Yoffi Andinata, Motivator Bagi Generasi Muda

  • Whatsapp
Yoffi Andinata
Yoffi Andinata

Mengeluarkan suara dan menyampaikan pendapat dari pikiran bisa disebut dengan berbicara yang tujuannya untuk berkomunikasi. Komunikasi merupakan pengiriman dan penerimaan pesan serta berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Sama halnya dengan Yoffi Andinata, S.Pd, M.Si seorang motivator asal Medan yang memotivasi banyak orang.

Motivator yang tak memiliki tempat pelatihan ini mulai menjajaki dunia berbicara pada 13 juni 2005 dengan cara memberikan pelatihan kepada manager cabang di salah satu perusahaan BUMN.  Mulai tahun 2005-2007 Yoffi Andinata berkarir dengan memotivasi beberapa clientnya dengan memberikan training tentang bahasa inggris.

Read More

Awalnya pelatihan yang diberikan diberi nama ‘mission in house training’. Namun kata mission masih belum pas baginya. Karena setiap orang berhak menjadi professional dalam berbahasa inggris dan in house training diambil dari pengalamannya memberikan pelatihan yang tanpa tempat. ‘Professional in House Training’ lah yang kini menjadi hidup Yoffi Andinata dalam memotivasi dan memberikan pelatihan.

Yoffi Andinata memiliki motivator terbesar dalam hidupnya yaitu ayahnya sendiri, jiwa motivator didapatnya dari orang tuanya. “saya mengaku dan merasakan bahwa bakat yang saya miliki itu saya dapatkan melalui orang tua saya yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil tepatnya bagian PPL (Program Pengalaman Lapangan). Harus saya akui kalau motivator terbesar sebenarnya berada disekitar kita,” ungkapnya kepada salah satu team cerita medan saat ditemui di kursus pribadinya yaitu professional in house training.

Yoffi Andinata mulai memberikan pendidikan dini kepada anak-anak untuk mulai mencintai dunia public speaker. Motivator yang memiliki dua anak bernama Hafizah Andinata dan Hazidah Andinata ini telah lulus dari Sekolah Tinggi Swasta Medan dan lanjut menerima gelar Magister Sains Universitas Sumatera Utara. Walaupun jurusan dan pekerjaannya sangat menyimpang, namun ini tak menyurutkan minat Yoffi tetap memberikan training khusus kepada orang-orang.

“Strategy to speak English easily” menjadi bahan motivasi seorang Yoffi Andinata. Baginya berbicara itu mudah namun, banyak orang yang mempersepsikan bahwa bicara bahasa inggris sangat sulit. Di Medan, Aceh, Binjai dan Batam Yoffi Andinata sudah pernah berbicara dihadapan lebih dari 10.000 penonton dengan topik yang sama dan dengan memberikan tiga kunci utama dalam berbahasa ingris dengan mudah. Hebatnya Yoffi Andinata ini adalah memiliki murid dari kalangan anak sekolah sampai seorang.

Dua tahun setelah karir pertamanya, Pada 2009 Yoffi membuka kursus bahasa inggris di rumahnya jalan bakti luhur. Setelah itu, dengan tekat luar biasa beliau mulai berani memberikan pelatihan di Yayasan Perguruan Panca Budi Medan. Terpintas di pikirannya untuk membuat sesuatu bermanfaat bagi banyak orang. Salah satunya dengan membuka lowongan pekerjaan sendiri. Yoffi Andinata juga bergambung di organisasi Internasional Motivation Assosiasion.

Yoffi Andinata

Kini Yoffi Andinata memiliki kursus pribadi yang dinamakan profesional in house training yang berlokasi di jalan Sunggal no. 70 Medan. Professional in house training ternyata sudah ada sebelum kursus itu dibuka. Tak hanya memberikan pelatihan dan seminar berbahasa inggris, Yoffi Andinata juga sering menjadi fasilitator dalam ujian TOEFL.

Cerita hebatnya lagi, untuk membuka Professional in House Training Yoffi hanya memiliki Rp.500.000 untuk menyewa ruko seharga Rp.40.000.000. Kepercayaan pemilik ruko dan keyakinan Yoffi untuk melunasi sewa ruko ternyata berbuahkan hasil. Dalam jangka waktu satu bulan Yoffi dapat melunaskan uang sewa rukonya dan saat itu juga karir Yoffi semakin melonjak.

Ada rasa bangga dan rasa kepuasaan sendiri baginya untuk memberikan ilmu kepada banyak orang. Tidak hanya teori, namun Yoffi juga mendapatkan ilmu melalui pengalaman pribadi.  Yoffi memiliki harapan besar khususnya bagi anak muda dalam hal berbahasa inggris.

Yoffi Andinata selalu menegaskan kepada genarasi muda khususnya langka awal mereka dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) untuk selalu meningkatkan kemampuan berbahasa inggris karena itu merupakan gerbang informasi dan teknologi.. Yoffi Andinata juga berharap generasi muda sekarang tidak lengah serta jangan cengeng dalam menuju generasi internasional di indonesia sendiri.

Tak hanya itu, Yoffi Andinata juga berharap generasi muda meningkatkan skill berbahasa, mengembangkan pola pikir informative dan komunikatif serta menyerap informasi dari sumber internet agar dapat mengembangkan keterampilan menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Harapan terhadap generasi muda yang menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pastinya diharapkan oleh kebanyakan orang tua. Rasa takutnya terhadap kebodohan juga menjadi salah satu motivasi orang banyak. Minimal Yoffi menjadi salah satu motivator yang memotivasi diri sendiri melalui pengalaman dan kerja keras serta pola pikir internasionalnya. Untuk melihat Yoffi Andinata memberikan pelatihan dan seminar bisa diakses melalui youtube dengan namanya sendiri dan email yoffie_english@yahoo.com.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *