Program PERMATA Ajarkan Mahasiswa Mengenal Ragam Budaya

  • Whatsapp

Program PERMATA Ajarkan Mahasiswa Mengenal Ragam Budaya

Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan bincang-bincang bersama mahasiswa yang mengikuti program PERMATA (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara) yang semester lalu berangkat dari Universitas Sumatera Utara (USU) ke Universitas Hasanuddin (UNHAS) Malang dan Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung.

Read More

Acara ini diselenggarakan di Ruang Sidang FISIP USU Selasa, (2/16). Dihadiri oleh Ketua Departemen Ilmu Komunikasi USU bersama dengan Pembantu Dekan I FISIP USU, juga mahasiswa/i Ilmu Komunikasi.

Program pertukaran mahasiswa ini merupakan program PERMATA yang digagas oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia (MRPTNI) dimana mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) setanah air dapat mengikuti perkuliahan di universitas lain selama satu semester. Adapun mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti program ini minimal sudah menempuh perkuliahan selama lima semester.

Dalam sambutannya Fatma Wardy Lubis selaku ketua Departemenn Ilmu Komunikasi mengucapkan rasa puasnya atas hasil yang didapatkan oleh empat orang mahasiswa Permata yang mendapatkan indeks prestasi memuaskan. Meski persiapan waktu yang lalu segalanya mendadak tetapi syukurnya Departemen tidak salah pilih, sehingga mahasiswa yang dikirim dapat menjadi public relations, corong dan membangun citra departemen komunikasi.

Adapun empat orang mahasiswa perwakilan Ilmu Komunikasi USU adalah Bagus Prakasa (UNHAS), Alfi Rahmat Faisal (UNHAS), Siti Safira Mayhara (UNPAD) dan Teria Ginting (UNPAD) dengan indeks prestasi rata-rata di atas 3,5.

Drs. Zakaria, M.SP selaku Pembantu Dekan I FISIP USU mengatakan bahwa setelah tahun lalu USU mengirimkan mahasiswanya ke berbagai universitas di Indonesia maka tahun ini kemungkinan USU akan mengirimkan 30 mahasiswanya dan ia juga berharap semoga mahasiswa FISIP terpilih menjadi duta di waktu yang akan datang. “Tapi kita seleksi ketat terlebih dahulu,” tambahnya.

Bagus Prakasa salah satu delegasi Ilmu Komunikasi USU yang dikirim ke UNHAS mengungkapkan bahwa banyak sekali pengalaman yang ia dapatkan dan yang paling penting adalah pertukaran budaya yang sangat berbeda dengan budaya di Kota Medan. “Orang Makasar menganggap orang Medan itu kasar, jadi kami merasa anggapan itu menjadi beban tetapi yang menarik adalah kami disambut baik oleh tim UNHAS sehingga hal itu membuat kami nyaman,” ceritanya.

Bagus juga berharap teman-teman yang lain dapat mengikuti program Permata untuk waktu yang akan datang.

Program PERMATA Ajarkan Mahasiswa Mengenal Ragam Budaya

Program PERMATA Ajarkan Mahasiswa Mengenal Ragam Budaya

“Pengalaman yang paling menarik selama di Kota Bandung adalah saya belajar menyapa orang bandung terlebih dahulu agar mereka mau menyapa saya karena sebenarnya mereka ramah hanya saja enggan menyapa duluan,” cerita Teria selaku delegasi USU ke UNPAD.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *