Anak Indonesia Wajib Rawat Ginjal

  • Whatsapp

AIESEC USU Peringati Hari Ginjal Sedunia
Foto Bersama Seluruh Peserta dan Member AIESEC

Association for the International Exchange of Students in Economics and Commerce Universitas Sumatera Utara (AIESEC USU) kembali menggelar program Home Town Project di Kota Medan setelah sukses di enam sekolah di Kota Pekan Baru beberapa waktu lalu, Jumat (26/2).

Read More

Acara ini dinamakan dengan Kidney Almighty, yaitu sebuah acara untuk menyambut serta memperingati World Kidney Day atau biasa dikenal dengan hari ginjal sedunia yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2016 mendatang. Bertempat di Sekolah Dasar 060885 Jalan Letjend Jamin Ginting nomor 303 Medan, acara tersebut diikuti oleh puluhan siswa-siswi yang berasal dari beberapa kelas yang kemudian disatukan dalam ruangan. 

Merry Rut Patricia selaku organizing committee president mengungkapkan dalam sambutannya bahwa acara ini sengaja dilaksanakan untuk memperingati hari ginjal sedunia serta menimbulkan kesadaran adik-adik di Sekolah Dasar untuk tanggap dan peduli terhadap ginjalnya sendiri. Sebelumnya Merry juga memperkenalkan AIESEC terlebih dahulu agar memudahkan pemahaman para peserta.

Sementara itu Putra Apriadi Siregar S.K.M, M.Kes selaku pemateri yang juga seorang dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medan dalam pemaparannya menjelaskan terlebih dahulu apa itu ginjal dan apa pentingnya ginjal bagi kehidupan. Ia juga memberikan contoh-contoh yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari yaitu perbedaan meminum air putih dengan air minuman yang berwarna. Menurut penuturannya, minuman berwarna merupakan minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi karena minuman berwarna sulit disaring oleh ginjal, hal tersebut mengakibatkan ginjal sulit bekerja dengan maksimal dan menimbulkan banyak penyakit lainnya.

AIESEC USU Peringati Hari Ginjal Sedunia
Pemaparan Materi tentang Pentingnya Minum Air Putih

Dengan cara tersebut Putra mengajak para peserta untuk rajin meminum air putih dan mengurangi konsumsi minuman berwarna agar ginjal tetap terjaga dan dapat menjauhi segala penyakit seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Meminum air putih adalah cara yang paling sederhana untuk menghindari penyakit tersebut.

Sebagai aksi nyata, Putra juga mengajak para peserta yang berani mengeksplor diri dengan menggambar bentuk ginjal di depan kelas, hal tersebut bertujuan agar para peserta dapat mengenal ginjal lebih jauh lagi. Para peserta sangat antusias terlihat dari banyaknya yang tunjuk tangan ingin maju ke depan kelas.

Sebelum  mengakhiri acara, para panitia mengajak seluruh peserta untuk melakukan joget bersama yang dinamai dengan Roll Dance AIESEC, para peserta terlihat sangat senang  diiringi suara musik yang menyenangkan.

AIESEC USU Peringati Hari Ginjal Sedunia
Para Peserta dan Member AIESEC Melakukan Roll Dance AIESEC

Lewat acara ini, AIESEC USU yang bekerjasama dengan AQUA mengajak seluruh anak Indonesia untuk sadar akan kesehatan ginjal serta menjaga ginjal agar tetap sehat. Hal tersebut tentunya harus dibarengi dengan rajin mengkonsumsi air putih setiap hari, paling tidak minimal 2 liter perharinya. AIESEC USU juga akan melakukan roadshow yang serupa ke beberapa sekolah lainnya di Kota Medan dalam waktu dekat. Tidak sekadar selebrasi semata, AIESEC ingin cara seperti ini dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.

Johana Henny, salah satu panitia acara berharap kedepannya adik-adik yang sudah dibekali gambaran mengenai ginjal dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga dapat menyebarkan informasi yang didapat kepada keluarga dan temannya. Karena untuk menjaga ginjal yang sehat hanya dengan meminum air putih 2 liter perhari, berolahraga, memakan makanan sehat dan tidak merokok.

“Kidney almighty…..love your life, love your kidney,” teriak para peserta di akhir acara.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *