Alvin Matondang, Berkarya Lewat Mamak Gardam

  • Whatsapp

Mamak Gardam
Alvin Matondang Creator of Mamak Gardam

Selebritis Instagram atau yang lebih dikenal dengan selebgram memang tengah marak mulai 2014 lalu. Selebgram adalah orang-orang yang rajin mengunggah video maupun foto di akun Instagram.
Bahan postingan tersebut harus menarik dan menggugah perhatian banyak pihak. Nah, biasanya orang yang terkenal lewat Instagram tersebutlah yang disebut dengan Selebgram. Sementara itu Instagram adalah satu dari sekian media sosial yang memungkinkan penggunanya berbagi foto dan video.

Di Medan sendiri sudah ada beberapa orang yang dikenal sebagai Selebgram kreatif. Salah satunya adalah Febri Alvin Matondang, yaitu pria yang dikenal lewat video parodi dan komedi yang dimulai sejak awal 2015 lalu.

Pria asli Medan ini biasa disapa dengan Bang Alvin. Selain dikenal sebagai selebgram video parodi dan komedi, ia juga dikenal sebagai Creator Of Mamak Gardam Medan.

Menurut cerita Alvin saat dijumpai tim Cerita Medan di J&k Barber Shop Jalan Dr. Mansyur beberapa waktu lalu,  mulanya ia hanya berfokus pada video parodi namun kemudian seiring berjalannya waktu ia terlibat pada sebuah masalah yang akhirnya membuatnya dikenal sebagai seorang haters. 

Hal tersebut tentu membuatnya tidak nyaman dikarenakan saat keluar, orang-orang akan mengenalnya sebagai haters dan tentu dipandang negatif. Berangkat dari pengalaman tersebut, ia mulai membangkitkan semangat untuk merubah image buruk yang sudah terkonsep di pikiran orang banyak.

Hingga akhirnya ia melakukan inovasi baru dengan membuat video tentang kejadian nyata sehari-hari mamak-mamak Medan dan lebih dikenal dengan video Mamak Gardam pada September 2015.

Alvin mendefinisikan Mamak Gardam sebagai sesuatu yang positif yaitu seorang ibu dengan didikan yang keras, terarah, lebih tepatnya didikan orang awam di Medan. Kata Gardam sendiri tidak memiliki arti hanya saja Gardam adalah bahasa Medan dimana orang Medan mengartikannya dengan berbagai makna tertentu. “Yang pasti cerita Mamak Gardam itu kayak cerita nyata, nggak disetel kayak mamak-mamak sinetron,” tambahnya dengan tawa sumringah.

Video yang Alvin perankan sebagai Mamak Gardam memang mengocok perut, lewat video tersebut ia mengisahkan cerita yang sebenarnya terjadi pada anak Medan. Caranya juga sangat kreatif, tak tanggung-tanggung ia memainkan peran dengan karakter yang khas dengan kostum mamak-mamak yang memakai sarung dan penutup kepala ala mamak-mamak Batak.

Mamak Gardam
Alvin Matondang dengan Karakter Mamak Gardam 

Yang membuat video Mamak Gardam semakin menarik adalah kehadiran pemain bernama Ucok pada video dan berperan sebagai anak si Mamak Gardam. Kelucuan-kelucuan tersebut menimbulkan banyak komentar pada Instagram Alvin, bahkan hal itu ternyata dapat menambah followersnya yang kini sudah mencapai 97.800. 

Namun yang menarik adalah di Instagram Alvin hanya memiliki satu orang following yaitu Raline Shah. Melalui penuturan Alvin, dikarenakan sebuah kasus yang tengah menimpanya ia tak mau teman-teman yang diikutinya di Instagram justru mendapatkan teror. “Kalau Raline mana mungkin diteror kan,” ceritanya.

Mengapa harus Raline? Nah hal tersebut mempunyai alasan sendiri. Alvin memang mengagumi sosok anak Medan satu ini, selain cantik Raline juga mampu menempatkan sesuatu sesuai dengan lingkungan sekitarnya. “Dimana kaki berpijak disitu langit dijunjung,” ungkap Alvin.

Beberapa bulan berkarya lewat video lucu Mamak Gardam, nyatanya membuat perubahan bagi Alvin sendiri. Selain semakin dikenal masyarakat luas, hal itu juga membuatnya dapat menjadi diri sendiri dan kekocakan yang dimilikinya dapat ter-publish dengan cara tersebut.

Selain menebar karya sebagai Creator Of Mamak Gardam di Instagram, pria yang baru saja berulang tahun 5 Februari lalu ini juga sudah 8 tahun bekerja di sebuah hotel bintang tiga Kota Medan. Ia juga seorang penyiar di salah satu radio dan menangani program Mamak Gardam.

Mamak Gardam
Alvin Matondang dan Crew

Sebagai Anak Medan kreatif, Alvin melalui tim Cerita Medan mengungkapkan bahwa di Pulau Jawa anak Medan itu terkenal sebagai anak-anak yang bertalenta, tak jarang bahkan banyak artis di Jakarta yang sudah besar lewat karyanya.

“Buat anak Medan, Abang berpesan yok mulai dari sekarang kembangkan bakatnya dan kenalkan dirimu lewat karya bukan karena sensasi,” tambahnya.

Pada akhirnya kini Alvin tak lagi dikenal sebagai haters melainkan sebagai Mamak Gardam yang kreatif dan berpotensi di Medan.

Di akhir wawancara, Alvin bercerita bahwa harapannya saat ini adalah dapat menyelesaikan masalahnya dengan segera agar ia mampu mengembangkan potensinya lebih baik lagi kedepannya sebagai anak Medan yang kreatif lewat karya.

Nah, bagi konkawan Cerita Medan yang ingin melihat kekocakan Alvin Matondang alias Mamak Gardam dapat mengakses Instagramnya di alvin_mtd ya.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *