Donat Beku Donita Lembutnya Nempel Di Hati

  • Whatsapp

Donita Donat Ita Makanan Beku

Bisnis menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan. Apalagi jika bisnis tersebut merupakan bisnis yang tak banyak dilakoni oleh orang banyak. Adalah pasangan Ferri Azwar Koto dan Renny Wulan Sari yang kini tengah bergelut serius dengan dunia bisnis. Bisnis kuliner tepatnya, yaitu usaha donat beku dengan brand ‘Donita Frozen Food’.

Read More

Berawal dari cerita Ferri mengenai awal merintis usaha “Waktu itu bulan 8 tahun 2013 pertama kali mertua saya bawa 50 buah donat ke rumah, mungkin karena beliau melihat saya kerjanya tidak tetap kemudian ibu menyuruh saya menjual donat tersebut tapi saya sadar kalau saya nggak punya banyak teman jadi saya minta istri saya yang jual secara online. Setelah saya menyusun kata sebagai caption lalu kita broadcast via BBM, akhirnya dalam satu hari itu 50 buah donat tadi laku semua.”

Owner Donita
Owner Donita : Renny Wulan Sari Dan Ferri Azwar

Ferri dan Renny kemudian berperan penting mengembangkan usaha Donita sebagai distributor tetap. Karena yakin donat yang diproduksi oleh Ibu Ernita memiliki nilai jual tinggi. Donat yang dibuat berbeda pula dengan donat pada umumnya, karena disajikan dengan bahan utama kentang.

Jika donat dipasaran dijajakan dengan siap saji Donita justru dapat disajikan kapan saja menurut selera karena masih setengah masak dengan cara dibekukan terlebih dahulu.

Donat beku Donita, nyatanya mendapatkan respon yang mengagumkan lewat pemasaran Ferri dan Renny. Keduanya akhirnya menetapkan kerjasama dengan Ibu Ernita sebagai pembuat donat tetap.

Setelah berlangsung satu bulan, permintaan meningkat hingga 80-100 pack donat perharinya, dan kini meningkat menjadi 600 pack dengan isi 8 biji dalam 1 pack. Ferri dan istri pun nekat mengeluarkan modal hampir 10 juta untuk membeli segala perlengkapannya.

Donita memiliki sensasi kelembutan yang mengagumkan. Hal ini membuat perbedaan dengan donat lainnya. Kelembutan dan kenikmatan rasa yang mengagumkan dihasilkan karena pengolahannya menggunakan tangan, permintaan yang terus meningkat, hingga bagian produksi kewalahan. Ferri kemudian mencari mesin pengolah donat ke Cina dan Hongkong namun akhirnya angkat tangan karena tak didapatkan mesin yang dapat menciptakan donat selembut olahan tangan Ibu Ernita. Akhirnya Ferri memilih untuk merekrut tim pekerja produksi sebanyak 20 orang.

“Donita lembutnya nempel di hati, begitu tagline-nya,” ungkap Ferri.

Donita sendiri merupakan singkatan dari Donat Aneka Cita Rasa. Sesuai namanya, tersedia 10 cita rasa seperti coklat, strawberry, blueberry, kacang merah, kacang hijau, nanas, keju, Donat isi Pizza, tiramisu dan original.

Untuk pemasaran, Ferri menjajakannya 80 persen secara daring diberbagai media sosial dan 20 persen lagi secara langsung. “Kita pasarkan di sosial media juga untuk mencari reseller sebanyak-banyaknya, paling aktif itu di Facebook karena kita lihat pasar ternyata ibu-ibu atau setidaknya usia 25 tahun ke atas itu lebih suka menggunakan Facebook. Karena untuk menjadi reseller setidaknya harus punya freezer agar donat bisa bertahan lama,” sambung Renny.

Melalui proses tersebut kini Donita sudah tersebar dibeberapa kota seperti Banjarmasin, Manado, Aceh, Pekan Baru, Riau, Batam, Bandung, Surabaya, Makasar, Tanjung Pinang dan kota lainnya dengan lebih dari 300 reseller disetiap kota.

“Insya Allah nggak rugi kalau jadi reseller kita karena hanya jadi reseller saja pendapatan bisa 3-4 juta perbulannya, oh iya dalam waktu dekat kita mau buka toko di Jakarta,” ungkap Ferri.

Donut Donita

Untuk tingkat daya tahan Donita dapat bertahan selama 3-5 hari jika di luar freezer sedangkan dalam freezer bisa bertahan selama satu bulan.

Seiring menjajakan donat Donita, kedua owner tersebut juga menjajakan jenis makanan lain seperti risol sayur rasa ayam, risol sayur rasa daging sapi, risol sayur jamur, pastel kari, nugget ayam, kroket kentang, sandwich sayur, mie sehat, bumbu nasi goreng, bumbu pecal, bumbu rujak, sambal ijo, sambal ikan pari, aneka dimsum, pancake durian, snack kue bawang dan banyak lagi lainnya.

Donita Di Brastagi Gatsu
Donita Di Brastagi Gatsu

Donita juga sudah tersebar dibeberapa supermarket maupun café seperti Berastagi Supermarket, Transmart Carefour Medan Fair, Transmart Carefour Citra Garden, Palangkaraya Pasar Buah, Pondok Indah Pasar Buah, Kasimura Supermart Wahidin, Kasimura Supermart Krakatau Killiney, Romantic Café, Oel Café, Royal Dimsum, Warung Ayam Bakar Halimah dan banyak lagi lainnya. Ferri berharap kedepannya bisa memasukkan produk Donita ke hotel-hotel di Medan.

Dibandrol untuk harta di tahun 2016 ini, dengan Rp. 23.500 per-packnya dan beragam variasi rasa yang tersedia kini bisa mencapai omset 250-260 juta perbulannya. Berkat usaha yang sungguh-sungguh sampai rela mengganti mobil pribadi dengan mobil box, mengganti lapak yang awalnya warung internet (warnet) menjadi tempat berjualan, nyatanya bisnis Donita berbuah manis dan dapat merekrut 8 orang pekerja tetap.

Konkawan juga gak perlu ragu menyantap donat satu ini karena sudah mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia. Nah, kabar gembiranya bagi konkawan Cerita Medan yang ingin menjadi reseller Donita atau ingin membuat produk baru dengan brand Donita, maupun ingin menjajakan secara mandiri dengan gerobak, Donita membuka kesempatan sebesar-besarnya dan konkawan boleh kontak langsung owner-nya di akun Line : ferriazwarkoto dan donitafood  atau bisa datang langsung ke Jalan Setia Budi Pasar 1 No 78.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Biodata Owner Donita
Nama  : Ferri Azwar
Tempat/Tgl Lahir : Medan – 09 Februari 1982
No.Tlp/Hp : 061- 4208-1010 / 08126072492
Nama  : Renny Wulan Sari
Tempat/Tgl Lahir : Medan – 09 November 1983
No.Tlp/Hp : 061- 4208-1010 / 085360181183

List Stand Donita
1. Acara HUT bank sumut tahun 2014 dan 2015
2. Acara HUT propinsi sumatera utara di lapangan merdeka tahun 2014
3. Acara MILAD Institute Ibu Profesional (IIP) Sumatera Utara
4. Acara HUT PKK kota medan
5. Acara HUT kampoeng dongeng medan
6. Acara seminar parenting Abah Ihsan medan
7. Acara car free day kota medan
8. Acara ESQ kota medan
9. Acara budaya dan tari taman budaya medan
10. Acara pekan ASI dengan AIMI sumatera utara di Kampus USU
11. Pesta rakyat BRI kota tanjung balai
12. Hari kesehatan nasional kota langsa

Social Media Donita

http://www.twitter.com/donitafood

http://www.facebook.com/donitafood

https://www.instagram.com/donitafood/

https://plus.google.com/u/0/+DonitaFood

https://www.youtube.com/c/DonitaFood

https://id.pinterest.com/donitafood/

http://t.me/donitafood

https://line.me/R/ti/p/donita

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *