gratis

  • Whatsapp
DiLo Medan Gelar Android Developer Medan
DiLo Medan Gelar Android Developer Medan

 

Digital Lounge (DILO) yang terletak di Jalan Mangonsidi No.6 Medan kali ini mengadakan workshop tentang Layout Android bersama komunitas Android Developer Medan, Rabu(30/3). Kurikulum yang dipelajari pada workshop tersebut mengenai  XML sintaks atau layout dari aplikasi android tersebut. Judul yang diangkat pun tentang Child & Parent Layout. Acara dengan tema Desain Layout Android membuka konsep teori sekaligus praktek.

Read More

Para peserta yang ikut dalam pelatihan yang dipimpin oleh Muhammad Iqbal ini diwajibkan membawa laptop pribadi agar praktek langsung agar teori yang disampaikan bisa dapat direalisasikan. Minggu ini adalah minggu kedua Android Developer Medan mengadakan pelatihan ini. Acara ini akan menjadi agenda mingguan untuk menarik para programmer dan developer Kota Medan untuk kumpul, sharing dan belajar langsung.

Menginstal android yang pertama di lakukan adalah mendownload JDK (Java Development Kit) kemudian mendownload IDE (Integrated Development Environment). Mereka memakai IDE yaitu Android Studio. Untuk versi Android yang akan digunakan mereka lebih menyarankan menggunakan Android versi Ice Cream Sandwich atau KitKat.

Kemudian folder-folder yang ada di aplikasi berisikan android studio seperti :

  1. Manifest yang berisikan izin-izin apa saja yang user butuhkan.
  2. Java yang berisikan file java dan gambar.
  3. layout : tampilan untuk melakukan atau mengetikkan coding.

Tab Design memiliki beberapa layout seperti :

  1. Text View
  2. Image View
  3. Button

Sementara  layout memiliki 2 jenis yaitu :

  1. Linear Layout
  2. Relative Layout

Pada linear layout memiliki vertical view dan horizontal view. Didalam linear dan relative layout-lah judul dalam acara ini akan ditemukan. Peserta sedikit demi sedikit diarahkan apa sangkut paut dari Child & Parent Layout dengan jenis-jenis layout yang sudah dijelaskan diatas.

Manfaat Materi dari XML Sintaks ini untuk para peserta:

  1. Untuk mengenal coding-coding sintaks XML
  2. Untuk bisa mendesain aplikasi android yang ingin di buat seperti cara mengubah background, ukuran teks, ukuran gambar serta tampilan layout itu sendiri.
Android Developer Medan di DILo Medan
Android Developer Medan di DILo Medan

 

Muhammad Iqbal mengatakan pelatihan ini dilakukan untuk focus terhadap mobile developer dimana teori-teori tentang itu masih terlalu sedikit dan jarang sekali orang membagi ilmu mengenai itu. Untuk itulah diadakan acara ini. Muhammad Iqbal juga merupakan Programmer di salah satu perusahaan yang bernama Bintang Web.

Acara yang penuh dengan edukasi ini sama sekali tidak dipungut biaya. Para pesertanya juga dari berbagai kalangan dan usia. Minat orang terhadap perkembangan teknologi juga menjadi salah satu alasan utamanya. DiLo yang juga bekerja sama dengan Android Developer Medan akan menggerek programmer muda untuk menghasilkan karya digital melalui perkembangan tekhnologi.

Selain itu, di Kota Medan sendiri belum ada wadah untuk membuat dan menghasilkan developer baru. Program ini adalah awal dari misi Android Developer Medan berserta DiLo. Disana para peserta juga akan diberikan kurikulum dasar. Mahir atau tidak semua peserta akan  diajarkan mulai dari dasar setiap minggunya agar pengetahuan tentang materi yang disampai sama rata.

Untuk bergabung dengan pelatihan developer ini, peserta hanya melakukan regristrasi di grup akun Facebook dari DiLo Medan ataupun Android Developer Medan. Tidak ada kapasitas ataupun batasan bagi peserta yang ingin membagi ataupun memperoleh ilmu tentang Developer taupun Programmer. ***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *