IBX5A49C9BC313D6 Blogger Medan, Siap Hadapi Perkembangan Digital Lewat Blog - Cerita Medan

Blogger Medan, Siap Hadapi Perkembangan Digital Lewat Blog

Blogger Medan
Blogger Medan

Menjadi seorang blogger adalah pilihan bagi setiap orang. Blogger adalah sebutan bagi seseorang yang menulis dengan media blog. Saat ini dengan tantangan era digital yang makin berkembang di masyarakat khususnya anak muda mengharuskan kita untuk terus kreatif dan inovatif.

Hal itu senada dengan yang disampaikan Yoga selaku Ketua Blogger Medan terpilih pada rangkaian acara Anniversary-nya Blogger Medan di Grha XL Jalan Diponegoro No.5, Minggu (14/2). Acara yang mengusung tema OneLine ini diharapkan mampu memberi pengaruh baik bagi netizen di bidang Blog tentunya. Tampak ratusan blogger dan penggiat sosial media Medan tumpah ruah dalam perayaan suka cita ini yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan serangakain acara awarding untuk blogger yang banyak memberi kontribusi selama tahun 2015.

“Oneline sama dengan satu garis yang mungkin bisa dimaknai ulangtahun pertama dan juga satu visi dan misi untuk menjadikan kota medan lebih ramah lagi bagi anak muda yang kreatif khususnya di bidang blogging dan dunia digital,” jelas Yoga.

Blog sendiri berperan penting di zaman digital saat ini. Lewat blog kita dapat mengoptimalkan potensi diri masing-masing. Kegiatan blogging pada dasarnya adalah kegiatan menulis di halaman digital. Dengan blog kita mampu menyampaikan pesan dan argumen dengan bebas namun tetap pada koridor.

 

Blogger Medan Anniversary
Blogger Medan Anniversary

Seperti yang disampaikan Rudi Hartoyo, Ketua Blogger Medan 2015 bahwasanya kegiatan Blogging bukanlah hal yang dipaksakan namun sangat sayang jika tidak konsisten. Blog juga mampu mengedukasi lewat tulisan yang menginspirasi.

“Ngeblog itu bukan paksaan ataupun sebuah keharusan. Sama seperti media sosial lainnya. Intinya sih dengan ngeblog kita bisa berkreasi dengan tulisan, menyebarkan informasi yang bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi pembacanya,” tutur Rudi.

Blogger Medan Dan Berbagai Komunitas
Blogger Medan Dan Berbagai Komunitas

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan dan komunitas diantaranya Digidoy, ATTIK Sumut, Venom, Kabarmedan, Abang kami Wahyu Blahe dari Ceritamedan, Medan Heritage, Hijabers Medan, Manulife, SiGi Medan, Medan Generasi Impian, dan banyak lagi yang lainnya. Peserta yang berhadir pada kegiatan ini sangat antusias dan menarik perhatian berbagai kalangan terbukti dari peserta yang hadir mencapai angka 108 orang.

Dalam kegiatan ini juga diisi oleh berbagai rangkaian acara diantara Awards bagi Blogger terbaik. Ada beberapa kategori untuk Awards yang diberikan kepada blogger, diantaranya Blogger Ter-update ada pada Funy (diarykhansa.com), Blogger Ter-branding jatuh kepada Yoga (komburkali.com), Pemateri Diskusi Ringan Anak Medan (Durian) terfavorit ada pada Rizky Nasution (nasutionrizky.com), sedangkan Blogger Terinspirasi dan Blogger ter-blogwalking keduanya jatuh pada Mollyta Mochtar (mollyta.com).

Mollyta yang lebih sering mengisi blognya dengan travelling mengaku tidak menyangka ketika mendapatkan Awards dari Blogger Medan. Dirinya merasa senang ketika tulisan-tulisannya di apresiasi oleh orang lain. Menjadi blogger awalnya bukanlah pilihan sesungguhnya, bahkan ia mulai menggunakan blog karena ketertarikannya pada dunia fotografi.

“Tertarik jadi blogger awalnya justru dari hobi motret, lama-lama kok mikir sayang juga gak ada ceritanya. Akhirnya coba-coba ngeblog dan nulis semua cerita dari foto-foto tadi. Menjadi blogger ternyata juga membuka peluang lain dan bisa ketemua orang-orang hebat dibidangnya masing-masing,” cerita Mollyta.

Bagi masyarakat dan khususnya kalangan muda diharapkan mampu mengikuti perkembang era digital dan dapat menjadi seseorang yang lebih kreatif. Begitu pula dengan pengurus baru Blogger Medan, diharapkan mampu menjadi contoh bagi blogger lainnya dan terus menginspirasi banyak orang.

“Harapannya jadilah diri sendiri lewat blog kita masing-masing dan jadilah bagian dari perkembangan Kota Medan melalui digitalisasi tanpa mengganggu kearifan lokal pastinya,” tutup Yoga.

Di tempat yang sama Corporate Communication Northern and Central Sumatera XL, Oloan Jimmy menyampaikan, kalau XL sangat mendukung segala aktivitas yang berhubungan dengan digital kreatif, sejalan dengan fokus XL juga ikut memajukan Ekonomi Digital Indonesia. Kedepan akan banyak agenda dari Blogger Medan berupa aktifitas digital positif yang bisa di sinergikan dengan program XL untuk bisa mewujudkan masyarakat Medan yang digital.

“XL dan Blogger Medan itu sudah seperti keluarga, sering bekerjasama dan sharing untuk memajukan dunia digital di Medan, jadi jangan heran jika kita sangat mesra.” tutup Jimmy dengan blognya ceritajimmy.com yang juga blogger senior Kota Medan.***(CM-E1/Nurul Habibah)

KOMENTAR

BACA JUGA