UKMF Gelar Workshop Basic Photography

  • Whatsapp
Fotografi Andi Lubis
Andi Lubis Memaparkan Materi Fotografi

 

Dalam fotografi hal yang paling penting adalah cahaya. Hal ini dikarenakan cahaya berperan dalam proses pembentukan gambar agar tidak over maupun exposure. Fotografi pun semakin dianggap penting karena fotografi dapat mendokumentasi segala kenangan.

Read More

Hal tersebut akhirnya membuat Unit Kegiatan Mahasiswa Fotografi Universitas Sumatera Utara (UKMF USU) kembali menggelar acara workshop fotografi setelah sukses diadakan tahun lalu bersamaan dengan open recruitment anggota UKMF yang ke IX, bertempat di Gedung LPPM USU,  Jalan Dr. Mansyur Medan.

Acara tersebut diikuti oleh puluhan mahasiswa USU dari berbagai macam jurusan yang cukup antusias mengikuti pemaparan Andi Lubis salah satu fotografer handal Kota Medan. Dalam pemaparannya Andi membahas tentang basic photography yang dimulai dari sejarah, kesalahan dalam fotografi, dan trik mengambil foto yang baik.

“Salah satu kegagalan umum seseorang pada awal mula belajar fotografi adalah memaksa kamera bekerja seperti mata dalam menangkap cahaya, tugas fotograferlah yang menyampaikan pesan yang terlihat pada suatu objek fotografi,” ungkap Andi

Andi juga menambahkan jika memotret sesuatu, sebaiknya usahakan fotografer sejajar dengan objek foto agar menghasilkan foto yang optimal. Pada zaman dahulu alat memotret tidak bisa didapatkan dengan mudah, selain harganya mahal memotret pada zaman dahulu juga sangat ribet. Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi yang tidak secanggih modern ini.

“Makanya zaman dahulu banyak orang yang difoto tidak tersenyum, itu dikarenakan ribetnya alat memotret yang membuat objek foto tidak bisa mempertahankan senyumnya dalam waktu 10 menit,” cerita Andi.

Menurut Andi, untuk mendapatkan foto dengan kualitas yang baik tidak perlu memakai kamera yang mahal ataupun kamera jenis DSLR sekalipun. Ia sendiri mengaku pernah diundang ke Amerika hanya karena foto yang ia hasilkan dari sebuah kamera pocket biasa. Sebab foto yang bagus bukan karena kameranya tetapi bagaimana cara seseorang menangkap objek foto yang ada.

Usai Andi Lubis memaparkan materinya, para peserta dibagi menjadi lima kelompok untuk saling berdiskusi bersama mengenai fotografi serta pendalaman materi dan persiapan hunting foto yang dilaksanakan di Lapangan Merdeka, Medan.

Setelahnya rangkaian acara juga akan disambung dengan diskusi foto-foto yang telah didapatkan saat hunting sebelumnya. Pemenang pertama foto terbaik akan mendapatkan voucher belajar di Kelas Fotografi Andi Lubis (KFAL’s) senilai Rp. 1.500.000.

Selain mendapatkan ilmu, para peseta yang berpartisipasi juga akan mendapatkan sertifikat dan souvenir menarik dari UKMF.

Iqbal Muslim selaku ketua panitia mengatakan bahwa acara tersebut diikuti oleh 68 orang peserta, namun sayangnya banyak yang berhalangan hadir dikarenakan hujan yang cukup deras saat itu. Kedepannya Iqbal berharap acara workshop ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi banyak orang.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *