5 Manfaat Bergabung di Komunitas

  • Whatsapp
Komunitas
Manfaat Bergabung Dengan Komunitas

Secara garis besar komunitas berarti sekelompok sosial yang memiliki ketertarikan dan minat yang sama. Saat ini banyak sekali komunitas yang ada, mulai dari fotografi, olahraga, otomotif, makanan, seni, lingkungan, kesehatan, sosial dll. Tujuan dari terbentuknya komunitas sendiri salah satunya adalah sebagai eksistensi kepada khalayak, biasanya setiap dari mereka memiliki kegiatan ataupun kampanye masing-masing dengan yang terlibat adalah anggotanya sendiri (internal) maupun orang-orang diluar keanggotaan (eksternal) sesuai dengan apa yang diusung komunitas tersebut.

Setiap orang pastinya memiliki paling tidak satu tujuan, ketertarikan atau hobi, bisa dikarenakan ingin mengetahui lebih banyak tentang suatu hal ataupun menyukai aktifitas tertentu. Tidak jarang kita menjumpai orang-orang dengan minat yang sama berkumpul pada suatu tempat dan melakukan kegiatan bersama, bisa jadi karena mereka tergabung dalam satu komunitas. Namun, ada sebagian orang yang memiliki kecendrungan sama tapi tidak tergabung pada komunitas apapun alasannya karena lebih fokus jika melakukannya sendiri ataupun tidak terlalu terbiasa tergabung dalam sebuah grup.

Read More

Berada dikomunitas memberi manfaat dalam perkembangan dari apa yang kita dalami. Berikut adalah keuntungan yang bisa kita dapat jika tergabung dalam komunitas :

1. Kesempatan untuk belajar lebih besar
Saat berada dalam komunitas, kita akan dikelilingi orang-orang yang memiliki hobi sama dan pastinya setiap orang yang kita jumpai memiliki sifat, karakter, pengalaman dan pengetahuan berbeda. Maka dari itu kesempatan untuk mendalami suatu hal lebih jauh sangat terbuka lebar karena dapat mengetahui informasi dari cara pandang yang bermacam-macam pula.

2. Jaringan luas
Manusia adalah makhluk sosial yang pastinya membutuhkan orang lain disekililingnya, begitu juga dalam sebuah komunitas. Komunitas dapat menjadikan kamu lebih dikenal secara luas karena lebih banyak bersinggungan langsung dengan masyarakat. Jika ada yang tertarik dengan sebuah komunitas maka mereka tidak akan terlalu kesulitan untuk mencari tahunya, yang bisa saja menjadi kesempatan untuk meraup pendapatan ataupun keuntungan lainnya.

3. Pengalaman dan wawasan bertambah
Biasanya para komunitas secara rutin mengadakan kegiatan-kegiatan yang mereka senangi, tentu saja akan memberikan manfaat positif. Pengalaman akan membuat diri lebih siap jika mendapat hal-hal baru yang tetap saja harus diimbangi dengan wawasan yang cukup. Sebagai manusia kita harus memiliki kemajuan setiap harinya, disinilah kita mulai dapat menilai sudah sampai dimana kemampuan dan perkembangan diri pribadi.

4. Bekerja sama dan melatih bersosial
Dalam hidup pastinya akan menemui berbagai rintangan dan masalah begitu juga dengan komunitas. Untuk menciptakan suatu hal pasti ada saja yang menjadi hambatan namun semua akan terasa sulit jika dilakukan sendiri, untuk itu peran komunitas bisa jadi sangat membantu apalagi teman-teman dalam komunitas tersebut memiliki tujuan yang sama dan juga akan melatih bagaiamana cara kita berhubungan sosial baik kepada anggota komunitas ataupun non-komunitas.
5. Sumber inspirasi dan informasi
Komunitas yang diisi oleh orang-orang dengan latar belakang yang berbeda-beda akan memberikan banyak inspirasi karena macam-macam pemikiran yang didapat. Juga sebagai sumber informasi tentang apa-apa saja yang baru dari kegiatan yang digeluti karena tiap anggotanya akan menceritakan hal-hal yang mereka ketahui ke dalam forum.

Komunitas dapat mengisi kekurangan kita miliki, banyak sekali manfaat yang bisa didapat jika tergabung didalamnya. Menyalurkan bakat juga lebih mudah karena komunitas juga berperan sebagai wadah penampung. Setiap kegiatan haruslah memiliki manfaat agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.***(CM-01/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *