Menggerakkan Roda Perekonomian Indonesia Lewat Sumex 2016

  • Whatsapp
Sumex 2016
Sumex 2016

 

Dalam hal mempromosikan Provinsi Sumatera Utara dalam sektor perkebunan, pertanian, pariwisata, perikanan, kerajinan dan sektor lainnya, melalui Hj. Sri Budy Novitawaty, SE dan dikelola oleh CV. Dzikraa Hazkizaal akan dilaksanakan kegiatan Medan Sumatera Internasional  Expo 2016 (SUMEX 2016). Dengan serangkaian acara antara lain : pameran, lomba fashion show busana etnis daerah, lomba tarian multi etnis serta serangkaian acara lainnya, melibatkan seluruh daerah di Sumatera Utara dengan segala sektornya. Acara ini akan diselenggarakan di Lapangan Merdeka, Medan pada tanggal 05 s/d 08 Mei 2016.

Read More

Sumex diselenggarakan atas dasar memajukan Ekonomi Sosial dan Budaya Indonesia secara luas, terkhusus Sumatera Utara. Seperti yang disampaikan Hj. Sri Budy Novitawaty, SE atau biasa disapa Udy kepada Cerita Medan, bahwasanya Sumex bukanlah acara biasa, tetapi sebuah program untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia. Udy mengaku, acara ini diharapkan dapat menggerakkan kalangan generasi muda dalam hal industri kreatif di Medan.

Selain itu, Sumex sebagai program acara internasional yang melibatkan berbagai daerah di Sumatera dan Indonesia juga meliputi negara bagian ASEAN. Dengan mengundang visitor dari ASEAN diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan produk karya anak bangsa dan peningkatan kunjungan berwisata. Begitu pula ASEAN juga diperbolehkan membawa produknya untuk dipamerkan pada acara tersebut.

ASEAN dilibatkan untuk menjalin hubungan bilateral, yang tak hanya memamerkan produk tetapi juga destinasi wisata dari negara-negara tersebut. Sumex direncanakan diadakan setiap tahun dengan konsep yang berbeda. Tahun ini acara akan dikonsep dengan budaya dan dekorasi Batak. Juga mengangkat perancang etnik ternama dengan penampilan model ternama pula.

Acara yang telah dipersiapkan sejak Mei tahun lalu ini lebih kepada bagaimana menggerakkan generasi muda yang sudah menciptakan barang-barang kreatif kemudian dipasarkan pada acara Sumex. Dalam hal ini pelan-pelan ekonomi dapat digerakkan.

Sehingga terwujudnya masyarakat enterpreneur yang siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dihimbau pula agar produsen dalam negeri siap untuk mengekspor prouduknya ke negara luar, agar berbagai pihak terus berbenah menjadi komoditi kreatif.

Sementara itu Binsar Simatupang selaku perwakilan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mendukung secara penuh acara Sumex. Karena menurutnya untuk menghadapi MEA setiap orang harus mampu berpikir kreatif memasarkan produknya, juga menjadi nilai tambah bagi daerah maisng-masing. Bagaimana setiap daerah berkompetisi mencari peluang yang dimiliki daerah masing-masing sehingga bisa saling mengisi.

Selain menggerakkan ekonomi kreatif, UMKM,  dapat juga menambah devisa bagi dalam negeri. Apabila dengan adanya kekuatan otonomi daerah dapat menggerakkan lebih baik lagi, begitu juga dengan destinasi wisata yang ada di negara kita Indonesia.

Hj. Sri Budy Novitawaty, SE
Hj. Sri Budy Novitawaty, SE

“Semoga setelah Sumex, berharap infrastruktur dan pembangunan dapat bertambah. Harus bersyukur karena Buk Udy yang menggagas acara ini dengan baik sekali, sehingga membuka banyak peluang bagi berbagai pihak,” tambah Binsar.

Selain entrepreneur, pihak-pihak lain yang dilibatkan adalah para akademisi, mahasiswa, penggerak sosial pejabat ternama. Bahkan juga menjangkau kalangan menengah bawah yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusianya setelah mengikuti acara Sumex. Sehingga melibatkan seluruh elemen masyarakat dengan konsep yang telah direncanakan.

“Sekarang negara masih support acara ini, kedepannya saya ingin program acara Sumex ini diakui oleh negara dan pemerintah Indonesia. Hasilnya memang dinyatakan dapat memajukan dan menggerakkan ekonomi Indonesia, baik hal sosial maupun budayanya,” cerita Udy

Sebagai penggagas acara yang berkonsep multiplier effect, Udy berharap program ini dapat memajukan bangsa dan negara khususnya Indonesia wilayah barat yang menjadi titik poinnya. Begitu pun ia berharap Sumex dapat menjadi sorotan berbagai pihak dari kota maupun negara lainnya kelak.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *