7 Cara Jaga Kesehatan Mata

  • Whatsapp
Kesehatan Mata
Menjaga Kesehatan Mata

 

Mata yang biasa anda gunakan untuk melihat orang adalah organ yang sangat penting pada tubuh kita. Zaman modern yang dipenuhi dengan teknologi, sangat merusak mata. Layar gadget yang anda gunakan sangat berpotensi membuat mata anda jenuh atau bahkan bisa mengalami iritasi.

Read More

Mata juga memiliki daya sensitivisime dan rawan terkena penyakit. Debu juga termasuk hal yang menjadi penyebab perusak mata. Padahal sebenarnya dengan mata, kita dapat melihat keindahan dunia ini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan mata. Kita harus senantiasa menjaga kesehatan mata kita agar terhindar dari berbagai penyakit mata.

Penyakit miopi atau biasa dikenal dengan rabun dekat yang sering terserang biasanya juga diakibatkan oleh mata yang kelelahan akibat terlalu sering membaca buku, maupun menatap televise terlalu dekat.

Tak hanya miopi, penyakit mata yang sudah tak asing lagi lainnya adalah presbiopi atau tidak dapat melihat benda yang jauh maupun dekat, katarak, buta warna yang tidak dapat melihat berbagai macam warna dan lain sebagainya.

Pada dasarnya ada penyakit mata yang disebabkan karena gen. Riwayat keluarga dapat menjadi dampak berkesinambungan dan menjadi faktor seseorang memiliki penyakit mata. Hal tersebut bisa juga dihindari. Sebenarnya ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan dapat terhindar dari penyakit mata. Yaitu dengan melakukan bermacam cara, seperti:

1. Menjaga jarak pandang
Jaga jarak pandang ketika sedang berada dilayar laptop/komputer, televisi maupun gadget. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100 cm. Seperti juga halnya ketika sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitar 30 cm. hal ini dapat dilakukan agar dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat.
2. Hindari kebiasaan mengucek mata
Mata anda sering gatal? Sebaiknya hilangkan kebiasaan mengucek mata karena ada sesuatu yang mengganjal di mata anda, seperti ada debu atau hal lainnya. Ketika tangan Anda kotor setelah memegang suatu benda kotor, hal ini dapat menginfeksi organ mata anda. Ini berdampak sangat buruk untuk kesehatan mata. Karena dapat menyebabkan iritasi ringan dan mata anda akan memerah sewaktu-waktu.

3. Istirahatkan mata
Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku atau berada di depan layar laptop/komputer, televisi maupun gadget. Jika anda terlalu lama, anda akan merasakan sakit pada mata. Mata juga perlu diisitirahatkan selama beberapa menit. Istirahatkan dan rasakan kenikmatan dan kesegaran mata.
4. Makan makanan yang mengandung vitamin A
Rajinlah untuk mengonsumsi makanan seperti wortel yang mengandung vitamin A. Hal, ini dikarenakan selain mengandung vitamin A, wortel juga memiliki beta karotin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata anda.

5. Pakai pelindung mata
Cobalah untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga untuk menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu.
6. Periksa mata
Kedokterlah dan rajinlah untuk melakukan pemeriksaan pada mata agar dapat terhindar dari penyakit yang menyerang mata sewaktu-waktu.
7. Berhenti merokok
Bagi perokok, mari usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Ini dikarenakan, dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.

Tips ini bisa anda lakukan secara rutin agar mendapat kenikmatan dari sehatnya mata anda. Karena mata yang paling urgent, segeralah untuk merawat mata anda!***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *